Kritik Charlie Munger Terhadap Kesuksesan Bitcoin

Charlie Munger

Share :

Kanalcoin.com – Pada Sabtu (1/5/2021) berlangsung rapat pertemuan pemegang saham perusahaan tahunan Berkshire Hathaway. Dalam pertemuan itu CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet, dan Wakil Ketua Berkshire Hathaway, Charlie Munger, mengemukakan pandangan ketidaksetujuannya dengan kesuksesan Bitcoin.

Rapat pertemuan para pemegang saham ini telah dua kali terlaksana secara virtual selama pandemi COVID-19. Dalam rapat itu ada sesi tanya jawab untuk Buffet dan Munger yang berlangsung selama 3 ½ jam.

Ada beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan rapat pemegang saham itu, termasuk investor mengalami peningkatan perdagangan jangka pendek, SPACs, atau dampak akuisisi bertujuan tertentu, tanda inflasi pada ekonomi dan pembelian saham.

Ada pembahasan question and answer  yang ditujukan kepada Munger dan Bufffet, salah satunya membahas seputar pandangan mereka terkait meningkatnya industri cryptocurrency.

Menurut rilis Berkshire Hathway Inc. yang dilansir Kanalcoin.com via News.Bitcoin.com, Munger menjawab pertanyaan itu dengan pendapat yang bertentangan dari pendapat para investor Bitcoin pada umumnya.

“Tentu saja saya benci kesuksesan Bitcoin, dan saya tidak menerima  uang elektronik yang menguntungkan untuk pencuri dan penjahat uang dan lain lain,” tegas Munger.

“Saya tidak tertarik menginvestasikan sebagian miliar dan miliaran dolar untuk seseorang yang menciptakan uang baru atau uang elektronik begitu mudahnya. Seluruh perkembangan itu menjijikkan dan bertentangan dengan kepentingan peradaban,” lanjut Munger.

Di sisi lain, Buffet pun menanggapi Bitcoin dengan tidak mengumbar ketidaksukaannya melainkan berusaha bersikap netral seperti tidak ada masalah antara dia dan Bitcoin.

Hal itu dilakukannya karena Buffet menyadari bahwa sebagian investor yang mengamati berjalannya rapat pemegang saham berpotensi besar juga sebagai investor Bitcoin. Buffet tidak mau jika pendapatnya dapat mencederai kerja keras investor yang menginvestasikan di bisnis Bitcoin itu.

“Kami memperkirakan ada ratusan ribu orang yang mengamati bitcoin, dan kami mungkin memiliki dua orang yang kekurangan. Jadi, Anda punya pilihan untuk membuat 400 ribu orang marah pada kami dan tidak bahagia atau membuat dua orang bahagia, dan itu hanya persamaan bodoh,“ ujar Buffet sambil bercanda.

Munger, yang berusia 97 tahun, merupakan investor miliarder dengan  aset mencapai kurang lebih Rp28 triliun sekaligus wakil ketua Berkshire Hathaway.  Munger juga terkenal sebagai komentator yang sering kali menyanggah Bitcoin (BTC).

Menurut laporan yang ditulis News.Bitcoin.com pada Februari, Munger pernah mengemukakan pendapatnya  bahwa aset kripto sama seperti investasi emas dan dia tidak pernah investasi emas, sehingga dia juga tidak pernah berinvestasi  Bitcoin. Munger juga mengajak orang lain mengikuti caranya untuk tidak berinvestasi Bitcoin.

Sementara itu, Buffet berpandangan bahwa bisnis Bitcoin itu seperti berpetualang memburu rubah  yang terinspirasi dari pendapat Oscar Wilde. Memburu rubah itu maksudnya bagaikan mengejar sesuatu yang tidak bisa dinikmati.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments