ETH Cetak ATH Baru, Sampai Manakah akan Terbang?

Ethereum (ETH) Analysis

Share :

ETH, Altcoin utama, masih berada dalam struktur harga Bullish yang kuat setelah melanjutkan rally utamanya dengan men-cetak ATH baru yang sangat jauh, dimana ini terlihat belum akan berhenti dalam waktu dekat!

Kini, berdasarkan data dari Coin Market Cap (CMC), pada saat penulisan, ETH memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 397.383.787.568 dan volume perdagangan harian sebesar $ 49.208.300.610 yang membuat crypto ini berada dalam peringkat ke-2 secara kapitalisasi pasar. Dan jika kita bandingkan dengan tahun 2020, kapitalisasi pasar telah mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring meningkatnya minat investor baru terhadap crypto arus utama, termasuk Altcoin.

Teknikal Grafik 4 Jam

Pada saat penulisan, Ethereum (ETH) telah mencetak ATH baru kekisaran $ 3.400-an pada saat penulisan ini, yang menandakan minat kuat institusi telah mengangkat crypto ini ke level tertinggi baru dan terus naik sehingga ritel yang FOMO pun tampaknya juga telah masuk.

Dalam pandangan teknikal kami, Bullish masih memegang dominasi selama belum membentuk pelemahan candle Bullish Hijau sehingga optimis pasar dalam diukur dari sini, tentu secara teknikal.

Berikut saya coba jabarkan dalam grafik teknikal 4 jam dibawah ini:

Gambar : ETH/USD Chart

Berdasarkan gambar diatas, harga berada pada struktur Bullish yang sangat mumpuni setelah membentuk ATH baru diatas level $ 3.000 yang menjadi level psikis utama para investor, sehingga analisa sederhana dapat dibentuk berdasarkan struktur harga saat ini.

Dalam pandangan saya, pada time frame ini, kita akan mengamati bagaimana investor menyikapi setiap level ATH yang terbentuk sambil tetap mewaspadai adanya aksi Pullback karena beberapa upaya Take Profit, sehingga kami punya level Support Kunci di $ 3.200 da $ 3.300 yang menjadi dasar potensi Bullish selama harga masih mampu berada diatas level-level ini.

Break ataupun rejeksi pada level Support (jikalau terjadi retest) maka akan menjadi pondasi teknikal yang cukup mumpuni untuk kejelasan sinyal trend selanjutnya, dimana ada kemungkinan Support tidak akan tersentuh jika animo investor masih tinggi.

Teknikal Grafik Daily:

Gambar : ETH / USD Chart

Dan juga, dalam pandangan jangka menengah,token Ethereum ini juga terlihat sangat Bullish dalam pola rally-nya, sehingga dalam pandangan yang optimis, aksi jual kemungkinan hanya akan membentuk koreksi ataupun pullback saja dalam beberapa hari kedepan. Potensi ATH baru saya rasa, yang terdekat akan menuju $ 3.500, lalu ke $ 4.000.

Dalam pandangan analisa ini, level utama untuk validasi adalah level $ 3.200, $ 3.300 dan $ 3.400, dimana ketiganya adalah level psikologis Multi-Hari yang bisa kita manfaatkan untuk mengukur kekuatan pandangan pasar jika salah satu level ini teretest.

Selain itu, dalam pandangan Bullish, Garis rally juga kami petakan yang berfungsi untuk mengukur seberapa kuat potensi rally jikalau harga mencoba mendekatinya.

Dan untuk skema Bearish-nya, masih agak kecil kemungkinannya untuk beberapa hari kedepan, dimana hanya akan terjadi jika kondisi di grafik 4 jam terjadi, yakni harga menembus kuat level Support $ 3.200 dan dalam dukungan volume besar.

Dan untuk pandangan fundamental, kenaikan ETH adalah buah dari meningkatnya minat institusi dan ritel seiring perkembangan positif di jaringan Ethereum, yang termasuk meningkatnya minat pada DeFi yang berada dijaringannya.

(*)


Artikel di submit langsung oleh Penulis dalam menerbitkan Analisa, Pandangan, Opini ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penulis.
Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments