Apa Itu DASH? Crypto Lama yang Identik dengan ‘Pasar Gelap’

Apa itu Dash

Share :

Kanalcoin.com – Selain bitcoin ada banyak jenis alternative coin yang bisa kamu coba. Keunggulan alternative coin ini adalah harganya yang lebih terjangkau. Salah satu altcoin adalah DASH. Tentu kamu penasaran apa itu DASH?

DASH sebenarnya bukanlah kripto yang baru. Kehadirannya sudah banyak memicu perhatian sejak perilisannya. Dahulunya mata uang kripto ini memiliki nama Xcoin atau darkcoin. Nilai dari DASH selalu melonjak dari tahun ke tahunnya.

Nilai DASH saat ini lebih dari $100 per koinnya. Pada 2025 mendatang diperkirakan harga jual DASH mampu mencapai lebih dari $500 per koinnya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa itu DASH juga bisa mengunjungi website resmi mereka yakni www.DASH.org.

Sejarah DASH

DASH pertama kali dirilis pada 18 Januari 2014 silam oleh Evan Duffield. Ia tinggal di Phoenix Area yang merupakan pusat kota Arizona. Pengerjaannya sendiri dibantu oleh mereka yang bekerja di Universitas Arizona.

DASH sendiri merupakan dua kata yang digabung menjadi satu yakni digital dan cash. Awalnya nama mata uang kripto ini adalah Xcoin.

Pada 28 Januari 2014 berganti nama menjadi darkcoin lalu pada 25 Maret 2015 baru berubah nama menjadi DASH hingga saat ini. Perubahan nama ini sendiri dilakukan untuk menghindari asosiasi pasar gelap dan menarik khalayak umum.

Ketika diluncurkan mata uang kripto ini hanya senilai $0.6 pada minggu terakhir Februari 2014. Ketika perilisannya mata uang kripto ini mampu masuk dalam 5 besar uang kripto paling populer di dunia. Lalu pada pertengahan tahun koinnya dihargai kurang dari 10 dolar AS.

Walaupun begitu  pada 20 Desember 2017 uang kripto ini mampu mencapai level tertinggi yakni diangka 1540 dolar AS.  Mata uang kripto ini awalnya diciptakan dengan memakai kombinasi 11 algoritma kriptografi.

Sebelas algoritma itu diantaranya adalah BMW, BLAKE, SHAVITE, CUBEHASH, ECHO, GROESTL, JH, SKEIN, SIMD,KECCAK dan  LUFFA. Kripto ini pun juga mendapatkan julukan X11 karenanya.

Umumnya uang kripto seperti bitcoin maupun litecoin hanya memakai 1 algoritma saja. Adanya kombinasi algoritma ini dinilai sistem DASHcoin lebih aman ketimbang mata uang kripto lainnya.

Untuk mining DASH coin bisa pula memakai CPU dan GPU selain menambang. CPU sendiri seperti kita ketahui merupakan otak komputer yang mudah ditemukan pada perangkat PC. Sementara GPU merupakan kepanjangan dari Graphic Processing Unit.

GPU sendiri mampu memproses gambar 3 dimensi dan umum digunakan untuk menambang crypto. GPU juga sering dimanfaatkan untuk gaming. Untuk mendapatkan GPU tidaklah mudah karena langka dipasaran. Harganya dimulai dari 500 dolar AS.

GPU atau CPU yang digunakan untuk menambang umumnya akan dinyalakan hingga 24 jam tanpa henti.Alat ini juga banyak digunakan oleh penambang di China yang diklaim sebagai pusat aktivitas penambangan kripto terbesar di dunia.

Pada April 2018 mata uang kripto ini berhasil masuk dalam 12 top kripto. Di tahun berikutnya DASH diklaim sebagai mata uang kripto  paling populer di Venezuela menurut Der Spiegel. Der Spiegel merupakan majalah Jerman yang populer di Eropa.

DASH coin sendiri pada bulan Mei 2021 lalu dinobatkan sebagai uang kripto paling berharga ke 50 berdasarkan kapitalisasi pasarnya yang mencapai angka 2.7 miliar dolar AS.

Kelebihan DASH

Selain mengenal apa itu DASH coin, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dari kripto ini. Adapun kelebihannya bisa disimak di bawah ini:

  • Didukung oleh lebih dari 4.350 merchant dan 265 broker serta platform exchange yang tersebar di dunia. Ini artinya mata uang kripto ini bisa didapatkan dengan mudah dan memenuhi pembayaran berbagai jasa dan tagihan seperti pembelian tiket pesawat hingga utilitas.
  • Selain didukung berbagai perangkat dalam hal DASH coin mining uang kripto ini akan dilengkapi dengan DASHpay wallet yang memudahkan pembayaran dari user ke user. Didalamnya kamu bisa menyimpan kontak layaknya kontak ponsel.
  • Kecepatan transaksi mampu mencapai 1 detik per transaksi sehingga bisa tertangani dengan cepat
  • Dapat ditarik dengan ATM yang tersebar di beberapa negara
  • Memakai sistem blockchain yang sama dengan bitcoin yakni masternodes dan penambang. Untuk menjadi masternode perlu melakukan deposit hingga 1000 DASH terlebih dahulu. Masternode sendiri menjadi server khusus pada jaringan DASH dan bertanggungjawab atas transaksi.
  • Menyediakan layanan private send maupun instant send. Private sendi merupakan penambahan privasi pada transaksi sehingga aset tidak dapat dilacak begitu pula dengan identitas penggunanya. Sementara instant send transaksi intan yang bisa dilakukan dalam hitungan detik
  • Harga DASH coin yang cenderung stabil sehingga cocok untuk dijadikan investasi bagi pemula
  • DASH merupakan open source sehingga memungkinkan pengembangan inovasi dan deploy dApps pada jaringannya

Cara Kerja DASH

Cara kerja mata uang kripto ini menggunakan dua istilah utama yakni alamat publik dan kunci pribadi. Untuk mengetahui cara kerjanya berikut pengertian dari dua istilah ini sebagai berikut:

  1. Kunci pribadi merupakan nomor pin ATM yang sifatnya rahasia dan hanya bisa diakses oleh pemilik uang kripto ini. PIN sendiri berupa karakter acak untuk dapat mengakses dompet DASH
  2. Alamat publik merupakan nomor rekening bank dimana dibuat khusus. Alamat bank ini berupa kombinasi huruf dan angka yang jumlahnya puluhan karakter. Dari alamat bank ini tidak bisa terlihat secara jelas nama pemilik seperti pada alamat bank biasa.

Cara kerja transaksinya bisa dimengerti melalui contoh ini:

Misalnya saja kamu ingin mengirim 1 DASH ke melati maka penambang DASH akan menambahkan transaksi kamu ke blok A yang merupakan sekelompok transaksi DASH yang terjadi pada durasi waktu yang sama.

Penambang lainnya akan memeriksa ulang hasil penambang untuk verifikasi sehingga transaksi tersebut valid. Untuk instant send memberlakukan sistem masternode.

Cara Beli DASH

Cara mendapatkan DASH coin paling mudah adalah melalui platform exchange. Ada banyak platform exchange di dunia mulai dari Binance, Bitbay, Bitforex hingga BW. Adapun list exchange yang menyediakan jual beli uang kripto ini bisa kamu cek melalui link ini https://www.dash.org/full-list-of-exchanges/.

Dalam melakukan jual beli di platform exchange tersebut biasanya kamu akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Sebelum melakukan transaksi akun perlu mendapatkan verifikasi akun dari pihak platform exchange.

Setelah itu kamu perlu melakukan deposit dahulu bisa dengan mentransfer dari bank secara online hingga via ATM ke akun platform exchange. Dana yang didepositkan akan menjadi modal investor untuk membeli uang kripto pada platform exchange.

Cara kedua untuk mendapatkan uang kripto  bisa dengan menambang. Untuk bisa menjadi penambang kamu perlu menyediakan perangkat komputer yang mumpuni. Kegiatan penambangan banyak menghabiskan listrik sehingga biaya terbesar dalam kegiatan ini adalah utilitas.

Setelah mengetahui apa itu DASH apakah kamu sudah siap untuk berinvestasi pada mata uang kripto ini?

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments