Mengenal Apa Itu Tron (TRX) dan Harga Tron

Apa itu Tron (TRX)

Share :

Kanalcoin.com – Mata uang kripto terdiri dari banyak jenis koin, salah satunya adalah Tron. Lantas, apa itu Tron? Apakah ada perbedaan antara Tron dan TRX Tron yang beredar di aset kripto? Untuk lebih lengkapnya, artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang Tron. Mulai dari pengertian, cara kerja, sampai harga dari koin Tron itu sendiri.

Apa Itu Tron?

Sampai saat ini, masih ada banyak pegiat kripto yang asing dan belum mengerti apa itu Tron. Tron adalah platform terdesentralisasi yang menggunakan teknologi blockchain. Platform ini mengusung sistem peer-to-peer (P2P) yang memiliki tujuan untuk membangun sistem konten hiburan digital.

Dengan platform Tron ini, Anda bisa membagikan konten yang Anda miliki di mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda akan mendapatkan imbalan dari konten yang Anda buat ketika itu dibagikan di publik.

Platform Tron juga memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk memegang penuh kendali data yang dimiliki. Tidak seperti platform lainnya yang datanya akan disimpan dan dikelola oleh otoritas dari platform tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan adanya kebocoran data.

Apa Itu Tron dan Bagaimana Sejarah Berdirinya?

Setelah tahu apa itu Tron, Anda juga harus tahu mengenai sejarahnya. Tron dirintis oleh Tron Foundation, organisasi nirlaba yang berbasis di Singapura, pada September tahun 2017. Perusahaan ini dipimpin oleh CEO bernama Justin Sun. Justin Sun adalah seorang anak didik dari Jack Ma, pemilik perusahaan terkemuka di dunia yaitu Alibaba.

Justin Sun juga merupakan pendiri sekaligus CEO Peiwo, sebuah aplikasi menonton yang memiliki lebih dari 10 juta pengguna. Tron memiliki prinsip keterbukaan, keadilan, dan transparansi.

Selain Justin Sun, tokoh kunci kesuksesan dibalik Tron adalah CTO Tron yaitu Lucien Chen, Direktur Teknis Keelson Yang, dan pengembang Xie Xiaodong. Berbagai prestasi yang dibuat oleh Justin Sun membuat dia masuk dalam majalah Forbes “China Under 30” dan “Asia Under 30”.

Tron masuk dalam bursa cryptocurrency dengan jaringan blockchain bernama TRX. Tron pertama kali masuk dalam pasar aset kripto CoinMarketCap pada tanggal 13 September 2017. Harga awal dari koin Tron ini adalah sebesar 0,0002 dolar AS.

Koin Tron sempat mencapai harga tertingginya pada 5 Januari 2018. Harga tertingginya pada saat itu adalah sebesar 0,30 dolar AS atau setara dengan empat ribu rupiah.

Apa Itu Tron dan Bagaimana Perkembangannya?

Saat mempelajari detail tentang apa itu Tron,  kita tidak bisa mengesampingkan perkembangan yang dibuatnya. Dalam waktu 1 tahun, Tron sempat masuk dalam jajaran sepuluh besar aset kripto berdasarkan data kapitalisasi pasar. Jika sebelumnya jaringan utama token Tron adalah ERC20, kini token tersebut telah bermigrasi ke mainnet TRX.

Aset kripto ini merupakan solusi untuk menghilangkan perantara antara pembuat konten dan penikmat konten. Dengan begitu, biaya yang dibebankan kepada penikmat konten akan lebih hemat karena tidak ada potongan dari perantara konten.

Sebagai contoh, aplikasi Netflix adalah aplikasi perantara antara pembuat film dan penonton film. Penonton film diharuskan membayar biaya berlangganan yang sebenarnya merupakan biaya untuk perantara aplikasi Netflix.

Dengan platform Tron, maka penonton video tidak akan membayar biaya perantara seperti halnya pada aplikasi Netflix. Dengan begitu, biaya untuk menikmati konten akan jauh lebih hemat dan terjangkau.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah pembuat konten akan mendapatkan biaya sepenuhnya dari penikmat konten. Jadi, tidak ada potongan yang diperuntukkan bagi perantara seperti aplikasi Netflix.

Dengan begitu, maka biaya yang akan didapatkan akan jauh lebih besar karena tidak adanya biaya potongan untuk perantara. Seluruh biaya konten yang dibayarkan oleh penikmat konten akan diperuntukkan untuk pembuat konten di platform Tron.

Apa itu Tron dan Perbedaannya dengan Tronix (TRX)

Meskipun kelihatannya sama, Anda harus paham perbedaan apa itu Tron dengan Tronix. Keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Apabila Tron adalah platformnya, maka Tronix adalah kripto atau koin yang digunakan di jaringan Tron. Anda bisa membeli koin Tron dengan pertukaran aset kripto lainnya seperti ETH atau BTC.

Tronix ini akan digunakan penonton konten untuk membayar konten yang dibagikan oleh pembuat konten. Pembuat konten yang menerima koin TRX ini bisa menukarkan dengan aset koin kripto lainnya atau membayar layanan blockchain.

Cara Kerja Tron

Pemahaman tentang apa itu Tron saja tidak cukup karena Anda juga harus paham dengan mekanisme cara kerjanya. Dengan Tron, koin yang didapatkan oleh pembuat konten sepenuhnya akan dimiliki oleh pembuat konten tersebut. Tidak ada potongan biaya untuk perantara konten seperti aplikasi yang lainnya.

Selain itu, kendali data sepenuhnya dimiliki oleh pengguna platform Tron. Jadi, Anda tidak perlu khawatir sebab tidak akan ada lagi kasus kebocoran data. Sementara itu, transaksi TRX memiliki kemiripan dengan transaksi aset kripto Bitcoin. Perbedaannya adalah Tron memiliki sistem keamanan tambahan saat pengguna melakukan transaksi.

Tahapan Tron

Setelah belajar tentang apa itu Tron, sebaiknya Anda juga mempelajari roadmap Tron agar lebih yakin dalam berinvestasi dengannya. Sejauh ini, Tron memiliki proyek jangka panjang dengan 6 tahap yang direncanakan hingga tahun 2027.

Tahun 2018 adalah tahap keluaran di mana Tron fokus pada pembebasan data. Pada tahap ini, Tron membuat beberapa hal seperti mekanisme pengunggahan, penyimpanan, dan distribusi yang didasarkan pada peer-to-peer dan konten terdistribusi.

Tahap selanjutnya dinamakan dengan tahap Odyssey. Tahap ini berlangsung selama 18 bulan dan difokuskan untuk pemberdayaan konten. Tron ingin agar para pembuat konten mendapatkan pengembalian dana yang adil. Pengembalian tersebut mulai dari pembuatan, distribusi, dan penyebaran konten.

Setelah tahap Odyssey, Tron memiliki empat tahap lagi yaitu Great Voyage, Apollo, Star Trek dan Eternity. Tahap ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana ICO individu diluncurkan menggunakan standar Tron 20, pembuatan platform ramalan, dan permainan yang terdesentralisasi.

Masa Depan Tron

Bahasan mengenai apa itu Tron tentu tidak lengkap jika tidak membahas prediksi dan perkembangan Tron di masa depan. Visi jangka panjang dari Tron sendiri adalah menjadikan platform konten digital dengan biaya yang lebih rendah dan mengaitkannya dengan sistem blockchain.

Jika dilihat dari banyaknya pengembang asal Alibaba yang bergabung pada Tron sejak akhir 2017, ada rumor bahwa akan ada kemitraan antara Alibaba dan Tron. kabar tersebut tentu diantisipasi publik karena dinilai akan sangat menarik apabila kemitraan antara Tron dan Alibaba bisa berjalan.

Harga TRX

Pembahasan mengenai harga Tron tentu tidak boleh ketinggalan jika kita berbicara tentang apa itu Tron. Dilansir dari Coinmarketcap, harga TRX mencapai angka $0.09522 per Oktober 2021. Dengan masa depan TRX yang cukup menjanjikan, maka tidak salah untuk menjadikan TRX sebagai salah satu aset kripto yang perlu Anda miliki.

Itu tadi ulasan tentang apa itu Tron (TRX), sejarah dan perkembangan Tron, masa depan Tron, sampai dengan harga Tron. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk menambah pengetahuan seputar cryptocurrency.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments