Sistem Blockchain Diuji Coba di Bank Sentral Argentina

Bank Sentral Argentina Ujicoba Blockchain

Share :

Bank Sentral Argentina (BCRA) dikabarkan telah melakukan ujicoba terhadap penggunaan sistem blockchain untuk mendukung operasional harian mereka. Teknologi blockchain yang digunakan sebagai bahan ujicoba sendiri dikembangkan oleh IOV Labs, salah satu pengembang sistem blockchain. Nantinya, sistem ini juga akan diterapkan di beberapa bank komersil seperti Santander dan BBVA.

Menurut IOV Labs, sistem ini berbasis pada jaringan kontrak RSK. Solusi tersebut digunakan untuk memberikan pengalaman perbankan yang jauh lebih baik kepada para nasabah bank-bank tersebut, termasuk menyediakan sistem pembayaran yang lebih kompeten dan transparan.

Solusi di tengah Pandemi

Dengan kondisi dunia yang serba tidak pasti seperti saat ini, solusi-solusi digital memang diharapkan mampu membantu menstabilkan kinerja lembaga bank dan keuangan lainnya. Sebuah sistem yang dapat dengan mudah memproses pembayaran dan transaksi keuangan lainnya dengan cepat memang sangat diperlukan di tengah pandemi. Hal ini dikarenakan semua orang memerlukan proses transaksi yang cepat dan transparan.

Masyarakat memerlukan solusi keuangan yang dapat dipercaya karena situasi ekonomi dunia yang semakin pelik belakangan ini memaksa mereka untuk dapat lebih efektif, terutama dalam hal keuangan. Hal ini ditangkap sebagai peluang yang sangat baik oleh para penyedia layanan teknologi berbasis blockchain.

Teknologi blockchain sendiri memang digadang-gadang sebagai solusi terbaik bagi perkembangan layanan keuangan di masa depan. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk transaksi keuangan, dengan cepat dan transparan. Teknologi ini berbasis pada sistem decentralization, dimana data dan informasi yang dicatat di dalam sistem akan dapat diakses oleh semua orang yang memiliki hak atas informasi tersebut.

Lebih lanjut, nyaris mustahil untuk dapat membobol atau memanfaatkan informasi yang tercatat dalam sistem ini dengan cara apapun, karena untuk melakukan perubahan apapun pada suatu data, seseorang harus memiliki izin dari setidaknya setengah dari seluruh pemilik izin.

Awal dari Tren Baru

Jika ujicoba teknologi blockchain ini berhasil dilakukan oleh Bank Sentral Argentina, bukan tidak mungkin hal tersebut juga akan mulai dilakukan oleh bank sentral lainnya di seluruh dunia. Bahkan, terdapat kemungkinan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dalam bidang lainnya juga akan tertarik untuk menggunakan solusi tersebut. Hal ini dikarenakan teknologi blockchain memang diciptakan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat, terutama dalam hal transaksi keuangan.

Dengan teknologi blockchain, masyarakat tidak perlu khawatir dengan biaya transaksi yang tinggi karena bentuk transaksi tersebut tidak melibatkan pihak ketiga manapun, sehingga biaya layanan pun dapat ditekan. Selain itu, jaminan keamanan data dan informasi para pengguna juga tentunya menjadi fitur teknologi blockchain yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, tidaklah mengejutkan bila teknologi ini akan menjad standar baru di dunia.

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments