4 Cara Trading Crypto Dasar yang Perlu Kamu Ketahui, Wajib Dicoba!

Cara Trading Crypto

Share :

Kanalcoin.com –  Crytocurrency menjadi aset yang tengah naik daun saat ini. Hal itu tidak lepas dari makin populernya bitcoin yang harganya tengah meroket hingga Rp700 juta per token. Tak pelak, banyak orang yang mulai mendalami dunia crypto dan mencari cara trading cryptocurrency.

Sebenarnya, banyak referensi belajar cara trading crypto yang bisa kamu gunakan untuk modal kamu terjun ke dunia crypto. Namun, kali ini saya akan sedikit memberikan tips trading crypto dasar yang perlu kamu ketahui sebelum terjun di dunia crypto.

Bagaimana kira-kira cara trading crypto dan apa saja yang perlu kamu pertimbangkan? Berikut cara-cara dasar yang bisa kamu lakukan saat trading crypto.

  1. Tentukan Jenis Crypto yang akan Kamu Jadikan Aset

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan trading crytocurrency adalah menentukan jenis crypto yang akan kamu jadikan aset dalam proses trading nantinya.

Tentunya, proses penentuan jenis crypto ini tidak boleh asal comot begitu saja, mengapa demikian? Saat ini, ada beberapa altcoin yang diciptakan hanya untuk tujuan scam atau penipuan.

Altcoin yang digunakan untuk scam atau penipuan biasanya hanya bertahan selama dua tahun. Ketika target dana yang mereka dapatkan sudah terkumpul, para penipu tersebut akan meninggalkan token yang telah mereka ciptakan dan membawa kabur dana para trader.

Oleh karena itu, sangat penting buat kamu untuk mengetahui latar belakang dari masing-masing crypto yang akan kamu gunakan. Kamu bisa membaca berbaga artikel dari portal berita keuangan luar negeri atau testimoni para ahli.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek keberlangsungan hidup crypto tersebut apakah ada yang aneh atau tidak.

  1. Tentukan Crypto Exchange yang akan Kamu Gunakan

Setelah kamu menentukan jenis crypto apa yang akan kamu gunakan, kamu selanjutnya harus mencari crypto exchange yang akan kamu gunakan saat trading nanti. Pada langkah ini, kamu juga perlu sama hati-hatinya saat menentukan jenis crypto yang akan kamu jadikan aset.

Kamu bisa menyiapkan beberapa pertimbangan untuk memilih mana crypto exchange yang akan kamu gunakan.

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain jumlah penarikan minimal, minimal saldo awal, biaya administrasi penarikan, dan juga jumlah crypto yang disediakan.

Ada banyak exchange yang saat ini kamu akses, baik berskala nasional maupun internasional. Kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan budget dan perencanaan keuangan milikmu saat trading nanti.

Jangan sampai kamu asal memilih exchange dan akhirnya berujung pada kerugian. Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu soal legalitas dan track record dari exchange tersebut apakah pernah bermasalah atau tidak.

Kalau sampai kamu memilih exchange yang pernah bermasalah pada legalitas dan hukum, bisa jadi kamu justru menderita kerugian karena uangmu menjadi dana yang bermasalah di exchange tersebut.

  1. Siapkan Dana untuk Trading Crypto

Trading crypto tentunya tidak akan akan bisa berlangsung kalau kamu tidak memiliki dana untuk melakukan aktivitas trading. Kamu harus menyiapkan dana sebelum terjun dan menyetorkan danamu kepada exchange yang sudah kamu pilih.

Hal yang paling perlu kamu ingat adalah dana yang kamu gunakan untuk trading crypto adalah dana yang memang sudah kamu siapkan untuk melakukan investasi. Jangan sampai kamu teriming-iming keuntungan yang besar lantas tidak merencanakan keuangan untuk melakukan aktivitas trading.

Selain itu, pastikan kamu tidak langsung latah dengan menyetorkan seluruh danamu pada satu crypto yang sedang hype saja. Kamu bisa melakukan diversifikasi dengan melakukan variasi pada portofolio crypto milikmu.

Lalu, kamu juga harus menyiapkan perencanaan jika kamu ingin menambah kuantitas dari jumlah crypto yang akan kamu gunakan sebagai aset dalam proses trading.

Tak hanya itu, kamu juga sangat tidak disarankan untuk serakah dalam pengambilan keputusan trading. Kalau memang kondisi pasar tengah berpihak kepadamu, sebisa mungkin tahan dirimu agar tidak menghabiskan uang begitu saja.

Begitu juga sebaliknya, kamu juga tidak boleh langsung drop ketika kondisi pasar tengah memburuk. Perhitungkan baik-baik dan cari peluang yang ada dari kondisi pasar yang tengah memburuk itu.

  1. Eksekusi Trading Crypto

Langkah akhir yang perlu dilakukan dan merupakan yang paling penting adalah eksekusi trading crypto. Tentu langkah ini sebenarnya bukan yang terakhir dari seluruh siklus trading secara umum sebenarnya.

Dalam eksekusi kali ini, kamu harus terus memantau kondisi pasar dan kondisi aset yang kamu miliki. Apalagi, kalau kamu ingin menjadi seorang trader profesional yang menggantungkan hidupmu pada aktivitas trading crypto.

Tentunya, selama proses trading kamu harus terus meng-update pengetahuanmu soal crypto. Kamu juga harus terus mengikuti perkembangan berita soal teknologi blockchain dan crypto di seluruh belahan dunia.

Keputusan perusahaan dan tokoh besar dunia tentang crypto biasanya bisa mempengaruhi pasar. Kamu juga harus mengikuti perkembangan regulasi di Indonesia dan negara lain mengenai crypto agar kamu tahu seberapa besar risiko kamu untuk berinvestasi crypto.

Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi jika memang portofolio milikmu menjadi murah atau ambruk. Lakukan berbagai strategi untuk membuat portofolio milikmu tetap bertahan dan apik.

Nah, itu tadi sekilas mengenai cara trading cryptocurrency yang bisa kamu lakukan mulai saat ini. Jangan takut untuk mencoba melakukan trading cryptocurrency. Selama kamu sudah memiliki persiapan dan pengetahuan yang matang, kamu bisa eksekusi dengan baik di pasar crypto nantinya.

Selamat mencoba dan semoga sukses, ya.

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments