XRP Terejeksi dari Area Support, Apakah Bullish akan Mendominasi?

XRP (XRP) Analysis

Share :

XRP kini tengah membentuk dorongan kenaikan kuat setelah terejeksi dari Area Support Daily yang membawanya ke titik Continuation Bearish yang akan menjadi dasar analisa kali ini, yang mana ini, dalam pandangan saya, akan menjadi titik tumpu trend yang potensial dalam beberapa hari kedepan.

Kini, berdasarkan data dari CoinMarketCap (CMC), pada saat penulisan, XRP memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 63.395.178.133 dan volume perdagangan harian sebesar $ 13.873.371.600 yang membuat crypto ini berada dalam peringkat ke-4 secara kapitalisasi pasar. Dan jika kita bandingkan dengan tahun 2020, kapitalisasi pasar telah mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring meningkatnya minat investor setelah Ripple, perusahaan dibelakang XRP, dinyatakan tidak sesuai dengan gugatan SEC AS yang menuduh mereka menjual token tanpa izin sebagai sekuritas.

Teknikal Grafik 4 Jam

Pada saat penulisan, XRP telah berupaya tumbuh saat kepercayaan pasar kembali pasca insidennya dengan SEC AS, dimana pelistingan crypto ini kembali dibeberapa pertukaran telah memicu peningkatan minat optimis yang telah lama tertunda dan terpupuskan.

Dalam pandangan teknikal kami, Bullish akan sedang menghadapi titik krusial dalam validasi trend, dimana level-level penting dalam penurunan hebat sebelumnya akan mulai dihadapi yang akan menentukan seberapa kuat upaya rally dari para investor.

Berikut saya coba jabarkan dalam grafik teknikal 4 jam dibawah ini:

Gambar : XRP/USD Chart

Berdasarkan gambar diatas, harga terlihat sedang mencoba membangun pondasi penguatan dalam beberapa level SR yang yang ada pada gambar, dimana segala potensi trend saya lihat akan ditentukan dari Price Action dikisaran analisa kali ini.

Dalam pandangan saya, pada time frame ini, harga XRP tengah berada dikisaran titik Swing Bearish sebelumnya yang menjadi Resistance, $ 1.42, yang akan menjadi titik utama analisa kita dalam pembentukan trend, yang akan mulai diukur kekuatannya saat menyentuh level SR lainnya di $ 0.96, $ 1.17, dan $ 1.72.

Level SR ini saya rasa memiliki potensi rejeksi yang sama kuat, sehingga break salah satunya (dengan valid) akan menjadi sinyal trend yang patut diantisipasi agar tidak ketinggalan momentum.

Teknikal Grafik Daily:

Gambar : XRP/ USD Chart

Dan juga, dalam pandangan jangka menengah,token Ripple ini tengah berjuang mengumpulkan kekuatan saat mencoba pulih dari Area Support, dimana Area ini menjadi titik Higher Low pada XRP.

Dalam pandangan analisa ini, harga baru saja terejeksi dari level Resistance Kunci kita di Daily, $ 1.42, yang menurut saya, merupakan level krusial bagi trend (berlanjut tidaknya Bullish) karena merupakan titik Continuation Bearish, sehingga harga perlu membangun struktur Continuation Bullish untuk tetap mempertahankan ekspektasi positif dari investor.

Dan untuk skema Bearish-nya, harga gagal membantun pondasi penguatan yang berujung pada rejeksi lanjutan dan tersungkur dari level Resistance Kunci ini, sehingga level Support pada grafik 4 Jam akan mulai bermain untuk mem-backup optimisme pasar.

Dan untuk pandangan fundamental, penurunan kuat XRP dibentuk karena gugatan SEC yang membuat Ripple dan tokennya cukup terpuruk, dimana telah terdelisting dari beberapa pertukaran.

Usainya pertikaian dengan SEC telah kembali meningkatkan prospek XRP, sehingga Bullish jangka panjang masih dipegang oleh crypto ini.

(*)


Artikel di submit langsung oleh Penulis dalam menerbitkan Analisa, Pandangan, Opini ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penulis.
Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments