XRP Membentuk Lower High dan Pola Triangle, Bagaimana Nasib Bullish-nya?

XRP (XRP) Analysis

Share :

XRP kini telah membentuk Lower High dalam upaya pemulihannya, dimana kami memetakannya dalam pola Triangle untuk melihat, apakah Bullish masih mampu bertahan atau tidak pasca pembentuk Lower High ini.

Kini, berdasarkan data dari Coin Market Cap (CMC), pada saat penulisan, XRP memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 66.006.557.650 dan volume perdagangan harian sebesar $ 10.134.713.432 yang membuat crypto ini berada dalam peringkat ke-5 secara kapitalisasi pasar. Dan jika kita bandingkan dengan tahun 2020, kapitalisasi pasar telah mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring meningkatnya minat investor setelah Ripple, perusahaan dibelakang XRP, dinyatakan tidak sesuai dengan gugatan SEC AS yang menuduh mereka menjual token tanpa izin sebagai sekuritas.

Teknikal Grafik 4 Jam

Pada saat penulisan, XRP belum lama ini telah tersungkur cukup kuat dari Lower High-nya yang mencerminkan adanya prospek Bearish yang perlu diwaspadai dan dianalisa dengan lebih seksama.

Dalam pandangan teknikal kami, Bullish akan sedang menghadapi titik krusial dalam validasi trend, dimana level-level penting pada analisa ini akan membantu kita membaca peluang trend bagi XRP dalam beberapa hari kedepan.

Berikut saya coba jabarkan dalam grafik teknikal 4 jam dibawah ini:

Gambar : XRP/USD Chart

Berdasarkan gambar diatas, harga tengah terseret jatuh dari level Lower High yang menjadi level Resistance kita dalam analisa ini, dimana prospek Bearish menjadi perhatian utama kita meski tetap perlu dipegang, struktur Bullish masih ada!

Dalam pandangan saya, pada time frame ini, harga XRP tengah berada dalam struktur Elliot Waves sehingga penurunan perlu diantisipasi terjadi sehingga di analisa ini, kita memiliki level SR $ 1.35 dan $ 1.62, serta Area Support.

Level SR adalah titik analisa awal kita untuk mengukur, apakah potensi Bullish akan bisa ditemukan disini dengan melihat aksi reaksi harga saat meretest salah satunya. Dan Area Support, akan menjadi titik pertahanan terakhir bagi harapan Bullish jika harga terus jatuh dan meretestnya.

Teknikal Grafik Daily:

Gambar : XRP/USD Chart

Dan juga, dalam pandangan jangka menengah, token Ripple ini telah membentuk Lower High sehingga saya mencoba memetakannya dalam pola Triangle, untuk menemukan titik pantul dan juga peluang trend jika harga mampu menembus salah satu garisnya.

Dalam pandangan analisa ini, harga baru saja tersungkur dari garis atas Triangle, sehingga kita akan mengantisipasi penurunan lanjutan jika harga masih belum mampu membentuk momentum Bullish pada level SR di grafik 4 Jam, ataupun pada Area diantara level SR tersebut, dimana dalam pandangan Multi-Hari, potensi Bullish masih bisa kita harapkan selama garis bawah Triangle belum ter-breakdown dengan kuat dan dalam volatilitas besar.

Dan untuk skema Bearish-nya, harga terus terjatuh kuat dan menembus pemetaan Support yang ada di grafik 4 jam dan juga garis bawah Triangle ini, sehingga penurunan lebih lanjut patut diantisipasi oleh investor.

Dan untuk pandangan fundamental, penurunan kuat XRP baru-baru ini dibentuk oleh aksi Take Profit, dimana hal ini juga terjadi pada beberapa Altcoin, meski untuk peluang pulih tidaknya, masih perlu perhatian lebih dalam melihat sentimen yang ada.

(*)


Artikel di submit langsung oleh Penulis dalam menerbitkan Analisa, Pandangan, Opini ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penulis.
Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments