VC Andreessen Horowitz Berencana Investasi Cryptocurrency $1 Miliar

VC Andreessen Horowitz Investasi Cryptocurrency

Share :

Kanalcoin.com – Pada Jumat (30/4/2021), perusahaan VC (Venture Capital)  Andreessen Horowitz yang juga dikenal dengan nama a16z akan menyiapkan dana besar untuk investasi cryptocurrency.

“Dana baru, yang ketiga Andreessen yang berfokus pada investasi cryptocurrency, bertujuan untuk mengumpulkan antara $800 juta dan $1 miliar dari investor, menurut empat orang yang mengetahui proses tersebut,” bunyi pernyataan perusahaan.

Hal itu pada akhirnya bisa melipat gandakan sebesar $515 juta yang terakhir dikumpulkan untuk investasi kripto oleh a16z.

Menurut laporan Financial Times (FT) yang dilansir Kanalcoin.com via Cointelegraph, perusahaan VC Andreesen berani mengambil keputusan itu karena melihat kesuksesannya dalam investasi cryptocurrency di Coinbase.

Dilansir dari Coindesk, A16z menginvestasikan $449,2 juta berupa saham Coinbase atas nama investornya pada tanggal 14 April 2021. Berdasarkan informasi dari finance.yahoo.com, perusahaan A16z berhasil melonjakkan nilai investasi itu menjadi $11,2 milliar selama peluncuran IPO Coinbase.

Perusahaan a16z  ini concern di bidang startup teknologi. Menurut informasi yang dikutip Kanalcoin.com dari Theblockcrypto.com, a16z membangun kesuksesan awalnya dengan melakukan investasi Coinbase dan Ripple lewat dana tradisional.

Kemudian hal itu mendorongnya, pada 2018, meluncurkan uang kripto dan pada 2019 telah berhasil mengumpulkan  portofolio perusahaan kripto yang akan menjadi beberapa perusahaan dengan nilai tertinggi di seluruh dunia, selain perusahaan teknologi, seperti  Skype, Facebook, Twitter, dan Airbnb.

Pada 2020 perusahaan Andreessen fokus menjalankan keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan Web 3.0. Aset yang dikelola saat itu hampir mencapai $16,6 miliar di beberapa dana, dana kripto akan ditambahkan ke dalam kas sebesar $865 juta.

Pada 2021, a16z melakukan investasi termasuk di DeFi exchange dYdX serta platform OpenSea untuk non-fungible token (NFT). Baru-baru ini, a16z telah memimpin OpenSea yang berhasil menyelesaikan putaran pendanaan seri A sebesar $24 juta.

Melihat kesuksesan a16z dalam investasi kripto mendorongnya untuk menyiapkan dana baru untuk diinvestasikan sebesar $1 miliar dalam kripto dan permulaan kripto yang setara dengan Rp14,5 triliun.

Jika rencana perusahaan VC Andreessen berhasil menginvestasikan $1 miliar, maka akan menjadi salah satu investor terbesar di dunia. Kunci kesuksesan mereka adalah, “Kita sudah berinvestasi di aset kripto sejak 2013. A16z Crypto adalah dana ventura, terstruktur untuk dapat investasi ditahan selama 10+tahun,” kutipan profil perusahaan yang dikutip dari finance.yahoo.com.

Dana crypto yang fantastis sepanjang industri cryptocurrency mendorong a16z berencana mencari investor yang bersedia menjadi “Coinbase” berikutnya. Mengenai komentar tentang itu, Financial Time mengatakan perusahaan VC tersebut menolak berkomentar seputar rencana itu.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments