Upayakan Diversifikasi Industri, Coinbase Putuskan Berinvestasi di Titan

Coinbase Putuskan Berinvestasi di Titan

Share :

Kanalcoin.com –  Perusahaan pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, Coinbase, memutuskan untuk melakukan investasi pada salah satu perusahaan penambangan bitcoin di Amerika Serikat, Titan. Coinbase melakukan investasi melalui anak perusahaan mereka, Coinbase Ventures.

Coinbase Ventures, yang merupakan anak perusahaan dari Coinbase khusus dalam bidang investasi, telah menginvestasikan sejumlah dana yang tidak diungkapkan ke public kepada Titan. Titan sendiri merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak dan layanan yang ditargetkan pada industri penambangan bitcoin (BTC).

Dalam pernyataan resmi Titan yang dilansir Kanalcoin.com dari Cointelegraph, investasi yang dilakukan oleh Coinbase akan membantu proyek yang dilaksanakan oleh Titan. Proyek yang dimaksud adalah pengembangan produk perusahaan di bidang penambangan bitcoin.

Selain itu, dana investasi yang diberikan oleh Coinbase kepada Titan juga akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas perusahaan penambangan bitcoin yang ada saat ini.

Salah satu founder dan CEO Titan, Ryan Condron, menyebut kalau proses penambangan bitcoin saat ini telah beralih menjadi bisnis publik yang menjanjikan. Menurut Condron, penambangan bitcoin telah berkembang dari hobi, ke industry, ke infrastruktur komputasi global yang kritis.

Perkembangan penambangan bitcoin yang sudah menjadi bisnis public tersebut menjadi peluang tersendiri bagi Titan. Condron menyampaikan kalau Titan siap membantu penambang kelas dunia untuk memenuhi tantangan tersebut.

Titan sendiri memiliki pasar yang sengaja dikhususkan pada penambang profesional yang berbasis di Amerika Serikat. Titan menawarkan perangkat lunak penambangan canggih dengan tujuan agar perusahaan penambang bitcoin profesional di Amerika Serikat mampu bersaing secara global dengan perusahaan penambang lain di dunia.

Sebelumnya, Titan sempat meluncurkan produk bernama Titan Pool. Titan Pool diproduksi oleh Titan bekerja sama dengan CoinMint dan CoreScientific, yang merupakan dua penyedia infrastruktur penambangan bitcoin utama di Amerika Serikat.

Titan Pool saat itu menawarkan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh para penambang. Manfaat yang disediakan oleh Titan Pool, yaitu transparansi lebih dan mampu menyelesaikan beberapa masalah yurisdiksi untuk penambang yang berbasis di Amerika Serikat.

Saat ini, para penambang profesional di Amerika Serikat masih kalah dengan para penambang yang berbasis di Tiongkok. Tiongkok saat ini masih menjadi negara sebagai penyumbang sebagian besar hashrate bitcoin.

Dominasi yang bisa diraih oleh Tiongkok memang salah satunya dikarenakan murahnya biaya listrik di negara itu. Tiongkok memang menarik bagi para penambang karena memiliki biaya listrik yang murah, sehingga bisa memberikan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, rantai pasokan lokal di Tiongkok juga terkenal murah.

Amerika Serikat memang menjadi negara kedua yang menyumbang hash rate terbanyak di bawah China, yakni sebesar 14 persen dari total keseluruhan. Akan tetapi, para penambang masih menggunakan perangkat buatan Tiongkok.

Oleh karena itu, Titan berniat untuk bisa menyediakan perangkat yang canggih untuk mengembangkan bisnis penambangan bitcoin di Amerika Serikat. Dana investasi dari Coinbase itulah yang akan dimanfaatkan Titan untuk mewujudkan harapan tersebut.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments