UNI Gagal Membentuk Level High Baru, Bagaimana Prospek Selanjutnya?

Token Uniswap (UNI) Analysis

Share :

UNI, token dari UNISWAP, kini tengah membentuk penurunan yang cukup kuat dari level puncaknya yang menandakan harga kurang mampu mendapat dukungan untuk bergerak lebih tinggi, sehingga penentuan trend kemungkinan akan dibentuk dalam beberapa hari kedepan, khususnya trend jangka menengah.

Kini, berdasarkan data dari Coin Market Cap (CMC), pada saat penulisan, UNI memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 15.929.710.269 dan volume perdagangan harian sebesar $ 635.399.421 yang membuat crypto ini berada dalam peringkat ke-9 secara kapitalisasi pasar. Dan jika kita bandingkan dengan tahun 2020, kapitalisasi pasar telah mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring meningkatnya minat investor baru terhadap Altcoin.

Teknikal Grafik 4 Jam

Pada saat penulisan, UNI telah tersungkur cukup dalam dari level ATH-nya mendekati Higher Low-nya, dimana penurunan dibentuk cukup intens seiring kekhawatiran investor atas tindak pemerintah AS pada crypto sehingga ini terlihat dibentuk oleh unsur kepanikan yang melanda aksi Selling.

Dalam pandangan teknikal saya, Bullish masih memiliki potensi untuk mendominasi dalam jangka panjang, karena selain dari sisi struktur teknikalnya yang on-rally, secara fundamental pun UNI masih akan positif karena minat pasar yang masih kuat pada DeFi.

Berikut saya coba jabarkan dalam grafik teknikal 4 jam dibawah ini:

Gambar : Chart UNI/USD

Berdasarkan gambar diatas, harga berada dalam pola Double Top, dimana kini berada di garis Up Trendline Merah yang menjadi dasar analisa kita dalam artikel ini, sehingga mampu tidaknya harga untuk tetap berada diatasnya akan menjadi dasar Bullish jangka menengah dan pendek..

Dalam pandangan saya, pada time frame ini, Uniswap (UNI) memiliki level Support-Resistance (SR) Kunci yang cukup mumpuni untuk kita jadikan pegangan dalam memvalidasi potensi trend, yaitu di level $ 26,10 , $ 28,50 dan $ 32,60.

Break kuat pada salah satu level SR ini saya baca akan menjadi pondasi teknikal yang cukup mumpuni untuk membaca kearah mana sentimen akan membawa investor untuk token UNI, terlepas dari potensi Bullish jangka panjangnya karena dukungan DeFi.

Teknikal Grafik Daily:

Gambar : Chart UNI/ USD

Dan juga, dalam pandangan jangka menengah, token UNISWAP ini telah jatuh dari Area Resistance yang saya petakan dari beberapa ekor candle yang dibentuk, dimana hal ini menjadikan Area Resistance sebagai titik aksi kuat Seller yang perlu ditembus untuk memperkokoh upaya Bullish.

Dalam pandangan analisa ini, Up Trendline Merah akan menjadi ‘Validator’ dari potensi Bullish, dimana False Breakout pun bis saja terjadi untuk kita antisipasi, dengan tetap mengandalkan level SR yang ada di grafik 4 jam diatas, dimana pembentukan level Low akan sangat penting untuk dicermati.

Dan untuk skema Bearish-nya, harga terus terjatuh kuat dan mem-breakdown Up Trendline Merah dan mengabaikan level-level Support yang ada, sehingga potensi jatuh saya perkirakan bisa mencapai level $ 17 – $ 22.

Dan untuk pandangan fundamental, penurunan beberapa hari ini adalah dampak dari aksi pemerintah AS yang membuat kepanikan dikalangan investor, seperti yang mendera crypto lainnya, sehingga kita masih bisa mengharapkan pemulihan kembali, dimana dukungan DeFi yang kuat akan tetap menjadi dasar dari potensi Hijau dari UNI.

(*)


Artikel di submit langsung oleh Penulis untuk menerbitkan Analisa, Pandangan, Opini ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Penulis.
Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments