Tanggapan Bill Gates Pada Perkembangan Cryptocurrency Menghebohnya Pengguna Reddit

Bill gates

Share :

Pada tanggal 27 Februari, dalam sesi “Ask Me Anything” bersama Reddit, Bill Gates yang merupakan pendiri utama Microsoft Corporation, memberikan pernyataan yang cukup menghebohkan para pengguna Reddit. Ia menyatakan bahwa cryptocurrency merupakan “teknologi yang sangat langkan dan bisa mengakibatkan kematian secara langsung.”

Menurut Gates dalam salah satu tulisannya, ia menyampaikan:

Fitur utama dari mata uang kripto adalah anonimitas atau tanpa ada yang mengetahui siapa pelakukan. Saya tidak pernah berpikir bahwa ini merupakan hal yang bisa dianggap baik. Kemampuan Pemerintah untuk menemukan pencucian uang serta penghindaran pajak dan pendanaan teroris sangatlah baik. Saat ini, tidak bisa dipungkiri, crypto sudah digunakan sebagai alat transaksi untuk membeli fentanyl serta obat lainnya sehingga bisa dikatakan ini adalah teknologi langka yang mengakibatkan kematian secara langsung. Saya pikir gelombang spekulatif yang ada pada ICO dan mata uang ini sangatlah beresiko”

Sedangkan saat ini pembelian obat terlarang secara online mulai mengalami peningkatan, sebagian besar pengguna narkoba masih melakukan jual beli narkoba dengan metode “tradisional.”

Menurut sebuah survey yang dilakukan Drag Survey pada tahun 2017, terlepas dari negara manapun, kurang dari separuh pengguna narkoba membeli obat terlarang lewat jaringan gelap, lewat negara manapun. Sedangkan persentase untuk pengguna narkoba lewat jaringan gelap saat ini sudah mencapai 10.1%

Pernyataan Gates nyatanya menimbulkan kritik keras dari Redditor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan diskusi tersebut. Sementara, beberapa orang lain memberikan pendapat pada Gates agar ia bisa membaca kembali hal-hal yang berkaitan dengan Bitcoin. Yang lain menanggap dengan celaan bahwa Bill Gates memberikan tanggapan agar mempengaruhi pasar kripto hanya dengan statusnya yang terkenal.

Saat salah seorang pengguna menunjukan sebuah bukti bahwa mata uang fiat juga dapat dipakai sebagai aktivitas illegal seperti pencucian uang, penggelapan pajak, pendanaan teroris, atau pun pembelian obat terlarang, Gates menyapaikan bahwa perlu kehadiran fisik yang akan membuat aktivitas dan transfer menjadi lebih sulit.

Ya, uang anonim bisa dipakai untuk hal-hal illegal tapi Anda juga harus bisa hadir secara fisik agar bisa mentransfer sehingga hal-hal terkait pencurian bisa lebih sulit”

Di lain kesempatan dalam sebuah wawancara yang dilakukan dengan Erik Schatzker dalam acara Smart Street Show Bloomberg, Gates pernah menyatakan bahwa “Bitcoin lebih bak daripada uang..

Selain itu, sebagai bagian dari inisiatif “Jasa Keuangan untuk Kaum Miskin”, the Bill & Melinda Gates Foundation telah mensponsori pengembangan infrastruktur Blockchain untuk para pedagang di Kenya agar menerima kripto di Irak.

Sementara, sampai saat ini Gates tetap skeptis terhadap cryptocurrency, namun teknologi blockchain yang mendasarinya juga masih menjadi minat besar untuk Microsoft Corporation

tahun lalu, Microsoft berpartisipasi dalam beberapa kegiatan inisiatif bisnis terkait teknologi pengembangan blockchain, seperti Microsoft Azure atau Coco Framework.

Baru-baru ini, perusahaannya mengumumkan bahwa mereka ingin mengintegrasikan ID terdersentralisasi berbasis Blockchain dalam salah satu aplikasi Microsoft Corporation. Microsoft juga memutuskan bahwa teknologi serta protokol Blockchain sangatlah sesuai dengan tugas proyek yang mereka buat, menciptakan bentuk identitas digital yang aman dan terdesentralisasi.

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments