Siapakah CZ? Mengenal Changpeng Zhao dalam Dunia Crypto

Siapa Changpeng Zhao CEO Binance

Share :

Kanalcoin.com – Bagi Anda yang baru memasuki atau mengenal dunia cryptocurrency, Anda tentu memiliki tokoh penting yang menjadi inspirasi dalam melakukan investasi jangka panjang pada mata uang jenis kripto tertentu. Salah satu tokoh penting dalam dunia kripto adalah Changpeng Zhao.

Dalam dunia crypto, nama Changpeng Zhao masuk dalam deretan orang yang sukses dalam menjalankan bisnis di sektor industri mata uang digital cryptocurrency. Dilansir dari laman Forbes, total kekayaan bersih Changpeng Zhao diperkirakan mencapai $1,9 miliar.

Pemula yang baru terjun ke dalam dunia crypto mungkin masih asing dengan nama tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai CEO Binance, Changpeng Zhao.

Profil dari CEO Binance, Changpeng Zhao

Berikut ini adalah profil singkat mengenai CEO Binance yang dapat kami berikan kepada Anda, diantaranya :

  • Changpeng Zhao dikenal luas oleh publik sebagai pendiri dan CEO dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, yaitu Binance.
  • Tepat pada tahun 2020, produk aset kripto dari perusahaan Zhao, yaitu Binance Coin atau BNB berhasil mencatatkan nilai kapitalisasi pasar perdagangan pada pertukaran mata uang kripto sebesar $2 triliun.
  • Zhao telah melakukan berbagai inovasi terhadap perusahaan pertukaran mata uang kripto miliknya. Salah satunya yaitu dalam menghadapi berbagai macam peraturan yang ada di sejumlah negara.
  • Saat ini, Zhao memilih tinggal di Singapura.

Mengenal CEO Binance, Changpeng Zhao

Changpeng Zhao atau yang lebih familiar dengan sebutan CZ, dikenal sebagai seorang CEO yang senantiasa memberikan inovasi dan melakukan pengembangan baru untuk platformnya. Ia bahkan berhasil membuat langkah besar untuk perusahaan miliknya hanya dalam kurun waktu selama 180 hari.

CZ lahir di Jiangsu, Cina. Ayahnya adalah seorang profesor. Ibunya juga seorang pendidik. Keluarga Zhao beremigrasi ke Vancouver, Kanada, pada akhir 1980-an. Di usianya yang masih remaja, Zhao sudah ikut menanggung biaya pengeluaran rumah tangga. Ia pernah bekerja part-time malam hari di tempat pompa bensin.

Hingga saat ini, perusahaan Zhao tercatat memiliki kekayaan senilai $1,1 miliar. Sebelum mencapai tingkat kesuksesan tersebut, Zhao hidup dan di dibesarkan dalam lingkungan keluarga dengan penghasilan menengah ke bawah. Ia bahkan pernah bekerja sebagai pegawai McDonald’s untuk menghidupi keluarga dan membantu perekonomiannya.

Di bangku pendidikan tinggi, Zhao memilih untuk mengambil jurusan ilmu komputer di McGill University yang berada di Montreal. Setelah lulus, ia kemudian bekerja di Tokyo Stock Exchange. Di perusahaan tersebut, Changpeng Zhao mulai membangun sebuah sistem yang berguna untuk mempermudah dalam mencocokan pesanan pada perdagangan.

Setelah itu, ia kemudian melakukan pengembangan pada perangkat lunak yang berguna untuk perdagangan berjangka Bloomberg Wall Street. Tepat pada 2005, CZ memutuskan untuk berhenti pada perusahaan tersebut dan memulai langkah baru dengan pindah ke Shanghai China, untuk mendirikan Fusion Systems.

Sejak 2013, Zhao menjadi fokus pada sektor crypto dan blockchain. Dia bekerja untuk Blockchain.info sebagai kepala teknologi dan bertindak sebagai kepala petugas teknologi di OKCoin.

Pada tahun 2017, Zhao resmi memulai Binance dan meluncurkan produk aset kripto. Dalam waktu kurang dari setahun, Binance berhasil menjadi platform perdagangan kripto terbesar di dunia.

Menjadi seseorang yang memiliki kompetensi di bidang blockchain maupun sistem perdagangan, Zhao kemudian mengembangkan Binance menjadi ekosistem baru dalam blockchain yang melayani pertukaran mata uang kripto.

Perusahaan Binance milik Zhao telah berinovasi dalam mengembangkan beberapa platform internal seperti Labs, Info, Academy, Trust Walle, Exchange, Launchpad, Research, serta Charity Foundation.

Tepat satu tahun yang lalu, yaitu di tahun 2020, CoinMarketCap telah diakuisisi oleh Binance dan beberapa perusahaan lain seperti Swipe.io. Setelah itu, Binance mulai melebarkan sayap dan melakukan investasi ke berbagai jenis proyek lainnya.

CZ dalam Dunia Crypto

Perusahaan Binance milik Zhao diketahui memiliki kemampuan untuk melayani 1,4 juta  transaksi per detik. Kecepatan tersebut tentu berhasil menarik animo atau minat publik. Hingga saat ini, jumlah pengguna Binance tercatat ada sebanyak 6 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan Binance sebagai platform pertukaran kripto terbesar yang ada di dunia.

Sejak penawaran koin pada awal Juli hingga sekarang, token Binance BNB telah melonjak dari sekitar 10 sen menjadi $13 dan memberikan kapitalisasi pasar sebesar $1,3 miliar. Zhao- 41 tahun- yang mengenakan hoodie hitam seperti persilangan antara Mark Zuckerberg dan Steve Jobs juga memiliki saham terbesar dalam koin tersebut.

Di masa awal ketika Zhao baru merintis bisnis di sektor kripto, ia pernah menjual rumahnya di Shanghai pada tahun 2014 untuk mendapatkan semua Bitcoin. Ia bahkan tidak memiliki aset seperti mobil, kapal pesiar, atau jam tangan mewah. Di antara jajaran miliarder kripto dunia, Zhao termasuk dalam salah satu sosok yang terjun sebagai perintis kripto.

Changpeng Zhao pernah mengumumkan kepada 33.000 pengikutnya di Twitter bahwa Binance sedang merekrut pengembang dan staf dukungan pelanggan di Taiwan. Zhao mengatakan dia berencana untuk menggandakan ukuran tim yang ada menjadi 300 dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

Kisah mengenai Changpeng Zhao yang sukses dalam dunia crypto seperti di atas akan sangat membantu, terutama bagi Anda yang baru mengenal tentang seluk beluk dunia mata uang digital, cryptocurrency. Dari CEO Binance, Anda bisa mengambil beberapa pelajaran penting dalam meraih kesuksesan dalam bidang crypto.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments