Menjawab Coin Shiba Inu adalah …

Apa itu Shiba inu adalah

Share :

Kanalcoin.com – Bagi investor profesional atau investor yang baru mengenal dunia blockchain, Anda pasti pernah mendengar bahwa Shiba Inu (SHIB) adalah salah satu jenis mata uang kripto.

Shiba Inu (SHIB) adalah token yang dikenal dengan nama SHIB. Shiba Inu (SHIB) adalah token yang tergolong baru diluncurkan ke pasaran sebagai mata uang kripto. Meskipun demikian, Shiba Inu (SHIB) adalah magnet baru yang berhasil menarik perhatian dari CEO Tesla Inc., Elon Musk, sehingga nilai pasarannya kian meroket.

Maka dari itu, penting bagi Anda, terutama yang baru mencoba  berkecimpung dalam dunia blockchain, untuk mengenal mata uang Shiba Inu atau SHIB token lebih jauh.

Apa Itu Mata Uang Kripto Shiba Inu?

Shiba Inu (SHIB) adalah mata uang kripto yang pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2020 oleh seorang anonim yang kemudian dikenal dengan nama “Ryoshi”. Nama Shiba Inu sendiri diambil dari nama salah satu jenis anjing.

Saat ini, mata uang kripto yang diperjual belikan dengan kode nama SHIB ini digadang telah menjadi pesaing dari Dogecoin atau DOGE. Bahkan saat ini nilainya sudah hampir menyalip DOGE. Maka dari itu, aset kripto ini mendapat julukan sebagai Doge killer.

Pada awal kemunculannya, koin Shiba Inu (SHIB) hampir tidak memiliki nilai. Bahkan di masa awal kemunculannya, koin ini dianggap sebagai koin lelucon atau koin meme yang tidak bernilai dan belum bisa digunakan.

Namun setelah masuk ke dalam platform perdagangan cryptocurrency seperti Binance dan OKEx, nilai jualnya mulai melonjak. Lonjakan itu juga tidak lepas dari kontribusi para trader asal China yang mulai memburu Shiba Inu melalui Huobi, sebuah platform perdagangan aset kripto asal China.

Shiba Inu (SHIB) adalah proyek yang tergolong unik karena dijalankan oleh komunitasnya sendiri dengan sistem desentralisasi. Sistem desentralisasi yang diterapkan oleh komunitas Shiba Inu ini merupakan sistem yang tidak memiliki kendali yang bersifat terpusat dari otoritas tertentu. Maka, tidak ada pimpinan atau tim terpusat dalam gerak komunitasnya.

Dengan kata lain, independensi Shiba Inu (SHIB) adalah hal yang tidak bisa ditekan oleh pihak manapun, termasuk otoritas pemerintah. Untuk menjalankan sistem desentralisasinya, Shiba Inu (SHIB) memiliki platform pertukaran sendiri, yaitu ShibaSwap.

Di masa awal peluncuran token ini, Ryoshi, pemilik Shiba Inu (SHIB), mengirimkan sebanyak lima puluh persen dari seluruh pasokan koin Shiba Inu kepada pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Jumlah tersebut kemudian dibakar (burning) oleh Buterin pada beberapa waktu lalu. Sementara itu, sisa lima puluh persen dari stok SHIB telah dikunci dalam Uniswap (sebuah platform keuangan terdesentralisasi) sebagai likuiditas.

Nilai Harga Mata Uang Kripto Shiba Inu

Harga Shiba Inu (SHIB) adalah 0 USD pada awal kemunculan, alias tidak bernilai sama sekali. Namun, seiring perkembangannya di pasaran, harganya mulai melonjak pesat bahkan hampir mengalahkan nilai DOGE.

Per Oktober 2021, nilai harga SHIB dalam rupiah berfluktuasi antara Rp0,3083 IDR ke Rp0,469 dengan volume perdagangan sebesar Rp248.201.476.377.680 IDR dalam 24 jam. Nilai ini terhitung turun sebesar 1,36 persen dalam 24 jam terakhir dan berada pada peringkat ke-16 dalam situs CoinMarketCap.

Cara Beli Shiba Inu (SHIB)

Cara membeli Shiba Inu (SHIB) adalah dengan mengakses platform-platform pasar kripto (crypto exchange) seperti  Binance, Tokocrypto, Indodax, Huobi, Coinbase, Uniswap, OKEx, dan masih banyak lagi.

Cara membeli Shiba Inu (SHIB) di platform pasar kripto (crypto exchange) secara umum dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut, yakni:

  1. Memilih dan mendaftar (membuat akun) pada platform pasar kripto tempat Anda akan membeli SHIB secara online
  2. Melakukan deposit awal (jumlah minimum deposit menyesuaikan kebijakan masing-masing platform)
  3. Melakukan transaksi pembelian SHIB

Setiap platform pasar kripto biasanya menyediakan dompet kripto (online wallet) sebagai wadah penyimpanan. Koin kripto yang Anda beli akan tersimpan dalam dompet online tersebut.

Demikian beberapa informasi seputar Shiba Inu yang dapat kami himpun untuk Anda. Lantas, apakah Shiba Inu (SHIB) adalah jenis aset kripto yang cocok untuk Anda coba?

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments