Protes ‘Bitcoin Fixes This’ Muncul Lagi, Kali ini Giliran Bank of England dan Parlemen Inggris Jadi Sasaran

Bank Of England

Share :

Kanalcoin.com – Pada Senin (3/5/2021), dilaporkan bahwa seorang pengguna kripto tengah melakukan perlawanan terhadap kebijakan moneter yang diterapkan oleh Bank of England (BoE) baru-baru ini. Kemarahan dan rasa frustasinya diluapkan dengan cara memproyeksikan slogan terkenal “Bitcoin Fixes This” di beberapa tempat dengan menggunakan proyektor laser, salah satunya di dinding luar BoE.

Seorang pengguna Twitter, Dominic Frisby, membagikan momen protes tersebut kepada publik melalui cuitannya. Diantara beberapa gambar yang dipublikasikan, tempat lain yang juga mendapatkan protes Bitcoin Fixes This” adalah Parlemen Inggris dan area di bawah Big Ben.

Selain itu, bagian depan bank sentral yang dikelilingi oleh kotak merah dengan karakter dan foto artis telah diubah menjadi token nonfungible.

Dilansir dari Cointelegraph, sejauh ini motif orang tak dikenal yang memilih untuk memproyeksikan pesan tersebut masih belum diketahui dengan jelas. Publik menduga bahwa ini merupakan salah satu bentuk protes terhadap aksi BoE yang baru-baru ini mengunggah lowongan pekerjaan di situs resmi mereka.

Di antara ketujuh lowongan yang dicantumkan, semua posisi yang dibutuhkan berkaitan dengan pengelolaan mata uang digital bank sentral atau CBDC.

Talent yang dicari BoE, antara lain analis proyek, arsitek solusi, analis teknologi, manajer senior, dan arsitek perusahaan senior, serta analis kebijakan CBDC senior. Hal ini menunjukkan keseriusan rencana BoE untuk mengembangkan dan meluncurkan CBDC.

Sebelumnya, pada 19 April 2021 silam, Cointelegraph mengabarkan bahwa BoE telah membentuk satuan gugus tugas untuk pengembangan CBDC di pasar Inggris, bekerja sama dengan Bank Sentral Inggris Raya dan Parlemen Inggris.

Deputi Gubernur Bank of England, Sir Jon Cunliffe, dan Direktur Jenderal Jasa Keuangan di HM Treasury, Katharine Braddick, akan memimpin aktivitas pemantauan perkembangan CBDC di kancah internasional dan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pengoperasian CBDC di Inggris Raya.

Sementara itu, pihak parlemen Inggris akan berfokus pada regulasi stablecoin untuk mencegah monopoli di pasar karena terbatasnya jumlah peserta yang menawarkan layanan transaksi mata uang kripto yang dipatok dengan fiat.

Menurut laporan Reuters yang dilansir Kanalcoin.com via Cointelegraph, pasar keuangan Inggris juga akan berfokus pada teknologi distribusi keuangan yang dilakukan oleh firma.

Selama konferensi industri keuangan, Sunak, selaku Konselor Keuangan Inggris menjabarkan bahwa kedepannya pemerintah berencana untuk membangun wadah (sandbox) teknologi keuangan untuk startup blockchain.

Slogan “Bitcoin Fixes This” yang muncul di Inggris ini bukan yang pertama kalinya. Protes serupa juga pernah terjadi sebelumnya di Amerika Serikat sekitar Juni 2020. Usai melancarkan protes terhadap pembunuhan George Floyd, publik juga melakukan protes terhadap sistem cryptocurrency yang ada.

Orang-orang menggunakan meme “Bitcoin Fixes This” untuk menyuarakan bahwa sistem moneter struktural yang sudah ada merupakan inti dari permasalahan cryptocurrency saat itu dan justru menciptakan ketidaksetaraan. Sebagai bentuk tindak lanjut, publik kemudian meminta pemerintah agar membangun sistem yang lebih baik untuk mengembangkan cryptocurrency.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments