Pilih Netral soal Bitcoin, Bill Gates Sebut Lebih Baik Crypto Tidak Ada

Bill Gates Pilih Netral soal Bitcoin

Share :

Kanalcoin.com –  Pendiri Microsoft, Bill Gates, baru-baru ini menyampaikan pandangannya mengenai bitcoin. Gates mengaku kalau dirinya saat ini memiliki pandangan yang netral soal bitcoin. Akan tetapi, Gates sempat menyampaikan kalau teknologi mata uang kripto akan lebih baik jika tidak ada.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC yang dikutip Kanalcoin.com dari News.Bitcoin.com, pendiri Microsoft, Bill Gates, menyampaikan pendapatnya tentang bitcoin. Wawancara tersebut membahas mengenai hubungan antara penambangan bitcoin dengan perubahan iklim.

Ketika memberikan jawaban, Gates mengaku kalau dirinya saat ini tidak memiliki investasi berupa bitcoin. Sehingga, dirinya memilih untuk netral dalam memandang bitcoin yang saat ini tengah populer.

Gates juga mengatakan kalau dirinya belum mengetahui metode apa yang bisa digunakan untuk memprediksi nilai bitcoin di masa depan. Menurut Gates, nilai bitcoin hanya naik dan turun berdasarkan antusiasme masyarakat.

“Saya tidak memiliki bitcoin. Saya bukan pendukung bitcoin. Jadi, saya mengambil pandangan netral soal ini,” ucap Gates.

“Bitcoin bisa naik dan turun hanya berdasarkan mania atau apa pun pandangannya, dan saya tidak memiliki cara untuk memprediksi bagaimana perkembangan ke depannya,” lanjutnya.

Pendiri Microsoft tersebut juga mengaku kalau konsep bitcoin telah diterapkan pada yayasan yang dia kelola saat ini, Gates Foundation. Hanya saja, yayasan miliknya tidak memiliki potensi untuk melakukan penghindaran pajak dan aktivitas ilegal seperti bitcoin.

“Saya pikir memindahkan uang ke bentuk yang lebih digital dan menurunkan biaya transaksi, itu adalah sesuatu yang dilakukan Gates Foundation di negara berkembang,” kata Gates.

“Namun di sana, kami melakukannya sehingga Anda dapat membalikkan transaksi sehingga kami memiliki visibilitas total tentang siapa yang melakukan apa. Ini bukan tentang penghindaran pajak atau aktivitas ilegal,” tutur Gates melanjutkan.

Gates memang sejak lama dikenal sebagai orang yang tidak mendukung keberadaan bitcoin. Menurut Gates, tumbuhnya bitcoin merupakan hal yang tidak masuk akal. Hal itu dikarenakan investasi bitcoin tidak memproduksi apa pun layaknya saham.

“Sebagai kelas aset, Anda tidak menghasilkan apa-apa, sehingga Anda tidak mungkin mengharapkannya untuk naik. Ini semacam jenis investasi yang murni disebut teori pembodohan dalam skala besar,” ucap Gates saat itu.

“Saya akan mempersingkatnya jika ada cara mudah untuk melakukannya,” ujar Gates lagi.

Bahkan, dalam wawancara lain pada Kamis (18/2/2021) waktu setempat, Gates menyebut kalau teknologi cryptocurrency akan lebih baik jika tidak berada di dunia ini. Hal itu dikarenakan cryptocurrency digunakan untuk sarana melakukan aktivitas kriminal tertentu.

“Cara kerja cryptocurrency saat ini memungkinkan adanya aktivitas kriminal tertentu. Akan bagus untuk menyingkirkan itu,” tutur Gates.

Meskipun Gates berpendapat demikian soal bitcoin, Microsoft dikabarkan telah diberikan paten untuk sistem mata uang kripto yang menggunakan data aktivitas tubuh. Sistem tersebut memanfaatkan aktivitas manusia, seperti gelombang otak dan panas tubuh.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments