Perkuat Pengaruh di Industri Kripto, Mastercard Ciptakan Inovasi Baru

Master Card Ciptakan Inovasi Baru

Share :

Kanalcoin.com – Perusahaan raksasa keuangan dunia, Mastercard, dikabarkan akan ciptakan inovasi baru dalam pelayanan yang diberikan di bidang cryptocurrency. Inovasi tersebut dilakukan tentu untuk semakin memperkuat pengaruh mereka di industri cryptocurrency.

Pada Selasa (20/7/2021) waktu setempat, Mastercard mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan rencana untuk meningkatkan program kartu mereka menjadi dompet dan pertukaran mata uang kripto. Inovasi ini nantinya juga memberikan peluang bagi nasabah untuk lebih mudah mengonversi mata uang kripto menjadi mata uang fiat.

Dalam sebuah pernyataan resmi Mastercard yang dikutip Kanalcoin.com dari News.Bitcoin.com, perusahaan menyampaikan kalau mereka akan menguji inovasi tersebut dengan mitranya untuk memberikan pelayanan lebih kepada nasabah mereka.

“Mastercard dan mitranya akan menguji kemampuan baru ini untuk memungkinkan lebih banyak bank dan perusahaan kripto menawarkan opsi kartu kepada orang-orang yang ingin membelanjakan aset digital mereka di mana pun Mastercard diterima,” bunyi pernyataan resmi perusahaan.

Untuk melakukan inovasi tersebut, Mastercard menggandeng sejumlah mitra untuk mengurusi tiap bidang yang akan mereka kembangkan.

Evolve Bank & Trust dan Metropolitan Commercial Bank ditunjuk untuk menjadi pihak yang mengeluarkan kartu, sementara Uphold dan Bitpay akan mengurusi bagian teknologi dompet kripto real-time.

Selain itu, Mastercard juga menggandeng I2c Inc., Apto Payments, dan Galileo Financial Technologies untuk mendukung pemrosesan dan manajemen program. Di sektor yang cukup penting dalam proyek ini, yakni konversi kripto ke fiat, ada perusahaan Paxos dan Circle yang akan memfasilitasi teknologi tersebut melalui stablecoin.

Masih menurut laporan News.Bitcoin.com, pihak Circle menyebut kalau inovasi yang dilakukan oleh Mastercard ini akan menguji USDC sebagai sarana bagi penerbit kartu untuk maksimalisasi pembayaran menggunakan Mastercard.

“Proses kerja sama ini akan diuuji menggunakan USDC sebagai sarana bagi penerbit kartu untuk lebih mudah menyelesaikan pembayaran ke Mastercard,” bunyi pernyataan dari Circle.

Wakil Presiden Eksekutif Aset Digital dan Produk & Kemitraan Blockchain Mastercard, Raj Dhamodharan, menyampaikan kalau pihaknya membuat segalanya menjadi lebih mudah. Pasalnya, sampai saat ini belum ada perusahaan kripto mana pun yang memiliki infrastruktur dasar untuk mengubah mata uang kripto menjadi mata uang fiat.

“Saat ini tidak semua perusahaan crypto memiliki infrastruktur dasar untuk mengubah cryptocurrency menjadi mata uang fiat tradisional, dan kami membuatnya lebih mudah,” kata Dhamodharan.

Selain itu, Dhamodharan mengatakan kalau inovasi yang dilakukan Mastercard ini akan semakin membuat proses pertukaran mata uang kripto lebih sederhana. Bahkan, dengan teknologi yang sedang dikembangkan Mastercard ini akan memberikan pilihan lebih banyak kepada konsumen soal pembayaran menggunakan cyrptocurrency.

“Membuat prosesnya lebih sederhana akan memungkinkan lebih banyak bank dan mitra crypto kesempatan untuk menawarkan konsumen mereka pilihan untuk membayar dengan cryptocurrency,” lanjut Dhamodharan.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments