Microstrategy Siapkan $ 400 Juta untuk Perbanyak Investasi Bitcoin

Microstrategy Inc investasi Bitcoin

Share :

Kanalcoin.com – Perusahaan intelijen bisnis dan perangkat lunak seluler, Microstrategy Inc., dikabarkan menyiapkan dana sebesar $ 400 juta untuk memperbanyak investasi mereka di sektor bitcoin. Sebelumnya, Microstrategy juga sudah memiliki investasi di bidang bitcoin.

Microstrategy Inc sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang intelijen bisnis dan perangkat lunak seluler. Saham Microstrategy juga sudah terdaftar di bursa saham elektronik dunia, Nasdaq. Menurut bitcointreasuries.org, Microstrategy merupakan perusahaan publik dengan cadangan bitcoin terbesar di dunia.

Microstrategy sampai saat ini sudah memiliki cadangan bitcoin sebesar 40.824 bitcoin (BTC). Jumlah bitcoin tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi, yakni setara dengan $ 776 juta atau sekitar Rp 10,98 triliun. Nilai tersebut disesuaikan dengan nilai bitcoin yang saat ini mencapai $ 19 ribu tiap koinnya.

Microstrategy terakhir kali membeli sejumlah Bitcoin pada 4 Desember lalu. Perusahaan teknologi itu membeli 2.574 BTC dengan harga $ 50 juta atau sekitar Rp 707,65 miliar.

Sebelumnya, Microstrategy juga telah membeli bitcoin pada Agustus dan September. Selama dua bulan itu, perusahaan Microstrategy telah membeli bitcoin dengan nilai mencapai $ 425 juta atau sekitar Rp 6,02 triliun.

Kali ini, Microstrategy telah menyiapkan dana baru sekitar $ 400 juta yang didapatkan dari penjualan convertible note mereka kepada para investor. Dana sebesar $ 400 juta tersebut diperkirakan akan menambahkan 21.000 BTC ke dalam portofolio milik Microstrategy.

Berdasarkan pernyataan resmi Microstrategy, perusahaan masih menunggu identifikasi kebutuhan modal kerja dan tujuan umum perusahaan lainnya untuk melakukan investasi tersebut. Kendati demikian, rencana investasi ini sudah sesuai dengan kebijakan cadangan perbendaharaan.

“Microstrategy bermaksud untuk menginvestasikan hasil bersih dari penjualan convertible note dalam bentuk bitcoin sesuai dengan kebijakan cadangan perbendaharaan menunggu identifikasi kebutuhan modal kerja dan tujuan umum perusahaan lainnya,” bunyi pernyataan Microstrategy, dikutip Kanalcoin.com dari News.Bitcoin.com.

Convertible note sendiri merupakan hutang jangka pendek yang diubah menjadi ekuitas atau uang tunai. Convertible note ini nantinya akan dijual kepada investor institusional. Akan tetapi, tidak semua institusi bisa membeli convertible note tersebut. Hanya beberapa institusi yang memenuhi syarat yang bisa membeli convertible note ini.

Convertible note yang dijual oleh Microstrategy ini akan jatuh tempo pada 15 Desember 2025 mendatang. Microstrategy akan membayarkan bunga dari convertible note milik mereka ini selama dua kali dalam satu tahun.

Sebenarnya, nilai saham Microstrategy ikut naik lantaran harga bitcoin yang naik. Pasalnya, pada Senin (7/12/2020) lalu, harga saham Microstrategy menjadi $ 336,21 per lembar. Nilai ini bertambah 2,51% dari harga sebelumnya.

Bahkan, harga Senin lalu naik dua kali lipat dari harga pada awal November yang hanya mencapai titik harga $ 184 per lembar. Selama setahun terakhir, nilai saham tertinggi dari Microstrategy telah mencapai $ 358 dan nilai terendah mencapai $ 90.

(*)

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments