Menjawab Apa Itu Pump and Dump dalam Trading

Apa itu Pump and Dump

Share :

Kanalcoin.com – Sangat penting memahami tentang apa itu Pump and Dump kalau kamu bergelut dalam bisnis trading Bitcoin atau altcoin. Apalagi jika kamu baru memulai merintis sebagai trader berskala kecil. Bukan hanya pengertian, tetapi juga cara kerja Pump and Dump dan perbedaannya dengan transaksi jual beli koin biasa.

Pump and Dump bukan bagian dari kode dasar Bitcoin. Pump and Dump merupakan “permainan” atau skenario yang direkayasa oleh para trader. Skenario ini tentu saja dibuat untuk mendapat keuntungan terutama dari trader skala kecil yang “panik” terhadap kondisi pasar.

Apa yang dimaksud dengan Pump and Dump? Baca uraian dari kami berikut ini.

Apa Arti Pump and Dump?

Istilah Pump diartikan sebagai “memompa” atau “memaksa”. Yang dimaksud di sini ada memompa atau memaksa harga koin dengan cara melakukan penimbunan sehingga koin mencapai harga tinggi.

Aktivitas Pump terjadi akibat ulah para trader yang bermasalah besar. Mereka membeli banyak koin. Minimnya jumlah koin yang ditawarkan di pasar akan otomatis membuat harganya meningkat.

Kondisi ini akan berpengaruh pada kemunculan aktivitas Dump. Koin yang tengah naik biasanya menarik minat para trader kecil untuk ikut membeli. Ketika mulai banyak permintaan terhadap koin tersebut, trader besar yang telah menimbun akan melakukan Dump.

Istilah Dump dalam trading diartikan sebagai “membuang”, yaitu melepaskan koin yang telah ditimbun di bawah harga tertinggi  sehingga harga di pasaran menurun.

Cara Kerja Pump and Dump

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pump and Dump adalah taktik para trader berminat besar untuk mendapatkan keuntungan cepat dari para trader kecil yang “panik”.

Peristiwa ini tidak terjadi secara benar-benar otomatis sebagai efek akumulasi transaksi penawaran dan permintaan koin di pasar. Ada permainan rekayasa para trader untuk menciptakan situasi panik yang dimaksud.

Ini dimulai dengan seorang trader atau beserta kelompoknya melakukan pembelian dan penimbunan koin kripto. Biasanya koin yang dipilih adalah koin yang tidak terkenal. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan jumlah penimbunan yang cukup karena mereka membeli koin yang berharga murah.

Memahami pentingnya penimbunan adalah kunci pertama dalam mengenal apa itu Pump and Dump. Penimbunan tersebut dilakukan secara perlahan dan bertahap. Mereka tidak langsung membeli dalam jumlah besar. Maka jangan heran jika ini bisa menghabiskan waktu selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Semuanya dilakukan agar penimbunan tidak menarik perhatian trader lain. Pump and Dump adalah sebuah strategi yang memang membutuhkan ketelatenan. Salah langkah sedikit, usaha penimbunan bisa tercium trader lain dan akan merusak langkah berikutnya.

Setelah melakukan penimbunan mereka akan menciptakan isu di kolom chat para trader dan mengatakan bahwa harga koin X akan naik. Taktik ini biasanya berhasil mengambil perhatian para trader pemula dengan modal kecil. Pembangunan isu ini sangat penting dalam

Situasi di pasar akan sedikit mengalami kelangkaan sehingga para trader akan tercapai bahwa harga koin tersebut memang benar-benar melambung. Situasi ini kemudian menciptakan panic buying.

Ini adalah momen di mana taktik penimbunan yang dilakukan berhasil menciptakan situasi yang diinginkan. Inilah momen terjadinya Pump. Para penimbunan akan mematok harga sangat tinggi. Harga koin yang dibeli bisa naik pada angka 2 kali lipat. Para trader kecil pasti akan kelimbungannya dan termakan situasi pasar tersebut.

Skenario ini belum berhenti. Mereka yang telah menimbun koin tersebut lalu akan melepas koin timbunan secara pelahan-lahan di bawah harga tertinggi sehingga para pembeli pasti akan mengambil koin dari mereka. Para trader kecil tentu tidak bisa mengikuti standar harga tersebut karena mereka tidak akan mendapat untung penjualan.

Di momen inilah Dump dilaksanakan. Di puncak skenario terakhir inilah kamu bisa memahami apa itu Pump and Dump secara menyeluruh. Proses Dump merupakan tahap pemutarbalikan situasi harga pasar.

Ketika harga pasar menjadi kacau, para trader akan menjual sisa koin mereka. Penawaran terhadap koin kemudian akan menurunkan harga koin di pasaran. Mereka tentu menjual koin dalam skala besar dan penurunan harga ini akan tetap memberi mereka untung 2 kali lipat dari modal awal.

Karena harga koin turun para penjual berskala kecil akan terserang panic selling. Mereka pun “membuang” koin dengan harga rendah yang semakin menurunkan harga koin di pasar. Mereka akan mengalami kerugian karena perubahan harga pasar yang begitu cepat dan drastis.

Kerugian semacam itu tidak akan dialami para trader besar sebab mereka berdagang dalam skala besar dan mereka telah menguasai waktu atau momen penjualan.

Proses pemimpin harga hingga pembalikan harga pasar ini sebenarnya terjadi dalam hitungan menit. Jadi proses yang memakan waktu adalah pengumpulan koin saat akan dihimpun.

Pengungkapan tentang apa itu Pump and Dump ramai dibicarakan ketika dua orang pengamat kripto asal Imperial College London melakukan analisis terhadap transaksi penipuan uang kripto. Riset tersebut dilakukan pada 2018. Penelitian tersebut melabeli strategi Pump and Dump sebagai aktivitas kotor.

Untuk kamu yang pemula dalam bisnis ini, mengetahui apa arti Pump and Dump berguna agar kamu tidak terjebak dalam rekayasa pasar yang diciptakan oleh para trader besar. Dan jika kamu telah memahaminya tidak salah pula jika kamu mencoba ikut bermain ketika terjadi lonjakan harga. Kalau kamu menjual di waktu yang tepat, kamu bisa mendapat keuntungan ganda.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments