Melalui Video Game, Pengguna Secara Tidak Sadar Diajarkan Ekonomi Crypto

ekonomi crypto

Share :

Cukup banyak yang mempertanyakan ‘apakah video game secara tidak sadar mengajarkan para pengguna ekonomi Crypto?’. Sebab memang premis yang mendasari banyak video game sebenarnya bisa memberi orang pemahaman inti tentang ekonomi, terutama di dalam ruang Crypto.

Salah seorang Crypto YouTuber sekaligus programmer on Tech yaitu Ivan, mengatakan bahwa dirinya banyak memainkan RuneScape yang mana merupakan gim fantasi abad pertengahan di mana pemain berinteraksi dengan pemain langsung lainnya, menyelesaikan perjalanan, membeli, menjual, dan memperdagangkan berbagai alat dan bahan, serta bertarung.

Sehingga bagian dari RuneScape adalah memiliki ekonomi sendiri, jadi menurutnya ada banyak pengalaman yang didapatkan dari bermain game sebagai seorang anak. Ivan lun juga mengakui bahwa dirinya. Mempelajari mekanisme pasar pertamanya melalui game tersebut.

Lewat RuneScape membantu Ivan belajar membalik aset ekonomi Crypto. Hal ini dikarenakan dalam daftar RuneScape terdapat berbagai barang digital palsu yang dapat dijual dan diperdagangkan oleh para pemain. Terdapat ribuan barang, seperti emas, air, baja, anggur, dan sejumlah besar persediaan lainnya. Hanya perlu mengklik pada setiap item untuk menampilkan bagan seperti stok yang menunjukkan perjalanan harga aset dari waktu ke waktu dalam game. Beberapa item bahkan menunjukkan volatilitas yang mengingatkan pada Cryptocurrency.

YouTuber dan juga programmer itu juga mengatakan bahkan RuneScape mengajarinya tentang pump-and-dump, yang mana merupakan metode yang kurang moral dalam memompa harga aset melalui penipuan hanya untuk menjatuhkan pada pembeli yang berharap nanti menabrak harga dalam proses. Sehingga dari situ Ivan menyadari bahwa RuneScape membantunya dalam melihat aset mana yang mengalami pump-and-dump dalam Crypto. Dan dengan adanya pengakuan atau pernyataan ini dapat membantu investor dan pedagang menjauh dari/atau menavigasi perdagangan yang berpotensi berisiko.

Tidak hanya RuneScape yang menjadi satu-satunya game yang mengajarkan keakraban pasar ekonomi Crypto. Ada gim dunia virtual yang disebut Second Life yang mana mempekerjakan Linden Dollars (pemain uang daring yang disimulasikan dapat membeli dengan USD), dan  kerangka kerjanya mirip dengan ekonomi dunia nyata. Selain itu ada juga World of Warcraft yang juga memiliki ekonomi internal mirip dengan RuneScape, dimana beberapa pemain bahkan mencoba menjual barang dengan uang dunia nyata pada game tersebut.

Jadi ikatan antara video game dan ekonomi kehidupan nyata hanya meningkat seiring waktu.  Cryptocurrency dan Blockchain membuka jalan untuk mengirim mata uang dalam game ke dunia nyata untuk dijual dan diperdagangkan, serta kemampuan untuk mentransfer item antar pengguna. Pada catatan yang sama, platform realitas virtual berbasis Blockchain sedang meningkat, dimana menjual real estate digital untuk aset ekonomi Crypto seperti di Ethereum (ETH).

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments