JPMorgan Sebut Grayscale Jadi Kunci Stabilitas Harga Bitcoin Saat Ini

JPMorgan Sebut Grayscale Jadi Kunci Stabilitas Harga Bitcoin

Share :

Kanalcoin.com –  Perusahaan manajemen aset digital terbesar di dunia, Grayscale Investments, disebut-sebut menjadi pemegang kunci harga bitcoin (BTC) bisa stabil sampai saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari JPMorgan Chase.

JPMorgan melakukan penelitian yang dipimpin oleh ahli strategi keuangan bernama Nikolas Panigirtzoglou. Dalam penelitian yang dilakukan Nikolas tersebut, bitcoin diperkirakan akan kehilangan masa kejayaannya dalam jangka pendek.

Akan tetapi, Nikolas menyebut kalau ada satu syarat yang membuat bitcoin bisa saja tidak kehilangan level tertinggi mereka saat ini. Satu hal yang dimaksud adalah harga bitcoin bisa menembus angka di atas $ 40 ribu atau sekitar Rp 564 juta per tokennya.

Sebenarnya, bitcoin sempat menembus harga di atas $ 40 ribu beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi, hal tersebut hanya terjadi sebanyak dua kali dalam bulan Januari ini. Satu kali saat harga bitcoin mencapai yang tertinggi sepanjang masa, yakni $ 42 ribu (Rp 592 juta). Satu kali yang lainnya adalah terjadi pada minggu lalu.

Namun, stabilnya harga bitcoin di atas $ 40 ribu akan dipengaruhi oleh satu pihak. Menurut para ahli strategi keuangan JPMorgan, Grayscale Bitcoin Trust memegang peran penting dalam kondisi tersebut.

Hal itu dikarenakan, Grayscale Bitcoin Trust saat ini memiliki aset bitcoin sebesar $ 23 miliar (Rp 324,23 triliun) yang mereka kelola. Oleh karena itu, Grayscale memegang peranan yang sangat penting dalam stabilitas harga bitcoin saat ini.

Kendati demikian, Grayscale Bitcoin Trust harus terus menjaga konsistensi aliran bitcoin ke dalam perusahaan mereka dengan nilai sebesar $ 100 juta per harinya secara berturut-turut dalam hitungan hari dan minggu.

“Aliran ke Grayscale Bitcoin Trust kemungkinan akan perlu mempertahankan kecepatannya sebesar US $ 100 juta per hari selama beberapa hari dan minggu mendatang agar terobosan seperti itu terjadi,” tulis para ahli strategi keuangan, dikutip Kanalcoin.com dari Cointelegraph.

Sejak bitcoin menembus harga $ 20 ribu per tokennya, bitcoin mengalami kenaikan harga yang luar biasa ekstrem dalam tiga minggu. Bitcoin mampu melonjak mencapai dua kali lipat hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut memang disebut-sebut adalah Grayscale. Pengaruh Grayscale kepada naiknya harga bitcoin cukup besar sampai saat ini. Arus masuk mingguan rata-rata saja mampu menyentuh angka $ 250,7 juta pada kuartal keempat.

Angka tersebut merupakan yang paling tertinggi sepanjang masa dalam sejarah Grayscale. Padahal, sebelumnya Grayscale hanya menghasilkan arus masuk sebesar $ 217,1 juta rata-rata per minggu.

Naiknya arus masuk yang dialami Grayscale Bitcoin Trust tersebut bukan tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan Grayscale membuka kembali layanannya kepada para investor baru pada 13 Januari yang lalu.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments