Investor pemula? Mari Pahami Peluang dan Resiko Investasi Bitcoin

Peluang dan Resiko investasi bitcoin

Share :

Peminatan investor terhadap Peluang dan Resiko Investasi Bitcoin cukup tinggi tak terkecuali pasar modal Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu mata uang kripto yakni Bitcoin memang sedang naik daun dan pamornya kian melejit sejak CEO Tesla Elon Musk membeli aset digital sebanyak US$1,5.

Masa pandemi membawa dampak signifikan terhadap dunia investasi, setiap pekerja atau pebisnis akan mencari upaya agar penghasilan mereka bertambah. Bitcoin menurut CEO Indodax Oscar Darmawan merupakan suatu komoditas seperti layaknya emas nyata, hanya saja komoditas kripto seperti Bitcoin terjadi secara online melalui internet dengan sistem blockchain. Bitcoin juga semakin familiar didengar dikarenakan banyaknya permainan untuk mendapatkan bitcoin gratis. Jika kamu salah satu investor pemula silahkan simak penjelasan mengenai apa saja Peluang dan Resiko Investasi Bitcoin agar tidak salah langkah.

Aset Kripto

Nama Bitcoin akan terdengar lebih familiar dibandingkan investasi sejenisnya seperti Ethereum, Augur, Vechain, Cardano, Stellar, Tezos dan lain sebagainya. Nama-nama tersebut merupakan jenis aset investasi Cryptocurrency atau lebih dikenal Kripto. Cara kerjanya menggunakan sistem blockchain yaitu menambah blok baru dalam sistem transaksi Bitcoin, dibutuhkan software dan device super canggih seperti Application Specific Integrated Circuit (ASIC) yang mana digunakan untuk menyelesaikan algoritma proses ‘menambang’ Bitcoin.

Maksud ‘menambang’ Bitcoin

Sebelum memulai investasi kripto terutama Bitcoin, pastikan untuk memiliki device mumpuni karena semakin tinggi tingkat kecanggihan maka peluang penambang mendapatkan Bitcoin akan besar. Berikut dijelaskan dengan singkat maksud ‘menambang’ Bitcoin dan bagaimana langkah yang benar:

  • Lakukan riset untuk memperhitungkan keuntungan yang mungkin akan didapat. Memperhitungkan profitabilitas memang sangat dianjurkan, perhatikan segi pengeluaran peralatan yang kamu gunakan untuk ‘menambang’ emas seperti aliran listrik rumah harus tinggi bahkan hardware dan software berbayar yang cukup merogoh kocek dalam. Jika modal tidak mencukupi, sebaiknya mulai dari instrumen investasi yang lebih murah walaupun return tidak sebesar investasi kripto.
  • Kebutuhan perangkat Bitcoin, ada banyak ‘senjata’ yang harus dipersiapkan jika kamu tertarik dengan investasi Bitcoin. Salah satu perangkat sebagai pemenuhan kebutuhan investasi Bitcoin adalah Antminer S19 Pro dan M30 S++, perangkat tersebut terjual di beberapa e-commerce eBay dan Amazon.
  • Dompet digital, Bitcoin merupakan komoditas online maka memerlukan dompet digital untuk menaruh hasil yang didapatkan setelah proses ‘menambang’. Ada dua jenis dompet digital Bitcoin yakni cold wallet sebagai metode penyimpanan koin paling aman sedangkan hot wallet digunakan sebagai pertukaran mata uang kripto.

Selain fungsi, perbedaan antara kedua jenis dompet digital tersebut adalah penyimpanannya. Jika hot wallet hanya akan disimpan melalui internet atau perangkat lunak, sedangkan koin dalam cold wallet disimpan pada perangkat keras atau hardware. Contoh hot wallet yang paling terkenal adalah Electrum dan Miselium, kembali lagi resiko pembobolan akan lebih besar karena penyimpanan hanya mengandalkan perangkat lunak. Perangkat portable seperti Ledger Nano dan Trezor adalah contoh cold wallet, sistem keamanan akan jauh lebih baik karena dapat dijaga secara fisik.

  • Teamwork dengan penambang lain, layaknya games bila ingin mendapatkan hasil yang besar maka dibutuhkan kerjasama dengan penambang Bitcoin lainnya. Semakin banyak bertemu dengan penambang lain, maka pemecahan kasus algoritma semakin mudah terselesaikan. Jika sudah seperti itu, akan membuka nilai Bitcoin lebih besar yang nantinya akan dibagikan sesuai dengan effort masing-masing penambang selama bekerjasama.
  • Upgrade software, tidak dipungkiri jika semakin canggih perangkat yang dimiliki sebagai sarana ‘menambang’ maka keuntungan investor semakin besar.
  • Kelola investasi Bitcoin dengan baik secara berkala, kehilangan momentum adalah kesalahan terbesar dalam investasi jenis ini. Perlu diketahui bahwa Bitcoin yang tersebar di dunia hanya 21 juta dan pertahun ini sudah ditemukan 18 juta. “Siapa cepat dia dapat” memang semboyan yang layak disematkan pada investor Bitcoin.

Kenali Resiko, Atur Strategi

Setelah memahami peluang hingga cara untuk memulai investasi Bitcoin, sudah saatnya memahami resiko yang akan muncul di kemudian hari agar tidak kewalahan bahkan hilang kendali. Setiap instrumen investasi selalu memiliki resiko, yang membedakan hanyalah tingkatan resiko dan return saja. Investasi kripto Bitcoin termasuk dalam jenis investasi high-risk, berikut beberapa resiko yang akan berpeluang terjadi:

  • Pasar tak menentu dan fluktuatif, karena harga koin ini terus berubah. Perbedaan hari bahkan jam saja akan berdampak besar untuk nilai investasi yang ditanamkan oleh investor.
  • Cyber crime, momok yang satu ini tidak akan pernah habis dimakan waktu, kesempatan akan selalu ada untuk serangan cyber tak terkecuali investasi Bitcoin yang dilakukan secara
  • Tidak adanya regulasi, hal ini membuat kripto Bitcoin belum dianggap keberadaannya secara luas tak terkecuali di Indonesia.
  • Penipuan transaksi dengan Bitcoin palsu, hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan investor dalam bertransaksi Bitcoin.
  • Bergantung terhadap kecanggihan teknologi yang mumpuni seperti penggunaan device dan software

Investasi menjadi sarana terbaik dalam pengelolaan finansial seseorang, instrumen investasi selalu bernilai baik jika kita tepat dalam memilih. Investasi Bitcoin memiliki segudang peluang untuk mendapatkan imbalan tinggi, namun masih memiliki beberapa kekurangan, tidak ada yang salah jika kamu berminat ataupun terlanjur berperang dalam instrumen investasi tersebut, kunci keberhasilan investasi adalah selalu mempelajari Peluang dan Resiko Investasi Bitcoin agar peluang menemukan Bitcoinmu semakin besar!

(*)

Disclaimer : Artikel ini merupakan kerjasama kanalcoin.com dengan investbro.id, hal terkait tulisan, gambar dan keseluruhan isi dalam artikel tanggungjawab investbro.id

InvestBro.Id
Author: InvestBro.Id

InvestBro.id adalah sebuah platform literasi finansial yang berfokus pada investasi. Visi InvestBro adalah menyediakan lumbung wawasan dengan kualitas tinggi secara optimal sehingga masyarakat mudah memahami segala hal tetang investasi. Kami berharap dapat berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan dan minat masyarakat indonesia terhadap investasi sehingga kemelekan finansial masyarakat Indonesia dapat terwujud.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments