Hodl adalah Strategi Bertahan ala Kripto

Hodl adalah Strategi Bertahan ala Kripto

Share :

Kanalcoin.com – Kamu yang berkecimpung di pasar kripto tentu tahu betul kecepatan pergerakan pasar ini terjadi dalam hitungan menit bahkan detik. Wajar kalau banyak trader sering panik mendadak karena kenaikan atau anjloknya harga koin. Hodl adalah strategi yang bisa kamu ambil kala pasar mendesak dan kamu bingung menentukan langkah terbaik.

Apa Itu Hodl?

Apa itu Hodl? Dunia saham, investasi pasar modal, dan cryptocurrency adalah pasar besar yang bergerak sangat sangat cepat. Dunia seperti itu otomatis juga menuntut pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cepat.

Dalam artian, jika kamu berminat menjadi seorang trader, kamu harus belajar melakukan analisa dengan cepat. Kamu mesti belajar membaca situasi, peluang, kemungkinan prediksi apa yang akan terjadi di detik berikutnya.

Tidak ada waktu untuk istilah “pikir-pikir dulu”. Karena pada detik berikutnya, semua akan segera berubah. Kamu bisa saja kehilangan peluang untung terbesar atau lolos dari kerugian bernilai jutaan.

Hodl adalah salah strategi dalam menghadapi situasi kecepatan pasar kripto. Hodl atau seharusnya ditulis hold adalah strategi bertahan atau mempertahankan aset sementara kondisi pasar sangat tidak stabil.

Hodl merupakan istilah yang  pertama kali muncul pada Desember 2013. Kala itu harga Bitcoin naik drastis dari hanya beberapa sen dolar menjadi USD $1.100.

Namun memasuki tanggal 18 Desember 2013, harga Bitcoin turun sebesar 39%. Dari angka USD $716 menjadi USD $438. Kondisi pasar kripto tentu langsung riuh. Penurunan harga tersebut diduga karena dikeluarkannya tanggapan pemerintah China yang memberikan penolakan terhadap Bitcoin.

Sebuah akun atas nama GameKyuubi lantas memberikan respon terhadap situasi kacau tersebut. Dia mengunggah pesan dengan akunnya, “I AM HODLING”. Ia memaksudkan untuk menulis “I AM HOLDING”. Barangkali kegentingan situasi membuatnya panik dan salah ketik.

Kala itu turunnya harga Bitcoin membuat banyak trader panik dan memutuskan menjual aset mereka. Akun GameKyuubi tersebut tengah berusaha menyampaikan pesan agar orang-orang “bertahan”, tetap memegang aset mereka karena menjualnya pada saat pasar jatuh hanya akan memperkaya para pedagang.

Tak berapa lama, istilah ini menjadi menyebar. Dan jadilah kata hodl menjadi kata kunci populer dalam dunia cryptocurrency.

Istilah hodl kemudian dikaitkan dengan singkatan kalimat tertentu. Para aktivis pasar kripto mengenal kepanjangan Hodl adalah hold on for dear life. Maksud dasar dari kalimat tersebut tidak berbeda dengan pemaknaan istilah hodl sebagai hold.

Kepopuleran istilah ini membuat Quartz (salah satu penyedia mata uang kripto) mencantumkannya sebagai salah satu istilah gaul paling penting dalam aktivitas cryptocurrency. Istilah ini didefinisikan sebagai usaha bertahan tetap berinvestasi dalam bitcoin dan tidak menyerah dalam menghadapi jatuhnya harga.

Tentu tak ada yang menduga bahwa istilah hodl adalah istilah yang lahir dari peristiwa typo. Dalam perkembangan kemudian, istilah ini tidak hanya digunakan dalam pasar Bitcoin tetapi juga cryptocurrency secara umum.

Penerapan Strategi Hodl

Hodl adalah strategi yang bisa kamu pilih jika kamu mengandalkan fluktuasi investasi jangka panjang. Artinya, hodl adalah hal yang diterapkan bagi mereka yang tidak suka tergoda pada fluktuasi harga jangka pendek.

Seperti yang sempat disinggung di atas. Pasar kripto berjalan dengan sangat cepat. Para trader pemula biasanya tidak membangun investasi dengan pertimbangan modal yang matang.

Mereka mudah tergiur penawaran untung dalam transaksi jual beli koin yang berlangsung cepat. Mereka tidak punya gambaran prediksi yang jelas akan nasib koin aset mereka di masa depan. Akhirnya ketika terjadi kemerosotan harga, para trader pemula ini menjadi korban keputusan mereka sendiri.

Para penganut strategi hodl tidak mendasarkan investasi pada spekulasi jangka pendek. Mereka sadar bahwa pasar kripto bergerak dengan cepat karena itu tidak peduli apa yang terjadi sekarang, akn segera berubah.

Pikiran ini tampak sederhana tetapi pada praktiknya sangat membutuhkan kematangan dan ketenangan. Sebab tidak jarang kabar pasar menggodamu untuk menjual aset dengan iming-iming untung. Atau kenaikan harga koin tertentu membuatmu ingin ikut membeli atau menjual.

Padahal tidak menutup kemungkinan itu adalah permainan Pump and Dump saja. Atau karena satu dua hal terjadi di pasar ekonomi dunia dan membuat aset kripto bergeser.

Hodl adalah jawabannya. Kamu tidak perlu tergoda pada banyak kemungkinan dan peluang sempit yang muncul di layar pasar kriptomu. Hodl!

Pertahankan asetmu jika kamu memang tidak berminat pada jabatan fluktuasi jangka pendek.

Hodl adalah Obat FOMO dan FUD

Tahukah kamu ada dua penyakit yang paling sering dialami para trader pemula? Komunitas kripto menyebutnya dengan istilah FOMO dan FUD.

FOMO adalah penyakit takut tertinggal. Penyakit ini membuat pemain bisa melakukan pembelian tinggi untuk aset kripto yang tidak benar-benar dikenalnya. Sementara FUD adalah ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan yang menyebabkan pemain mematok harga jual rendah bagi aset mereka.

Dua penyakit ini akan bisa diatasi jika kamu menerapkan strategi hodl. Tidak perlu ketakutan bahwa kamu akan tertinggal atau rugi tanpa alasan. Pasar kripto adalah tempat orang-orang yang berani mengambil keputusan tetapi juga melakukan analisis dengan kepala jernih.

Seorang pemula yang mengetahui nilai asetnya turun akan mudah melakukan cut loss yaitu menjual seluruh aset dengan tujuan meminimalisir kerugian total. Padahal, banyak kemungkinan bisa terjadi dalam pasar kripto.

Sebagaimana pada kasus Bitcoin pada tahun 2013 tersebut. Mereka yang melakukan hodl akhirnya mendapat kemenangan karena harga Bitcoin kembali meninggi.

Belajar pada sejarah fluktuasi Bitcoin hingga hari ini, kamu tidak perlu khawatir mengalami kerugian. Bitcoin memang terus bergerak karena hal-hal di luar pasar kripto, misalnya pandemi global, juga ikut memengaruhi penurunan Bitcoin. Namun kamu boleh tenang sebab skala jangka panjang keuntungan investasi aset ini tetap berada pada angka di atas 100%.

Hodl adalah langkah yang paling aman dan masuk akal untuk FOMO, FUD, atau berbagai godaan emosi lainnya. Sebab orang-orang yang menerapkan hodl percaya bahwa cryptocurrency adalah mata uang masa depan.

Apa yang terjadi hari ini dianggap sebagai ketidakstabilan dunia dalam menerima cryptocurrency sebagai mata uang masa depan.

Untuk berhasil menerapkan strategi hodl tentu tidak sama dengan duduk diam tanpa melakukan apapun. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan selama kamu menahan aset kriptomu dan berjaga-jaga pada kesempatan terbaik yang akan datang:

  • Mempelajari hal-hal baru terkait cryptocurrency. Ini akan berguna untuk menambah data kemampuan analisismu.
  • Membaca berita terbaru berkaitan dengan pasar kripto dan pasar ekonomi global.
  • Menjaga keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kamu tengah berspekulasi untuk jangka panjang.
  • Memiliki visi jangka panjang. Ubah mindsetmu dalam terjun ke pasar kripto. Bitcoin atau altcoin adalah sistem uang baru yang digunakan untuk menggantikan sistem uang fisik. Jadi Bitcoin atau altcoin pada dasarnya bukanlah alat untuk menjadi cepat kaya. Karenanya lebih sehat untuk melakukan penyimpanan jangka panjang dibanding ikut dalam fluktuasi harga jangka pendek. Kamu bisa memiliki Bitcoin dan tunggu hingga potensi sistem uang ini mencapai tujuannya.

Dalam sejumlah keuntungan inilah aset kripto dapat menjadi alternatif investasi. Namun yang perlu kamu ingat adalah melakukan analisis terhadap kesehatan finansial sebelum memulai terjun ke pasar kripto. Dengan demikian, kamu dapat bermain dengan kondisi psikologi yang stabil dan sehat. Tidak termakan penyakit pasar yang justru bisa membawa kerugian yang tidak pernah kamu inginkan.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments