Galakkan Blockchain di Industri Musik, Utopia Genesis dan STOKR Jalin Kerja Sama

Galakkan Blockchain di Industri Musik, Utopia Genesis dan STOKR Jalin Kerja Sama

Share :

Kanalcoin.com –  Perusahaan streaming musik berbasis blockchain, Utopia Genesis Foundation, dikabarkan menjalin kerja sama dengan STOKR untuk menyediakan jasa revenue dan investasi baru kepada artis dan para pendengarnya.

Pada Minggu (13/12/2020) waktu setempat, kerja sama besar-besaran di bidang musk berbasis blockchain dilakukan oleh Utopia Genesis Foundation dengan platform penerbitan sekuritas digital, STOKR. Kerja sama dijalin oleh kedua pihak karena ingin memanaskan persaingan di industri musik berbasis blockchain yang semakin ramai.

Melalui siaran pers yang disampaikan oleh Utopia Genesis, kedua perusahaan akan menyediakan jasa untuk membantu para seniman di bidang musik mendapatkan keamanan dan hak cipta yang lebih dari karya mereka.

Selain itu, Utopia Genesis dan STOKR tidak hanya berusaha memberikan pengalaman terbaik dalam hal musik bagi pendengar, tapi juga ingin memberikan kesempatan para pendengar untuk berinvestasi di karya artis favorit mereka.

Utopia Genesis juga menyampaikan kalau artis dan pencipta lagu di platform mereka nantinya bisa memberikan token pada karya yang mereka buat untuk diluncurkan pada crowdfunding. Bukan hanya musik, artis dan pencipta lagu juga bisa memberikan token pada merchandise atau hal lainnya.

Para pendengar akan menjadi pemberi dananya sekaligus berinvestasi dalam token yang ditawarkan oleh para artis atau pencipta musik. Pendapatan yang didapat dari token itu nantinya akan dibagi kepada artis dan juga para pendengar.

CSO Utopia Genesis, Daniele Sestagalli, menyampaikan kalau kolaborasi antara kedua perusahaan memiliki visi jangka panjang untuk menyediakan platform investasi di industri musik yang memungkinkan untuk menguntungkan artis dan para penggemar.

“Artis bisa mendapatkan crowdfunding dari penggemar dibandingkan label rekaman yang memberikan penawaran curang kepada artis, sehingga artis lebih terbuka dalam apa yang mereka lakukan,” ujar Sestagalli, dilansir Kanalcoin.com dari Cointelegraph.

“Untuk sisi penggemar, mereka akhirnya dapat menjadi bagian dari musik artis favorit mereka dan semoga dalam waktu dekat mendapatkan penghasilan dari investasi mereka.”

“Dengan kemitraan ini, kami menghadirkan transparansi terbuka ke dalam industri musik dan menetapkan cara bagaimana teknologi dapat membantu menyelesaikan banyak tantangan di berbagai industri,” tutur Sestagalli melanjutkan.

Sestagalli juga menambahkan kalau layanan investasi di bidang industri musik berbasis blockchain ini sudah muali tinggi permintaannya. Pasalnya, beberapa musisi besar dunia, seperti Bob Dylan, Stevie Nicks, dan Imagine Dragons telah secara terbuka menjajaki penjualan beberapa hak katalog mereka.

Bentuk kerja sama yang dilakukan Utopia Genesis dan STOKR ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan di industri musik berbasis blockchain. Pada Oktober lalu, Audius, layanan streaming musik berbasis blockchain selainnya, juga melakukan hal yang mirip.

Audius memberikan token senilai 8 juta dolar Amerika Serikat kepada para pendengar dan artis platform tersebut. Audius berambisi untuk menyaingin Spotify di industri platform streaming musik.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments