Federal Trade Commission (FTC) AS Menutup Promotor Penipuan Investasi Bitcoin Yang Menggunakan Skema Piramida

investasi bitcoin

Bagikan artikel ini :

Atas permintaan Federal Trade Commission, sebuah pengadilan federal telah menghentikan aktivitas investasi Bitcoin yang menggunakan skema piramida. Pengadilan menyatakan bersalah pada 4 terdakwa yakni Thomas Dluca, Louis Gatto, Pinkston, Scott Chandler yang merupakan promotor dari sebuah skema penipuan dengan melibatkan mata uang kripto sebagai objek transaksinya.

Skema penipuan yang dilakukan adalah dengan memberikan janji pada peserta bisa mendapatkan keuntungan besar dengan membayarkan sejumlah crypto seperti Bitcoin atau Litecoin untuk bisa mendaftarkan diri dalam skema tersebut dan kemudian diharuskan menggaet anggota baru untuk mendapatkan pembayaran dari mereka.  Skema piramida yang di promosikan adalah Bitcoin Funding Team dan My7Network. Mereka memanfaatkan penggunaan situs website, media sosial, video YouTube dan panggilan konferensi, terdakwa menjanjikan iming-iming hadiah besar dengan melakukan pembayaran menggunakan Bitcoin serta Litecoin.

Terdakwa juga mengklaim jika Bitcoin Funding Team bisa mendapatkan pendapatan bulanan dari yang tadinya $100 menjadi $80.000. FTC menyatakan bahwa bagaimanapun struktur skema tersebut hanya bisa dipastikan bahwa yang memperoleh keuntungan besar tidaklah banyak. Sebagian besar peserta malah akan gagal dan harus menutup investasinya di awal.

FTC juga menambahkan jika Bitcoin Funding Team dan para peserta My7Network hanya akan menghasilkan pendapatan dengan cara merekrut peserta baru dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembayaran menggunakan kripto, seperti yang dilakukan sebelumnya, hal seperti itupun akan terus berlanjut.

Misalnya saja, peserta Bitcoin Funding Tema diminta untuk melakukan pembayaran Bitcoin di awal pada peserta sebelumnya dan membayar biaya kepada Bitcoin Funding Team. Dengan proses pembayaran ini artinya peserta sudah memenuhi syaratnya untuk bisa merekrut anggota baru dan mendapatkan pembayaran dari mreka. Promotor mengklaim bahwa para peserta bisa mendapatkan imbalan lebih besar jika mereka membayar tambahan bitcoin.

Tom Pahl selaku Pejabat Direktur Biro Perlindungan Konsumen FTC mengatakan “Kasus ini telah menunjukan bahwa para penipu selalu menemukan cara baru untuk bisa memasarkan skema lama, itulah sebabnya FTC akan selalu waspada terlepas dari platform serta mata uang yang digunakan.”

“Skema yang dipromosikan para terdakwa dirancang untuk memperkaya mereka yang berada di puncak dengan mengorbankan orang lain,” lanjutnya.

FTC juga menuduh bahwa terdakwa keempat yaitu Scott Chandler juga mempromosikan Bitcoin Funding Team dan skema penipuan pada Jetcoin.

Jetcoin juga mempromosikan skema rekrutmen dan juga menjanjikan tingkat pengembalian tetap pada investasi bitcoin awal mereka akibat perdagangan bitcoin. Chandler mengklaim bahwa peserta Jetcoin bisa melipatgandakan investasi mereka dalam waktu 50 hari saja. Faktanya, FTC mengatakan bahwa skema tersebut gagal menyampaikan klaim ini, dan malah menghentikan operasinya dalam kurun waktu dua bulan setelah diluncurkan.

Seperti yang diminta FTC, pengadilan juga telah mengeluarkan perintah penahanan sementara serta membekukan sejumlah aset miliki terdakwa sembari menunggu persidangan berlangsung.

Sementara itu, Federal Trade Commission merupakan lembaga yang bekerja untuk mempromosikan persaingan, melindungi dan memberikan pendidikan pada para konsumen dalam masalah perdagangan dan bisnis.

loading...
Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

Bagikan artikel ini :

Tinggalkan Komentar

Please Login to comment