Infrastruktur dan Regulasi Sudah Jelas, Bitcoin Kini Seaman Obligasi dan Emas

founder SkyBridge Capital

Share :

Kanalcoin.com –  Bitcoin kini diklaim merupakan investasi yang memiliki tingkat keamanan sama dengan obligasi dan emas. Hal tersebut disampaikan oleh founder SkyBridge Capital, Anthony Scaramucci. Keamanan bitcoin diklaim karena infrastruktur dan regulasi mengenai bitcoin kini semakin jelas.

Bitcoin semakin memantapkan diri di tengah pandemic setelah menjadi aset digital dengan nilai paling menjanjikan di pasar investasi. Bahkan, nilai bitcoin saat ini bisa menembus hampir Rp500 juta per koinnya jika dikonversikan menjadi mata uang rupiah.

Selain itu, bitcoin juga semakin diterima oleh berbagai negara dengan banyaknya regulasi yang mulai mengatur soal bitcoin di berbagai negara. Hal itu membuat banyak pemilik bitcoin merasa lebih aman dibandingkan sebelumnya.

Hal senada juga disampaikan oleh founder SkyBridge Capital, Anthony Scaramucci. Scaramucci menyebut kalau bitcoin saat ini telah menguat secara signifikan. Hal itu dikarenakan pemerintah dinilai telah mengatasi banyak risiko yang terkait dengan aset digital.

Scaramucci juga sempat menulis sebuah artikel opini di CNN dengan eksekutif SkyBridge Capital selainnya, Brett Messing. Dalam artikelnya, Scaramucci berpendapat kalau bitcoin saat ini sudah sangat cocok untuk dijadikan sebagai aset untuk investasi jangka panjang.

Bahkan, Scaramucci yakin kalau bitcoin mampu membantu para investor untuk mampu berinvestasi tanpa terpengaruh dengan inflasi. Dalam tulisannya, eks Direktur Komunikasi White House itu juga menyebut kalau bitcoin saat ini memiliki nilai risiko yang lebih kecil dibandingkan beberapa tahun lalu.

Saat itu, bitcoin memiliki nilai risiko yang tinggi dikarenakan regulasi dan infrastruktur untuk jual-beli serta menambang kripto belum memadahi. Diduga, pertumbuhan bitcoin dalam beberapa waktu terakhir membuat pemerintah dan institusi terkait akhirnya turun tangan.

Hal tersebut dilakukan pemerintah dan institusi terkait untuk mengatur dan mengatasi banyaknya risiko yang muncul pada proses perdagangan mata uang digital di negaranya. Pendapat itu disampaikan Scaramucci berdasarkan pada keputusan Kantor Pengawas Mata Uang untuk mengotorisasi bank agar menyediakan layanan mata uang kripto.

Scaramucci dan Messing juga mengklaim kalau peningkatan regulasi, peningkatan infrastruktur, dan akses ke lembaga keuangan yang menyimpan dana investor membuat bitcoin memiliki tingkat keamanan setara dengan obligasi dan emas.

“Peningkatan regulasi, peningkatan infrastruktur, dan akses ke lembaga keuangan, seperti Fidelity, yang menahan uang investor telah membuat investasi bitcoin seaman memiliki obligasi dan komoditas seperti emas, yang juga digunakan untuk menyeimbangkan portofolio,” tulis Scaramucci dan Messing, dikutip Kanalcoin.com dari Cointelegraph.

Sementara itu, SkyBridge Capital sendiri semakin memantapkan diri terjun ke dunia investasi bitcoin. Bulan lalu, SkyBridge Capital mengajukan permohonan kepada Komisi Sekuritas dan Brusa Amerika Serikat (SEC) untuk membentuk SkyBridge Bitcoin Fund LP.

SkyBridge Fund LP merupakan lembaga dana lindung nilai bitcoin. Lembaga tersebut akhirnya diluncurkan pada beberapa minggu kemudian. SkyBridge menggandeng Fidelity sebagai custodian dan Ernst & Young sebagai auditor.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments