ECB Meluncurkan Sistem Pembayaran Instan dan Mengklaim Lebih Baik Dibandingkan Blockchain

ECB

Share :

Anggota dewan eksekutif Europe Central Bank atau ECB, baru-baru ini memberikan kabar akan segera meluncurkan sistem pembayaran buatannya. Menurut ECB, orang-orang hanya mengenal sistem blockchain yang tidak terhitung jumlah, keamanan serta kecrpatan transaksi yang bisa dilakukan dimana saja. Blockchain saat ini sedang menjadi incaran orang-orang. Tidak sedikit negara yang melakukan pengkajian lebih dalam mengenai sistem berbasis data yang sudah terdesentralisasi ini.

Namun, Yves Mersch dari Luksemburg, mengatakan bahwa ia mempunyai sesuatu yang baru, khususnya yang berkaitan dengan sistem pembayaran. Mersch selaku anggota dewan eksekutif ECB mengatakan pada Bloomberg, bahwa ECB telah menyiapkan sistem pembayaran terbaru yang disebut Target Instan Payment Settelemnt atau TIPS. Sistem ini akan diluncurkan pada bulan November mendatang, yang diharapkan bisa menyaingi sistem blockchain.

Mertch juga mengatakan bahwa TIPS dibuat atas dasar perkembangan crypto. Sehingga ECB melakukan eksperimen pembuatan teknologi pembayaran berbasi digital seperti blockchain.

Bank sangat perlu menerapkan pembayaran secara instan dengan segera dan juga memberikan narasi alternative debat public yang saat ini tengah berlangsung mengenai dugaan akan inovasi yang dibawa oleh skema mata uang virtual

Target Instan Paymen Settelemnt atau TIPS akan sangat memungkinkan warga negara dan perusahaanya bisa melakukan pembayaran bank dimanapun, khususnya di kawasan Euro, dalam hitungan detik.

Saat ini masih dibutuhkan waktu sampai 1 hari kerja untuk bisa memberikan transfer uang ke seluruh Zona Euro. Sedangkan fasilitas tranfer real time sudah mereka sediakan untuk pembayaran dalam jumlah besar, namun untuk pelayanannya baru akan mereka tawarkan pada perusahaan dan juga individu kecil.

Untuk Bank Ritel mereka juga memakai sistem ini dengan harga maksimum sampai 0.20 sen/pembayarannya, setidaknya untuk waktu 2 tahun pertama. ECB juga menyatakan bahwa sistem pembayaran baru ini harus semakin meningkatkan integrasi di kawasan Euro.

Untuk pembayaran instan juga sudah tersedia di beberapa negara, diantaranya Belanda dan Spanyol. Namun, untuk sistem yang diusulkan oleh ECB, mereka akan menawarkan layanan yang sama pada 19 negara lain yang ada di zona Euro.

Sementara itu, untuk membicarakan mengenai perkembangan cryptocurrency, maka akan dilakukan pertemuan dengan para pembuat kebijakan moneter, dan menteri keuangan negara G-20. Pertemuan ini akan diadakan di Buenos Aires pada bulan Maret mendatang.

 

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments