Pakar Keuangan dan Penulis Buku Terkenal Sebut Bitcoin sebagai Investasi Berisiko Tinggi

Dave Ramsey sebut bitcoin sebagai investasi berisiko tinggi

Share :

Kanalcoin.com –  Pakar keuangan sekaligus penulis buku terkenal, Dave Ramsey, mengaku kalau dirinya tidak tertarik dengan bitcoin karena merupakan investasi berisiko tinggi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ramsey dalam acaranya sendiri.

Dave Ramsey dikenal di Amerika Serikat sebagai sosok yang ahli dalam hal manajemen keuangan. Bahkan, Ramsey menjuluki dirinya sendiri sebagai ‘America’s trusted voice on money’. Selain itu, Ramsey juga dikenal karena banyak menelurkan karya berupa buku.

Ramsey memiliki tujuh buku yang setidaknya menjadi best seller di dunia keuangan. Ketujuh buku tesebut adalah Financial Peace, More Than Enough, The Total Money Makeover, EntreLeadership, Dave Ramsey’s Complete Guide to Money, The Legacy Journey, dan Smart Money Smart Kids. Ketujuh buku tersebut telah terjual sebanyak 11 juta kopi.

Dalam acara ‘Dave Ramsey’ miliknya, Ramsey menyampaikan kalau dirinya tidak percaya soal investasi bitcoin yang bisa menghasilkan banyak uang. Hal itu terjadi setelah Ramsey memanggil seorang pria bernama Daniel untuk maju ke panggungnya.

Daniel yang berasal dari Salt Lake City mengaku kalau dirinya telah menginvestasikan $ 1.500 atau Rp 20,87 juta pada 2014 lalu ke dalam aset bitcoin. Akan tetapi, uang Daniel langsung bertambah lebih dari $ 120 ribu atau sekitar Rp 1,67 miliar.

Daniel menanyakan kepada Ramsey soal keputusan yang dia lakukan untuk berinvestasi bitcoin. Menurut Daniel, selama ini dirinya hanya membeli bitcoin dan meninggalkannya begitu saja tanpa ada pengelolaan sama sekali.

Ramsey pun segera menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Daniel. Ramsey mengaku sedikit curiga dengan perubahan jumlah uang yang didapatkan oleh Daniel dari bitcoin. Menurut Ramsey, Daniel harus segera mencairkan uang yang ada di akun bitcoin Daniel. Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ada proses di bidang keuangan yang disebut sunk cost analysis. Jika Anda tidak menguangkannya hari ini, di pagi hari, Anda akan menginvestasikan $ 100 ribu ke dalam bitcoin. Itu harusnya membuat otakmu takut,” kata Ramsey seperti dilansir Kanalcoin.com dari News.Bitcoin.com.

“Ini bukan $ 1.500, ini $ 100 ribu, setiap hari Anda meninggalkannya di sana, Anda menginvestasikan kembali ini lagi. Saat malam tiba, cairkan uang itu,” ujar Ramsey menambahkan.

Ramsey berharap kalau investasi yang dilakukan Daniel tersebut bukan investasi bodong. Selain itu, Ramsey menekankan kalau dirinya tidak suka dengan investasi berisiko tinggi, seperti bitcoin.

“Saya curiga ketika saya mendengar $ 1.500 berubah menjadi $ 100 ribu. Saya sangat curiga. Saya harap Anda tidak menemukan hal lain ketika Anda mencoba mencairkannya. Tapi, angka-angka itu aneh,” kata Ramsey.

“Jika Anda bisa mencairkannya, bahaya lainnya adalah Anda benar-benar melakukan omong kosong ini sekali dan itu akan menggoda Anda untuk melakukannya lagi.”

“Anda melakukan apa pun yang ingin Anda lakukan tetapi saya bukan penggemar investasi berisiko sangat tinggi, dan setidaknya itulah yang kami sebut bitcoin,” ucap Ramsey mengakhiri.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments