BTCPay Dukung Privasi Para Pengguna Dengan Integrasi P2EP

BTCPay integrasi P2EP

Share :

Saat ini privasi memang menjadi salah satu isu utama dalam transaksi cryptocurrency. Besarnya biaya investasi yang harus dikeluarkan untuk membeli satu Bitcoin, misalnya, menjadi alasan utama mengapa para investor bersedia untuk membayar mahal demi memperoleh perlindungan bagi data mereka.

Inilah yang membuat banyak penyedia layanan Bitcoin yang mulai menggunakan teknologi blockchain untuk mendukung bisnis mereka. Beberapa sifat blockchain yang transparan dan tidak mudah disusupi hacker menjadi alasan utama mengapa mereka beralih menggunakan teknologi tersebut. Hal ini seolah menjadi bukti eratnya hubungan blockchain dan teknologi cryptocurrency.

Salah satu bentuk dari pengaplikasian teknologi blockchain tersebut adalah sistem Pay to Endpoint, atau yang sering disingkat P2EP. Sistem ini mulai dilirik oleh sejumlah pemain dalam industri cryptocurrency, termasuk yang terbaru BTCPay Server.

Sekilas tentang BTCPay

BTCPay merupakan salah satu solusi pembayaran untuk transaksi menggunakan cryptocurrency, khususnya Bitcoin. BTCPay sendiri dibangun berdasarkan konsep open source, yaitu siapapun dapat menggunakan layanan tersebut tanpa harus membayar kepada pihak pengembang maupun pihak ketiga manapun.

Satu hal yang menjadi unggulan BTCPay adalah kemampuannya untuk langsung menghubungkan antara pembeli dan penjual, sehingga tidak lagi memerlukan campur tangan dari pihak ketiga dalam melakukan pembayaran. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para pengguna Bitcoin, terutama karena dengan adanya teknologi ini, mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan perihal keamanan data pribadi serta transaksi mereka.

Setiap transaksi Bitcoin yang dilakukan melalui sistem BTCPay akan berlangsung antara penjuan dan pembeli, dimana uang digital yang digunakan pun akan langsung diambil dari dompet pembeli dan dikirim ke dompet pengguna tanpa ada perantara sama sekali. Hal ini tentu menjamin kerahasiaan dan keamanan data para pengguna karena tidak ada pihak lain yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Kolaborasi dengan Blockstream

Rupanya BTCPay belum cukup puas dengan sistem open source yang dimilikinya. Meskipun sistem itu sendiri merupakan jaminan tersendiri bagi kerahasiaan dan keamanan data para pengguna, nyatanya BTCPay merasa masih perlu untuk mengadopsi teknologi P2EP.

Oleh karena itu, mereka pun memutuskan untuk berkolaborasi dengan Blockstream, salah satu penyedia layanan P2EP asal Kanada. Dengan teknologi tersebut, BTCPay kini mampu mengintegrasikan beberapa metode pembayaran Bitcoin sekaligus sehingga kerahasiaan data para pengguna pun bisa semakin terlindungi.

Mengingat pentingnya keamanan dan kerahasiaan data pengguna, banyak yang memprediksi bahwa nantinya akan semakin banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi ini, terutama para penyedia layanan metode pembayaran Bitcoin. Samson Mow, CSO Blockstream, bahkan meyakini bahwa teknologi yang mereka miliki nantinya akan mampu menjadi standar tersendiri dalam industri transaksi Bitcoin di seluruh dunia.

(*)

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments