BNB Dalam Down Channel, Masih Berpeluang Membentuk Koreksi dan Kembali Naik

Binance (BNB) Analysis

Share :

BNB, token asli dari pertukaran crypto Binance, kini tengah membentuk penurunan yang masih didalam pola Down Channel, dimana peluang Bullish masih bisa kita temukan dari kisaran pola ini, dimana dalam jangka panjang, crypto ini masih memegang potensi Bullish yang kuat dari sisi teknikal, maupun fundamental.

Kini, berdasarkan data dari CoinMarketCap (CMC), pada saat penulisan, BNB memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 74.385.859.202 dan volume perdagangan harian sebesar $ 3.063.304.597 yang membuat crypto ini berada dalam peringkat ke-3 secara kapitalisasi pasar. Dan jika kita bandingkan dengan tahun 2020, kapitalisasi pasar telah mengalami kenaikan yang sangat pesat seiring meningkatnya minat investor baru terhadap crypto yang bergabung melalui Binance dan juga menyukai fitur-fitur didalamnya, termasuk Binance Smart Contract (BSC).

Teknikal Grafik 4 Jam

Pada saat penulisan, BNB telah tersungkur cukup dalam dari level High $ 600, yang menjadi  titik psikologis pasar dalam pandangan Bullish saat harga mencapai ATH barunya. Ini telah membawa harga jatuh dibawah level $ 500, dan juga membawa harga dalam pola Down Channel.

Dalam pandangan teknikal saya, Bullish masih memiliki potensi untuk mendominasi dalam jangka panjang, karena selain dari sisi struktur teknikalnya yang on-rally, secara fundamental pun BNB masih akan positif karena investor masih memiliki pandangan optimis pada crypto dengan banyak dan terus memasuki pertukaran ini untuk bertransaksi, ataupun menikmati fitur utama lainnya untuk menghasilkan uang.

Berikut saya coba jabarkan dalam grafik teknikal 4 jam dibawah ini:

Gambar : BNB/USD Chart

Berdasarkan gambar diatas, harga berada dalam pola Down Channel, dimana kini terlihat mampu menuju level Higher Low, atau bergerak lebih rendah darinya, mengikuti rentang dari Down Channel untuk menemukan potensi koreksi berdasarkan sudut pandang Elliot Wave (3-Waves Correction).

Dalam pandangan saya, pada time frame ini, BNB memiliki level Support-Resistance (SR) Kunci yang cukup mumpuni untuk kita jadikan pegangan dalam memvalidasi potensi trend, yaitu di level Support $ 363, $ 411 dan Resistance $ 540.

Dalam pandangan Bullish saya, level-level Support adalah titik pantul (akhir dari koreksi) untuk membawa harga kembali menguat (on-rally), dimana breakdown pada mereka, akan memberi dampak sebaliknya bagi BNB yang patut kita antisipasi.

Teknikal Grafik Daily:

Gambar : BNB/USD Chart

Dan juga, dalam pandangan jangka menengah, token Binance ini masih terlihat cukup dalam posisi yang strategis untuk membangun kekuatannya kembali, karena dorongan rally sebelumnya telah menjadi dasar teknikal kuat untuk menjaga optimisme investor pada BNB.

Dalam pandangan analisa ini, level Support $ 363 adalah Support Kunci Utama, yang menjadi ‘Validator’ bagi potensi Bullish, dimana gejolak transaksi dan potensi False Breakout pun perlu diantisipasi karena bagaimana harga menyikapi level ini, saya lihat akan memiliki dampak kuat pada potensi trend jangka pendek dan menengah.

Dan untuk skema Bearish-nya, harga terus terjatuh kuat jika mampu mem-Breakdown Level Support Kunci Utama ini, dimana harga bisa terus turun hingga ke level psikologis $ 300 untuk kembali menemukan pijakan dan mencoba membangun momentum Bullish (sekali lagi).

Dan untuk pandangan fundamental, penurunan beberapa hari ini adalah dampak dari aksi pemerintah AS yang membuat kepanikan dikalangan investor, seperti yang mendera crypto lainnya, sehingga kita masih bisa mengharapkan pemulihan kembali, dimana dukungan minat kuat investor dalam jangka panjang pada crypto, akan membuat Binance terus bersinar, dan juga BSC-nya yang akan terus mengangkat BNB ke level yang positif dalam jangka panjang.

(*)


Artikel di submit langsung oleh Penulis untuk menerbitkan Analisa, Pandangan, Opini ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Penulis.
Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments