Ingin Bersaing dengan Layanan Peminjaman DeFi, Bitfinex Keluarkan Bitfinex Borrow

Bitfinex Borrow

Share :

Perusahaan exchange kripto yang berbasis di Kepulauan Virgin, Inggris, bernama Bitfinex mengeluarkan layanan baru. Bitfinex mengeluarkan layanan peminjaman bernama Bitfinex Borrow pada Rabu (11/11/2020) waktu setempat.

Bitfinex Borrow sendiri merupakan layanan peminjaman yang dikeluarkan oleh Bitfinex dengan menggunakan jaminan mata uang kripto. Disinyalir, layanan peminjaman dari Bitfinex ini dirilis untuk menyaingi layanan peminjaman DeFi yang selama ini ada.

Layanan peminjaman Bitfinex Borrow ini nantinya akan menggunakan platform pinjaman peer-to-peer Bitfinex. Pihak peminjam akan memberikan mata uang kripto sebagai jaminan kepada pihak pemberi pinjaman.

Mata uang kripto yang sampai saat ini diterima sebagai jaminan adalah Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH). Mata uang kripto selain Bitcoin dan Ether masih belum difasilitasi oleh Bitfinex. Selain itu, Bitcoin dan Ether yang dijadikan sebagai agunan akan ditahan lebih dulu hingga pinjaman dibayar lunas oleh peminjam.

Di sisi lain, pihak peminjam akan mendapatkan mata uang dolar Amerika Serikat atau stablecoin Tether (USDT) sebagai dana pinjaman yang mereka terima. Nantinya, pihak peminjam juga harus mengembalikan sebesar jumlah yang sudah dipinjam ditambah dengan bunga yang sudah ditentukan oleh pihak Bitfinex.

“Bitfinex Borrow adalah platform pinjaman,” ucap Paolo Ardoino, Kepala Teknologi Bitfinex, dikutip dari Cointelegraph.

“Penawaran khusus ini bukan tentang meminjamkan kripto yang Anda miliki dan mendapatkan tingkat pengembalian darinya.”

“Pinjaman kripto diperoleh melalui platform pinjaman peer-to-peer Bitfinex, meskipun mungkin terdiri dari sumber dana yang tersedia secara kredit,” ujar Ardoino menambahkan.

Ardoino juga menyampaikan bahwa dalam Bitfinex Borrow ada tiga layanan, yakni Bitfinex Funding, Pro Borrow, dan Bitfinex Borrow. Ketiga layanan tersebut merupakan layanan yang berbeda, tapi menggunakan sumber dana yang sama.

“Pendanaan Bitfinex, Pinjaman Pro, dan Pinjaman Bitfinex adalah bagian dari pasar pinjaman peer-to-peer yang sama. Ketiganya adalah produk yang berbeda, tapi menggunakan kumpulan dana yang sama,” kata Ardoino.

Sebelum Bitfinex Borrow muncul, terlebih dulu ada struktur pinjaman DeFi yang menawarkan konsep yang sama. Dalam struktur pinjaman DeFi, para peminjam akan memberikan mata uang kripto yang mereka miliki sebagai agunan.

Nantinya, para peminjam akan mendapatkan stablecoin sebagai dana pinjaman yang didapat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Stablecoin ini bisa dikonversikan menjadi mata uang yang sudah ditentukan sebelumnya.
Untuk suku bunga yang ditentukan oleh Bitfinex, para peminjam nantinya akan dikenakan pilihan suku bunga antara 5,5% hingga 18,25% per tahun. Semua itu tergantung dengan jumlah pinjaman dan lama pengembalian yang sudah disepakati.

Tingkat suku bunga akan naik sehubungan dengan periode pinjaman yang ingin ditentukan. Semakin panjang jangka pinjamannya, suku bunga akan semakin naik. Namun, Bitfinex sendiri membatasi kepada para nasabahnya untuk menyimpan dana pinjaman selama 120 hari saja.

Selain itu, nasabah Bitfinex juga akan diberikan kesempatan untuk memilih dua pilihan suku bunga, yakni suku bunga tetap atau suku bunga mengambang yang berasal dari tingkat pengembalian flash Bitfinex atau FRR.

(*)

Redaksi-Kanalcoin
Author: Redaksi-Kanalcoin

Cryptocurrency Media

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments