Bitcoin Tersungkur dari Pola Wedge dan Zona Validasi, Apakah Bearish akan Mendominasi?

Bitcoin Tersungkur dari Pola Wedge

Bagikan artikel ini :

Bitcoin (BTC) kini telah tegoyahkan dari arus Bullish 4-mingguan, dimana dari sudut pandang yang lebih luas, Bearish Mayor masih membayangi crypto utama ini disaat kekuatan fundamentalnya belum begitu bagus untuk pertumbuhan.

Secara makro, kekhawatiran jatuhnya harga BTC mulai sedikit terbukti karena beberapa investor dan trader ternama, melihat masalah adopsi dunia nyata yang belum memantapkan kepercayaan, sehingga bagi para trader yang membaca analisa ini, kami akan lebih bertitik berat pada segi psikologi pasar dalam outlook teknikal.

Kini, berdasarkan data dari Coin Market Cap (CMC), BTC memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 126.528.753.798 dan volume perdagangan harian sebesar $ 37.434.016.534 yang masih menempatkannya sebagai cryptocurrency nomor satu. Namun dibandingkan kemarin, kapitalisasi pasar telah mengalami penurunan, namun volume harian meningkat, yang menandakan kalau aksi jual baru-baru ini telah ditunggangi animo yang patut diamati.

Teknikal Jangka Pendek

Pada saat penulisan, Bitcoin telah tertekan cukup kuat dan diperdagangkan dalam struktur harga Bears di level $ 6.860, setelah tersungkur dari pola Wedge dan Zona Validasi Hijau.

Secara struktur, kami melihat adanya peluang untuk bergerak lebih rendah karena kedua pemetaan ini sudah ter-breakout sehingga dari sudut pandang kami, harga butuh lebih dari sekedar minat beli untuk melawan penurunan ini (butuh dukungan fundamental).

Berikut kami coba jabarkan dalam grafik teknikal 2 jam dibawah ini:

image source : investing.com

Berdasarkan gambar diatas, seperti yang dijabarkan sebelumnya, pola Wedge (Garis Merah) telah memberi sinyal posisi penting pasca tertembusnya Garis Merah bawah.

Menurut pandangan umum sebuah Wedge, ini melambangkan sinyal Bearish yang lebih baik, meski kita tetap perlu mewaspadai upaya retest terhadap Zona Validasi jika Seller kehilangan kendalinya hari ini.

Zona Validasi adalah dasar utama analisa kami, sehingga dengan keadaan saat ini, Bearish kami rasa lebih patut untuk diantisipasi dengan tetap mewaspadai upaya-upaya pullback ataupun koreksi kecil.

Teknikal Jangka Panjang

Disisi lain, dalam pandangan jangka panjangnya, Bitcoin saat ini tengah berada dalam 5 candle Bullish Weekly berturut-turut yang dipercaya oleh beberapa analis dan trade terkemuka sebagai sebuah sinyal kelanjutan untuk candle Bullish yang ke-6.

Nah, untuk memastikan itu, kami memetakan adanya Garis Validasi Biru di $ 7.295, sehingga bagaimana penutupan candle Weekly di minggu ini, apakah diatas ataupun dibawah Garis Validasi, akan mencerminkan suatu sinyal trend yang patut diantisipasi.

Berikut kami coba jabarkan dalam grafik teknikal Weekly dibawah ini:

image source : investing.com

Dalam pandangan makro, memang Garis Validasi Biru masih memegang potensi untuk di Breakout keatas jika kita berpatok pada kelima candle Bullish Weekly. Namun pembaca jangan sampai lupa, bagaimana aksi harga dalam skema jangka pendek, untuk saat ini masih mendukung narasi Bearish Minor, sehingga peluang untuk mem-break Garis Validasi hanya bisa diharapkan dari mampu tidaknya harga untuk membentuk sinyal-sinyal penguatan diatas level Support Psikis, $ 6.650.


Artikel ini Disubmit oleh member Kanalcoin, untuk menerbitkan pandangan terkait analisis, opini, ataupun teknikal trading dari penulis. Tulisan yang dipublish merupakan tanggungjawab penulis. Lihat Disclaimer
Kanalcoin tidak pernah mendorong Anda untuk mengajak, merekomendasikan, menyarankan untuk mengambil tindakan membeli, menjual ataupun menahan aktivitas perdagangan yang Anda lakukan. Setiap informasi yang diterbitkan Kanalcoin adalah dengan tujuan untuk memperkaya informasi namun jangan dianggap sebagai saran investasi. Setiap keputusan investasi adalah Tindakan Independen yang diambil oleh setiap investor.

Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

Tinggalkan Komentar

Please Login to comment