Bitcoin Harus Bertahan diatas $9.500 Agar Tetap dalam Skema Bullish

bitcoin

Bagikan artikel ini :

Bitcoin (BTC) belum berada dalam ‘nasib’ yang baik beberapa hari ini. Setelah membentuk level Higher lokal di $ 10.300 pada pertengahan pekan ini, harga crypto pertama didunia ini telah jatuh cukup stabil.

Aset Digital tersebut merosot dari level $ 10.300 ke level $ 9.250 – dimana itu lebih dari 10% – dalam beberapa jam saja, melikuidasi posisi Long maupun Short senilai $ 100 juta pada BitMEX dalam proses tersebut, menangkap para pedagang dalam perebutan Short untuk menyikapi sinyal jatuhnya harga.

Terlepas dari kenyataan bahwa langkah ini sangat Bearish, setelah jatuh di bawah $ 9.300, Bitcoin mampu bangkit kembali, bertahan di atas $ 9.500 pada sejumlah penutupan candle jangka pendek dan untuk penutupan candle Daily.

Fakta bahwa Bitcoin saat ini bertahan diatas $ 9.500, itu akan menjadi sebuah pertanda bahwa Bullish masih memegang kendali jika terus dapat dipertahankan hingga penutupan mingguan.

Analis TradingView, CryptoBullet, dalam analisa yang dipublikasikan Kamis kemarin, menjelaskan pentingnya level $ 9.500 ini. Ia menyebut level itu sebagai “Support Utama.” Mengenai mengapa hal ini terjadi, ia menunjuk pada beberapa faktor:

  • Wilayah sekitar $ 9.500 telah menjadi level horizontal “kuat” untuk Bitcoin yang sering bertindak sebagai titik pembalikan untuk Bears maupun Bulls bergantung dari sisi mana harga akan mencoba mendekati level ini.
  • Level ini adalah tingkat Retracement Fibonacci 0,5 saat penurunan dari $ 14.000 menjadi $ 6.400. Level 0,5 Fibonacci sering berfungsi signifikan di pasar.
  • $ 9,500 adalah node volume tinggi per VPVR.
  • Indikator EMA200 pada grafik empat jam saat ini berada di sekitar $ 9.500, tepat di bawah harga BTC saat ini. Yang penting, level ini adalah target bergerak karena merupakan MA(Moving Average).

Pentingnya $ 9.500 telah digemakan oleh seorang pedagang yang disebutkan George. Sebelumnya, ia berkata, “Sederhananya, $ 11.700 adalah yang berikutnya. Validasi [jika ada] break bersih di bawah $ 9.500].

Komentar George ini hampir serupa dengan Filb Filb, analis pseudonim ini mengatakan bahwa “setiap kali Bitcoin berubah $ 9.500 untuk menjadi Support [setiap minggu], itu akan menjadi $ 11.500.”

Pertanyaannya tetap: bisakah Bitcoin bertahan diatas $ 9.500 dan mempertahankan uptrend jangka pendek hingga menengah tetap utuh? Menurut sejumlah sinyal teknis, itu mungkin.

Awal minggu ini, Bitcoin membentuk Golden Cross, dengan MA50 yang melintasi MA200 hari.

Ketika sinyal ini terakhir terbentuk pada April 2019, harga turun 11% dalam dua hari setelah terbentuknya Cross. Bitcoin, dalam dua hari setelah Golden Cross baru-baru ini juga telah turun sebesar 11%.

Mengulang sejarah itu sendiri akan melihat BTC melanjutkan trennya lebih tinggi dalam beberapa hari mendatang dengan tidak jatuh lebih jauh. Semoga saja!

Syofri Ardiyanto
Author: Syofri Ardiyanto

Crypto Enthusiast and Investor

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments