Bantu Kaum Wanita, Organisasi Nirlaba CARE Luncurkan Voucher Berbasis Kripto

CARE Luncurkan Voucher Berbasis Kripto

Share :

Kanalcoin.com – CARE selaku organisasi amal global kini telah membuat voucher berbasis mata uang kripto. Program ini dimaksudkan untuk menguji teknologi blockchain dan mata uang kripto, sehingga bisa meningkatkan pengiriman bantuan kepada kelompok perempuan.

Merujuk laporan newsbitcoin, nantinya voucher ini bakal didistribusikan kepada wanita dan kelompok tertentu di wilayah Afrika dan Amerika Latin. Menurut CARE, voucher ini bisa ditukarkan dengan barang, jasa ataupun uang tunai, sehingga bisa dikaitkan dengan kebutuhan si penerima. CARE sendiri masih menentukan bakal menggunakan sistem yang berbasis kartu atau mobile wallet. Namun bagaimana pun juga, CARE berharap program ini bisa menghemat waktu dan uang.

Namun yang pasti, karena teknologi blockchain yang mendukung mata uang kripto menawarkan sistem pencatatan transaksi yang terdesentralisasi, voucher ini diyakini bakal lebih mudah melacak penipuan yang berpotensi lebih kecil.

CARE sendiri tengah menguji apakah voucher berbasis kripto bisa melacak sumbangan dana, sehingga lebih efektif dan mudah diterima oleh yang berwenang. Jika berhasil, nantinya bisa mengarahkan organisasi nirlaba lain agar menggunakan teknologi blockchain.

Dalam pengumumannya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini menyatakan, sebagaian kelompok di Kenya dan Ekuador yang bisa berpartisipasi dalam program ini. Untuk wilayah Kenya, voucher akan diberikan ke asosiasi simpan pinjam desa, di mana asosiasi ini terlibat dalam menanggulangi ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19.

Sementara di wilayah Ekuador, voucher mata uang kripto ini akan didistribusikan kepada penyintas ataupun wanita yang beresiko mengalami kekerasan berbasis gender.

Melalui inisiasi ini, CARE akan bergabung dengan LSM kecil yang mempunyai potensi untuk berkembang. Sebagai contoh, organisasi lokal Mercy Corps turut menguji coba penggunaan voucher yang mendukung blockchain dalam aktivitasnya. Uji coba ini dilakukan atas dukungan dari Blockchain Charity Foundation, badan amal dari pertukaran mata uang kripto Binance yang juga merupakan mitra CARE di Kenya.

Peluncuran Proyek Melibatkan Kemitraan dengan Organisasi Mata Uang Kripto

Senior Direktur untuk pendekatan berbasis pasar di CARE, Christian Penotti menyebutkan, pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Celo dan Emerging Impact di wilayah Ekuador, serta melibatkan yayasan amal Blockchain Binance di Kenya. Pelibatan ini bertujuan untuk menguji cara-cara baru mengenai teknologi terkini yang mendukung orang dalam menavigasi krisis.

Selain bekerja sama dengan organisasi kripto, CARE turut menggandeng Lab for Inclusive Fintech (LIFT) dalam pengaturan kemitraan. Nantinya, perusahaan akan menginformasikan evaluasi eksperimental yang ketat dari teknologi blockchain sebagai opsi layak nan efektif guna memberikan bantuan kepada negara berkembang.

“Wilayah Kenya dan Ekuador akan melakukan fokus untuk memahami kepercayaan, hambatan informasi, penggunaan maupun peluang stablecoin,” ujar Christian Penotti sebagaimana kanalcoin lansir dari newsbitcoin, Senin (16/8/2021).

Sementara itu, CARE turut menegaskan bahwa pihaknya juga memperhatikan risiko terkait dengan penggunaan mata uang kripto. Hanya saja, CARE optimis bahwa minatnya untuk terjun ke dunia kripto akan terbatas pada potensi perkembangan teknologi.

(*)

Kredit Gambar : Care Org

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments