Demi Bantu Bisnis Kecil di Tengah Pandemi COVID-19, Barstool Fund Terima Donasi Mata Uang Kripto

Barstool Fund Terima Donasi Mata Uang Kripto

Share :

Kanalcoin.com –  Lembaga penggalangan dana, Barstool Fund, dikabarkan telah membuka opsi donasi berupa mata uang kripto bagi para donatur. Para donatur kini bisa menyumbangkan mata uang kripto mereka melalui Barstool Fund untuk membantu pengembangan bisnis kecil di tengah pandemic COVID-19.

Barstool sendiri merupakan lembaga sosial penggalangan dana yang bergerak di bawah naungan Barstool Media. Barstool Media didirikan oleh Dave Portnoy yang saat ini membuka donasi berupa mata uang kripto dari para pemilik mata uang kripto.

Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, komunitas mata uang kripto yang mengetahui hal itu menyambut dengan respons positif. Banyak pemilik mata uang kripto yang dikabarkan sudah menyumbangkan token milik mereka.

Sejak Barstool Fund dirilis pada minggu lalu, fitur donasi kripto milik mereka sudah mendapatkan dana sebesar $ 5,3 juta atau sekitar Rp 74,73 miliar saat berita ini ditulis. Dana sebesar itu didapatkan dari 53 ribu lebih pendonor yang murah hati.

Pasalnya, dana yang terkumpul tersebut telah digunakan untuk membantu 14 bisnis kecil yang terdampak pandemic COVID-19. Rencananya, donasi ini akan diadakan sampai akhir tahun 2020 karena pertimbangan pajak.

Sebenarnya, ada campur tangan dari pihak ketiga, yakni Morgan Creek Digital, dari banyaknya komunitas yang membantu proses pengumpulan dana ini. Morgan Creek Digital disebut telah membuatkan alamat bitcoin untuk Barstool Fund melalui The Giving Block.

The Giving Block sendiri merupakan perusahaan khusus donasi mata uang kripto. Setelah dibuatkan alamat dompet, Barstool Fund rupanya tidak hanya menerima donasi berupa bitcoin, tetapi juga berupa Ethereum, Litecoin, bitcoin cash, zcash, basic attention token, chainlink, gemini dollar, DAI, storj, amp, dan 0x.

Menurut laporan yang dilansir Kanalcoin.com dari Cointelegraph, salah satu founder Morgan Creek Digital, Anthony Pompliano, menyebut kalau sampai Jumat (24/12/2020) waktu setempat setidaknya sudah ada dana sebanyak $ 750 ribu (Rp 10,58 miliar) masuk.

“Sulit untuk melacak setiap donasi yang keluar dari komunitas kripto, tapi kami tahu setidaknya $ 750 ribu yang telah disumbangkan dalam dolar AS atau kripto. Jumlah sebenarnya mungkin lebih tinggi,” ucap Pompliano.

Pompliano juga menyatakan kalau tahun ini merupakan tahun yang sulit bagi semua orang. Akan tetapi, Pompliano yakin kalau bitcoin bisa mengatasi kondisi ini dan mereka yang merasa ‘lebih’ harus memberi kepada mereka yang ‘membutuhkan’.

“Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sulit. Bitcoin sangat bagus bagi kita semua,” ucap Pompliano.

“Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengakhiri tahun dengan bitcoin baru sepanjang masa dan beberapa donasi untuk berbagi cinta,” ujar Pompliano menambahkan.

Bagi para pemilik mata uang kripto yang ingin ikut berpartisipasi dalam donasi ini, mereka hanya perlu mengunjungi situs Barstool Fund. Nantinya, donatur hanya perlu mengklik “contribute to the fund” dan memilih opsi cryptocurrency.

Nantinya, para donatur akan bisa membuat alamat dompet dan mengirim donasi dari alamat dompet mereka sendiri. Donatur akan mendapatkan tanda terima pajak melalui email mereka yang terdaftar setelah selesai melakukan donasi.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments