Apakah Saham Adalah Investasi Terbaik? Berikut Penjelasannya

Saham adalah

Share :

Apa itu Saham adalah – Saat ini, tidak sedikit yang ingin mendapatkan jaminan hidup di masa depan dengan kehidupan yang berkecukupan, terlebih di era digital seperti sekarang.

Untuk mendapatkan ketercukupan hidup di masa yang akan datang, tentu diperlukan persiapan matang sejak awal, seperti menyisihkan sebagian uang dari gaji yang diterima untuk ditabung, baik tabungan pribadi maupun menyimpannya pada Bank.

Selain dengan cara menyisihkan sebagian uang (menabung), cara lain yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kehidupan yang terjamin di masa depan, yaitu dengan melakukan investasi.

Beragam investasi bisa kamu pilih. Tentunya, semua investasi yang ada saat ini, memiliki resiko, dan keuntungan masing-masing.

Salah satu jenis investasi yang cukup populer dan terbaik saat ini, yaitu investasi saham. Bagi kamu yang ingin memulai berinvestasi saham, simak dengan baik penjelasan mengenai investasi saham di bawah ini, agar mendapatkan sedikit gambaran sebelum mulai berinvestasi.

Apa Itu Saham?

Saat ini, saham atau stock termasuk salah satu instrument dalam pasar keuangan yang cukup populer digunakan. Ketika seseorang memutuskan untuk menerbitkan saham, berarti orang tersebut secara tidak langsung memutuskan untuk melakukan pendanaan pada sebuah perusahaan.

Secara garis besar, saham adalah instrument atau alat dalam melakukan investasi yang tidak sedikit dipilih para investor. Mereka (investor) beranggapan, secara tidak langsung saham bisa memberikan benefit yang menjanjikan.

Disisi lain saham adalah surat berharga sebagai bentuk penyertaan modal yang diberikan oleh seseorang dalam hal ini, yaitu investor, kepada mereka pihak atau badan usaha, baik perusahaan maupun berbentuk PT.

Penyertaan modal yang diberikan investor tersebut memiliki hak atas pendapatan atau laba yang dimiliki perusahaan, investor yang memiliki saham atas suatu perusahaan berhak untuk mengikuti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) untuk pembagian dividen.

Sejalan dengan pengertian di atas, saham adalah investasi dengan kategori memiliki resiko yang tinggi. Namun, hal tersebut juga berimbas pada keuntungan atau benefit yang diperoleh para investor, istilah tersebut dikenal dengan high risk high return.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa seorang investor harus memiliki kemampuan analisis yang bagus ketika akan memiliki dan atau membeli sebuah saham dari sebuah perusahaan. Setiap saham memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing.

Mengenal Jenis-jenis Saham

Saham adalah jenis investasi dengan kategori tinggi, yang mengharuskan para pelakunya untuk lebih selektif dalam memilih jenis saham dari sebuah perusahaan.

Secara umum, saham dibagi berdasarkan 3 macam, cara peralihan, kinerja dalam perdagangan maupun pembagian yang di dasarkan pada klaim atau hak tagih oleh para investor.

Berikut ini adalah beberapa jenis saham yang bisa kamu simak dengan baik

Saham preferen

Saham preferen adalah termasuk jenis saham yang memperoleh bagian dari hasil penjualan, meskipun perusahaan tersebut dalam keadaan yang tidak memungkinkan (bangkrut).

Seringkali saham jenis ini dianggap sebagai hasil dari penggabungan saham biasa (common stock) dengan obligasi.

Setidaknya, dalam saham preferen terdapat 4 ciri antara lain yaitu:

  • Tidak adanya hak untuk memperoleh suara
  • Dalam pembagian dividen kepada para investor, selalu diprioritaskan terlebih dahulu
  • Memiliki hak dalam menerima pembayaran sejumlah nilai saham, apabila dilain waktu perusahaan mengalami kerugian.
  • Memiliki andil dalam melakukan manajerial pada pemilihan pengurus

Saham biasa

Saham biasa adalah jenis saham yang keuntungannya berdasarkan pada laba maupun kerugian yang diterima oleh sebuah emiten atau perusahaan. Saham biasa termasuk kedalam jenis saham hak klaim.

Common stock atau saham biasa termasuk salah satu jenis saham yang umum diperjual belikan, baik korporat dan atau riten. Keuntungan yang diperoleh dari jenis saham ini berbentuk :

  • Hak suara
  • Hak untuk mendapatkan laba dari hasil penjualan sebuah perusahaan
  • Dividen atau pembagian laba yang diberikan kepada para pemegang saham.

Saham atas nama

Registered stock atau saham atas nama merupakan jenis saham yang memiliki sistem peralihan nama pemilik harus sesuai dengan prosedur yang telah disepakati bersama.

Kelebihan dari saham atas nama yaitu, apabila pemilik saham kehilangan sertifikatnya, bisa melakukan penggantian ulang kepada perusahaan atau emiten selaku penerbit saham.

Saham atas unjuk

Jenis saham terakhir yaitu bearer stock atau yang lebih dikenal dengan saham atas unjuk merupakan jenis saham yang tidak menuliskan nama pemilik saham (investor), tujuannya yaitu agar lebih mudah dalam hal pemindah tanganan kepada investor lain.

Dalam saham atas unjuk, para pemegang saham telah diakui dan memiliki hak untuk mengikuti RUPS atau rapat umum pemegang saham, bersamaan dengan pembagian dividen oleh perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Saham

saham adalah bukti dari kepemilikan sebuah perusahaan dengan berdasarkan pada klaim atas jumlah kekayaan dan atau penghasilan dari hasil penjualan pada perusahaan.

Sebuah perusahaan yang sahamnya telah dibeli pada BEI atau Bursa Efek Indonesia dikenal sebagai perusahaan tercatat. Salah satu jenis yang dihasilkan melalui pasar modal dan menjadi instrument atau alat dalam investasi jangka panjang yaitu saham.

Dalam melakukan pembelian saham, diberlakuan perhitungan yaitu 1 lot senilai dengan 100 lembar. Harga per satuan lot tiap saham berbeda tergantung jenisnya.

Bagi kamu akan memutuskan untuk berinvestasi saham, penting untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan saham. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas khazanah mengenai dalam dunia investasi saham, agar meminimalisir hal-hal yang tidak terduga.

Kelebihan

  • Return tinggi yang diberikan oleh emiten atau perusahaan, perseroan.
  • Kemudahan dalam melakukan penjualan saham. Karena saham yang dimiliki para investor telah masuk ke dalam BEI.
  • Tidak perlu adanya perawatan dan penerimaan pegawai baru.
  • Bagi pemiliki saham, dibebaskan dalam pembayaran pajak.
  • Harga saham bisa dengan mudah dilihat di berbagai media.

Kekurangan

  • Adanya high risk high return, memungkinkan tingkat kerugian juga sama besar sebagaimana keuntungan yang akan diterima. Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk memperhatikan saham yang bagus dari sebuah perusahaan melalui BEI.
  • Sifatnya yang likuid, menjadikan harga saham bisa berubah – ubah sewaktu. Hal tersebut berdampak pada ketidaksesuaian pada harga jual.
  • Nilai saham yang senantiasa mengalami perubahan, secara tidak langsung berdampak pada segi psikologi seorang investor, terutama bagi mereka investor pemula.

Tips Mudah dalam Melakukan Investasi Saham

Bagi kamu investor pemula yang ingin mendapatkan dividen saham tinggi dari sebuah perusahaan perlu memperhatikan dengan baik jenis saham yang nantinya dipilih.

Saham dividen adalah pembagian laba dari sebuah emiten atau perusahaan kepada para pemegang saham. Pemberian dividen tersebut sebagai wujud apresiasi kepada para investor yang memiliki hak atas saham.

Simak penjelasan mengenai tips mudah dalam berinvestasi saham berikut ini :

Tentukan Customer Goods atau saham perbankan

Cara mudah berinvestasi saham yaitu dengan mulai menentukan saham dari perusahaan customer goods atau perbankan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, perusahan di bidang tersebut senantiasa menghasilkan laba atau keuntungan di setiap tahun.

Bagi kamu investor pemula, cara ini bisa menjadi pilihan, nilai saham yang dimiliki perusahaan tersebut stabil.

Lakukan pembelian saham melalui BEI

BEI merupakan ruang yang memudahkan para pembeli dan penjual untuk melakukan perdagangan saham. Pastikan saham yang kamu beli nantinya telah terdaftar dan tercatat ke dalam BEI.

Pilih sekuritas dengan biaya minim

Setiap perusahaan sekuritas tentu memiliki biaya yang berbeda dalam menentukan pengambilan pada setiap transaksi yang dilakukan investor. Nilai pungutan pada pembelian maupun penjualan untuk masing saham berbeda.

Antara 0,15 % – 0,19 untuk pembelian, sementara untuk penjualan yaitu 0,20% – 0,29%.

Pastikan memilih investasi jangka panjang

Dengan memilih investasi saham dengan waktu yang lama, secara tidak langsung kamu memiliki resiko lebih rendah. Dengan catatan kamu harus mendapatkan perusahan yang tepat.

Kemampuan analisa yang bagus saat pembelian saham

Kemampuan analisa yang baik perlu kamu miliki ketika berinvestasi saham. Mengapa ? hal tersebut sebagai antisipasi dari hal – hal yang tidak terduga seperti pembelian saham disaat nilai saham tersebut naik.

Kamu bisa memperhatikan grafik saham melalui BEI atau berbagai media lain yang banyak tersedia.

Perusahaan dengan Nilai Saham Terbesar di Indonesia

Saat ini, perusahaan yang bergerak di bidang perbankan menempati posisi tertinggi dengan niali saham terbesar di Indonesia. Dua perusahaan perbankan tersebut yaitu PT. Bank Central Asia Tbk, yang memiliki nilai saham sebesar Rp826 triliun. Sementara PT. Bank Rakyat Indonesia menempati posisi selanjutnya dengan nilai saham sebesar Rp559 triliun.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments