Apa itu USDC (USD Coin)? Stablecoin Berbasis Ethereum

Apa itu USDC USD Coin

Share :

Kanalcoin.com – Mengenal apa itu USDC (USD Coin) akan memberi opsi alternatif untuk Anda dalam menentukan pilihan aset kripto terbaik. Jenis aset kripto satu ini memiliki spesifikasi tertentu dengan sejumlah keuntungan.

Berikut kami sajikan informasi seputar apa itu USDC (USD Coin) serta bagaimana sistem transaksinya. Harapannya, Anda bisa lebih memahami USDC dan mungkin tertarik untuk berinvestasi dengannya.

Sistem yang stabil dan nilainya yang setara dengan mata uang internasional membuat USDC menjadi salah satu aset kripto yang wajib Anda pertimbangkan. Terlebih bagi Anda yang masih ragu akan efek baik-buruknya keuangan digital.

Apa itu USDC (USD Coin)?

Coin USDC adalah aset yang dibuat oleh Circle (perusahaan jasa keuangan di Amerika) dan dibangun dalam sistem Ethereum. Ethereum adalah sebuah sistem blockchain terdesentralisasi yang memiliki banyak keunggulan terkait sistem keamanan data dan kecepatan transaksi.

Jika sebelumnya Anda telah memiliki aset kripto berbasis Ethereum, Anda dapat mengintegrasikan USDC dengan aset lain dalam dompet Ethereum Anda.

Coin USDC adalah salah satu jenis stablecoin digital dalam sistem Cryptocurrency. Stablecoin disebut sebagai jenis aset kripto yang nilai koinnya stabil.

Nama USDC atau USD Coin merujuk pada mata uang dolar Amerika. Coin USDC adalah aset kripto yang dinilai berdasarkan besaran dolar Amerika Serikat. Maka dari itu, koin ini cenderung stabil nilainya.

Pada dasarnya, apa itu USDC (USD Coin) berfokus pada usaha untuk mengubah dolar AS menjadi token dalam dunia blockchain dan cryptocurrency. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah, mempercepat, dan memperluas sebaran transaksi menggunakan dolar AS.

Tiap 1 USD Coin dapat ditukarkan dengan 1 dolar AS. Nilai aset kripto ini cenderung stabil dan tidak berisiko terkena fluktuasi harga. Hal tersebut dikarenakan setiap asetnya didukung oleh nilai yang pasti (booked).

Dengan kata lain, nilai per aset USDC disimpan dalam rekening di lembaga keuangan yang diatur oleh Amerika Serikat. Jadi, pengelolaannya lebih aman.

Sistem Transaksi USDC

Setelah mengenal apa itu USDC (USD Coin), Anda juga harus paham tentang sistem transaksi dengan USDC. Sebagaimana yang diuraikan sebelumnya tentang apa itu USDC (USD Coin), koin ini bernilai stabil dan dapat dikonversi langsung ke nilai dolar Amerika. Hal ini berpengaruh besar pada sistem transaksi USDC.

Kestabilan tersebut membuka kemungkinan USDC untuk bergerak secara global dari dompet kripto ke transaksi bisnis, pertukaran mata uang, dan pemenuhan kebutuhan keuangan lainnya.

Anda dapat dengan mudah mengubah USDC ke dolar Amerika. Pada akhirnya, Anda juga bisa menukar USDC Coin ke rupiah atau mata uang lain.

3 Tahap Mengubah Dolar Amerika menjadi Aset USDC

Setelah menyimak uraian tentang apa itu USDC (USD Coin), Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba berinvestasi dengan aset ini. Investasi USDC bisa dilakukan dengan mudah, khususnya jika Anda memiliki simpanan dana dalam dolar Amerika. Anda hanya butuh melewati 3 tahap berikut untuk melakukan tokenisasi dolar AS ke USDC, yaitu:

  1. Transfer simpanan dolar AS ke rekening bank penerbit koin USDC.
  2. Penerbit menggunakan kontrak pintar (smart contract) koin USD untuk mengkonversi jumlahnya dengan koin USD.
  3. Koin USD yang baru dicetak akan dikirim ke rekening pengguna dan dolar AS disimpan sebagai cadangan.

Anda dapat mengonversi kembali USDC ke dolar Amerika dengan cara yang sama, yaitu dengan mengirim koin USDC ke rekening lain berbasis dolar AS. Anda tidak perlu khawatir karena konversi USDC ke dolar AS tidak dibebankan biaya.

Sementara itu, untuk mengonversi USD Coin ke rupiah, Anda bisa menempuh cara di atas terlebih dulu. Kirim USDC ke rekening bank yang Anda miliki. Aset Anda akan langsung terkonversi dalam bentuk dolar AS.

Setelah itu, tukarkan uang ke rupiah melalui layanan money changer yang disediakan bank Anda. Besaran dana dalam rupiah yang diterima bergantung pada konversi nilai rupiah per 1 dolar AS.

USDC berbeda dengan jenis stablecoin lainnya. Tidak seperti stablecoin keluaran Theter, USDC menawarkan jaminan rasio dengan mata uang yang setara. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan turunnya nilai aset saat mencoba apa itu USDC (USD Coin).

Semoga artikel di atas dapat mengedukasi Anda mengenai apa itu USDC (USD Coin) dan bagaimana cara kerjanya. Selamat mencoba investasi dan transaksi dengan USDC dan aset kripto lainnya!

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments