Apa Itu Polkadot? Crypto Baru yang Jadi Primadona Trader

Apa itu Polkadot

Share :

Apa itu Polkadot – Di era digital seperti saat ini, cryptocurrency dan blockchain merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Salah satu jenis produk dari mata uang kripto yang potensial dan memiliki tingkat keuntungan besar di masa yang akan datang, yaitu polkadot atau DOT. Sebagaimana halnya Cardano (ADA), polkadot (DOT) adalah bagian dari cryptocurrency dan telah mengalami perkembangan begitu pesat, per tahun 2020.

Bagi kamu yang ingin terjun untuk melakukan investasi di bidang kripto, setidaknya harus menyiapkan modal yang cukup besar.

Polkadot bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin melakukan investasi pada salah satu mata uang kripto. Polkadot bisa menjadi pilihan karena harga yang ditawarkan relatif terjangkau dan memiliki nilai yang sangat bagus di masa depan.

Sebelum memulai investasi pada mata uang kripto, polkadot, ada baiknya kamu simak penjelasan di dalam artikel ini dengan baik.

Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai investasi pada mata uang jenis kripto. Sehingga, tidak terjadi atau meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa Itu Polkadot (DOT)?

Apa itu Polkadot? Polkadot (DOT) adalah jenis kripto coin dengan basis blockhain yang bisa menghubungkan beberapa jaringan dengan bantuan sistem parachain, bridges, dan main-chain, sehingga polkadot bisa memproses setidaknya 1.000 transaksi untuk setiap detiknya.

Polkadot adalah protokol multichain sharding open-source yang memfasilitasi transfer lintas rantai dari data atau jenis aset apa pun, bukan hanya token, sehingga membuat berbagai blockchain dapat dioperasikan satu sama lain.

Polkadot merupakan jenis protokol multichain sharding open-source yang mampu memberikan kemudahan pada transfer lintas rantai dari data dan atau berbagai jenis aset lainnya.

Di dalam polkadot, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi. Tidak hanya dengan menggunakan token saja, tetapi bisa menggunakan blockchain agar bisa beroperasi dengan lainnya.

Komponen-komponen Polkadot (DOT)

Setidaknya ada empat macam komponen polkadot yang harus kamu ketahui, simak ke empat komponen tersebut:

1. Relay Chain

Komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu menciptakan sebuah konsensus dan interoperabilitas. Selain itu, relay chain juga mampu menjaga sistem keamanan di semua jenis rantai jaringan yang beragam.

2. Parachains

Salah satu komponen dalam koin polkadot lainnya, yaitu parachains atau disebut juga dengan rantai independen. Komponen ini memiliki kelebihan, yaitu mempunyai token sendiri serta mampu untuk optimalisasi pada kasus penggunaan tertentu.

3. Parathread

Sekilas, komponen ini terlihat sama dengan komponen parachains. Komponen parathread memiliki konektivitas yang fleksibel karena berbasis pada sistem model bayar yang disesuaikan dengan penggunaan ekonomis.

4. Bridges

Bridges merupakan komponen keempat yang dimiliki polkadot. Komponen ini memiliki fungsi, yaitu memungkinkan komponen parachains dan parathreads untuk bisa terhubung dan berinteraksi dengan ethereum yang merupakan bagian eksternal dari blockchain.

Keunikan Polkadot Dibandingkan Crypto Lainnya

Setiap koin kripto memiliki keunikan masing-masing, pun demikian halnya dengan cryptocurrency polkadot. Polkadot merupakan sebuah kripto koin yang berasal dari jaringan multichain sharded, yang berarti mata uang ini mampu melakukan banyak proses trasaksi yang terjadi pada beberapa rantai yang dilakukan secara paralel.

Dalam hal ini, blockchain dibuat secara khusus dan memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi sehingga mudah untuk dilakukan pengembangan melalui kerangka kerja subtract. Sehingga, blockchain dapat terhubung ke jaringan polkadot hanya dalam waktu hitungan menit.

Jaringan tersebut memiliki tata kelola sistem dengan berdasar pada basis pengguna yang efektif untuk melalukan pengamanan. Komunitas bisa melakukan penyesuaian pada tata kelola blockchain di kripto koin polkadot yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi.

Validator, collators, dan nominator memiliki fungsi, yaitu sebagai pengaman dan menjaga kualitas jaringan pada polkadot.

Jumlah Token Polkadot (DOT) yang Tersedia

Di awal Agustus 2020, setidaknya slot token Polkadot (DOT) yang tersedia mencapai 1 miliar token. Hal itu mengikuti redenominasi jaringan yang berasal dari suplai atau pasokan maksimal di awal bulan berjalan pada tahun tersebut.

Redenominasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir penggunaan desimal kecil dan menciptakan perhitungan agar terlihat lebih efisien dan mudah.  Di sisi lain, semua saldo akan mengalami penambahan yang siginifikan tanpa mempengaruhi sistem pembagian pada DOT atau bagian proporsional pada para pemegang.

Secara keseluruhan, perubahan tersebut berdampak pada unit paling kecil dari Polkadot, yaitu Planck. Jumlah planck yang dimiliki pengguna bersifat konstan (tidak berubah). Setiap pengguna yang memiliki 1 miliar planck masih mempunyai jumlah planck yang sama, tetapi masih memiliki 100 DOT yang berada di bawah denominasi baru. Hal tersebut nampak  berbeda dari denominasi lama yang berjumlah satu DOT.

Mengenal Sistem Keamaan Jaringan Polkadot

Interoperabilitas massal yang terdapat pada kripto koin polkadot dibuat dari rangkaian validator umum yang berguna sebagai pengaman pada beberapa blockchain serta memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi dengan melakukan penyebaran data di parachains.

Jaringan tersebut menggunakan metode NPoS atau nominated proof of stake untuk melakukan seleksi pada validator dan nominator serta mengoptimalkan keamaanan rantai.

Skema validitas yang unik tersebut membuat rantai bisa melakukan interaksi dengan yang lain secara aman.

Tempat Melakukan Pembelian Polkadot (DOT)

Saat ini, Binance, HBTC, OKEx, Huobi Global, dan Binance KR menjadi yang teratas untuk alat perdagangan pada mata uang kripto Polkadot (DOT). Kamu bisa mendapatkan mata uang kripto tersebut pada situs coin marketplace.

Kamu juga bisa melakukan pembelian dengan mata uang cryptocurrency, seperti Ethereum dan Bitcoin secara langsung melalui pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit dalam bentuk mata uang fiat yang menjadi pilihan.

Harga Kripto Koin Polkadot pada Marketplace

Saat ini, harga Polkadot berada di kisaran $18,56 dengan volume transaksi perdagangan selama 24 jam senilai $797.460.170. Dalam 24 jam, harga polkadot tersebut naik sekitar 3,0 %.  Saat ini, pasokan dari kripto tersebut tersedia sebanyak 1 miliar DOT koin Polkadot.

Polkadot seringkali dianggap sebagai satu set rantai yang independen, seperti Ethereum, Ethereum Classic, Bitcoin, dan Namecoin.

Setidaknya, lebih dari satu parachains yang berasal dari Polkadot akan ditampilkan dengan berbasis pada polkadot runtime Environment SDK atau Substrat Parity Technologies.

Bagaimana Sistem Kerja Polkadot?

Setiap kripto koin memiliki cara kerja yang berbeda dari lainnya, pun juga dengan tingkat keuntungan yang didapat. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana sistem kerja polkadot dan keuntungannya yang berbeda dengan mata uang kripto lainnya.

Blockchain mampu terkoneksi dengan polkadot melalui sistem kerja paralel karena adanya parachain yang bisa dihilangkan maupun ditambah. Parachain tersebut terkadang berbentuk blockchain public, pribadi, maupun sumber lain.

Data yang terdapat pada jaringan tersebut, kemudian diakses dengan kode khusus (collators), nantinya kode tersebut akan dikirim kepada polkadot.

Keuntungan Polkadot

Berikut ini adalah beberapa keuntungan polkadot yang akan kami jelaskan kepada kamu. Perhatikan  penjelasan dalam artikel di bawah ini dengan benar:

1. Spesialisasi

Setiap parachain yang dimiliki polkadot mampu disesuaikan dengan sejumlah kasus pada penggunaan melalui aplikasi.

2. Upgrade Tanpa Hard Fork

Ketika kamu mulai menggunakan polkadot, tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pembaruan.

Keistimewaan polkadot, yaitu cryptocurrency ini bisa melakukan pembaruan dengan tanpa adanya hard fork yang terlalu banyak menghabiskan waktu. Penambahan pada fitur ini tidak harus dengan melakukan pengubahan pada jaringan.

3. Skabilitas

Di dalam polkadot setidaknya telah didukung lebih dari satu jaringan blockchain melalui mekanisme parachain dan/atau sharding. Adanya sistem tersebut membuat proses yang dijalankan lebih efisien dan terarah.

4. Interoperabilitas

Keseluruhan parachain yang terdapat pada aplikasi polkadot bisa saling memberikan informasi dan fungsionalitas karena adanya desain proyek yang bisa dioperasikan dan kompatibilitas antar jaringan.

Setelah mengetahui informasi apa itu Polkadot, apakah kamu sudah siap untuk melakukan transaksi cryptocurrency dengan Polkadot (DOT)?

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments