Mengenal Apa Itu Holochain, Kelebihan, dan Penggunaannya

Apa itu Holochain

Share :

Kanalcoin.com – Kamu mungkin memiliki pertanyaan seperti apa itu Holochain dan beragam kelebihan atau kegunaannya. Jika ya, maka kamu berada pada artikel yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu Holochain secara singkat, tetapi tetap mudah dipahami.

Selain menjelaskan tentang apa itu Holochain, kami juga akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kegunaan dari salah satu teknologi canggih yang muncul setelah teknologi blockchain ini.

Sebelum masuk lebih jauh dan memahami informasi mengenai apa itu Holochain dan segudang manfaatnya, kamu perlu mengetahui bahwa tim Holochain benar-benar memiliki beberapa proposisi yang kuat sehingga dapat menyaingi platform lain.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang apa itu Holochain, kelebihan, dan penggunaannya, kamu bisa menyimak artikel tentang Holochain ini hingga akhir.

Apa Itu Holochain?

Holochain adalah jenis teknologi ledger terdistribusi yang muncul dan dikenal setelah adanya teknologi blockchain. Holochain dapat dideskripsikan sebagai suatu kerangka kerja sumber terbuka (open-source framework) yang dapat memfasilitasi jaringan peer-to-peer.

Salah satu visi menarik yang dimiliki Holochain yaitu mengubah struktur internet yang ada saat ini. Struktur internet yang dimaksud di sini adalah internet yang terstruktur di samping basis server-klien.

Struktur internet tersebut menunjukkan adanya desentralisasi yang belum optimal serta sedikitnya demokrasi dan kebebasan dalam hal pemanfaatan sumber daya. Atas dasar tersebut, Holochain akhirnya berkeinginan untuk membuat jaringan terdistribusi yang dapat menjadi dasar dari internet untuk generasi berikutnya.

Kelebihan Holochain

1.   Model Baru yang Lebih Baik

Setelah mengetahui apa itu Holochain, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dari teknologi ini. Holochain memperkenalkan model yang lebih baik dengan menawarkan peningkatan transfer dan penyimpanan data.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan perangkat edge, termasuk smartphone, untuk bertindak sebagai bagian dari jaringan.

Pendekatan tersebut diketahui dapat memberikan jaringan kemampuan untuk menskalakan secara besar-besaran dan memungkinkan perangkat atau peer apa saja untuk menjadi bagian darinya.

2.   Efisiensi Energi

Saat ini, platform blockchain diketahui membutuhkan banyak energi untuk beroperasi. Hal ini dapat menjadi masalah besar bagi bumi dalam jangka panjang, khususnya dalam hal pemanasan global. Oleh karena itu, Holochain hadir sebagai alternatif yang lebih efisien dalam segi penggunaan energinya.

3.   Dapat Dikonfigurasi

Teknologi canggih ini dapat membuat setiap jaringan memiliki kemampuan untuk mengonfigurasi dirinya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berarti bahwa setiap aplikasi dapat memiliki protokol, standar, dan pilihan algoritme konsensusnya sendiri.

Hal ini juga mengindikasikan bahwa setiap aplikasi dapat mengubah kinerja jaringan, termasuk latensi, skalabilitas, atau throughput dan mengonfigurasi ketahanan, privasi, dan tata kelola aplikasi.

4.   Aman

Teknologi ini memiliki sarana untuk menangani persyaratan keamanan yang diperlukan. Sebagai pengembang, kamu bisa mendapatkan akses ke banyak fungsi dan fitur-fitur penting. Misalnya ketahanan terhadap keandalan, kerusakan, dan data proof-of-authorship.

5.   Dapat Berevolusi

Aplikasi Holochain tidak perlu akurat sejak awal. Hal tersebut dapat memberi tekanan yang tidak perlu pada pengembang yang ingin meluncurkan aplikasi mereka sesegera mungkin. Teknologi ini juga cocok dengan tuntutan industri yang meliputi energi, industri makanan, hingga rantai pasokan (supply chain).

6.   Dapat Diskalakan

Teknologi ini juga menawarkan solusi yang sangat scalable, karena aplikasi baru dapat bergabung dengan jaringan. Hal ini dapat membantu menumbuhkan kekuatan komputasi jaringan itu sendiri.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan dengan Holochain?

Setelah memahami apa itu Holochain secara mendalam, kamu perlu memahami beberapa manfaat dan penggunaan dari teknologi tersebut. Holochain dapat kamu gunakan untuk mengembangkan beragam aplikasi dan platform terdistribusi. Aplikasi dan platform yang kamu buat dapat dapat ditujukan untuk berbagai macam kegunaan.

Setelah mengetahui apa itu Holochain, berikut ini adalah gambaran ide yang menarik tentang kegunaan Holochain. Berikut daftar aplikasi atau platform yang dapat dibuat dengan menggunakan bantuan teknologi Holochain, diantaranya:

1.   Aplikasi Jejaring Sosial

Aplikasi jejaring sosial merupakan salah satu contoh penggunaan terbaik dari teknologi Holochain. Teknologi ini sangat berguna mengingat jaringan sosial dapat bekerja tanpa terhubung.

2.   Platform P2P

Komunitas kecil dapat menggunakan teknologi Holochain dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, platform P2P juga dapat berkomunikasi dengan jaringan lain dan memanfaatkan kemampuan dari teknologi ini secara maksimal.

3.   Aplikasi Kolaboratif

Kamu dapat memilih teknologi Holochain untuk membantu membuat aplikasi kolaboratif seperti diskusi, penjadwalan, hingga obrolan (chatting).

4.   Aplikasi yang Berorientasi pada Rantai Pasokan (Supply Chain)

Rantai pasokan atau biasa dikenal dengan supply chain juga bisa sangat diuntungkan dari teknologi Holochain. Pasalnya, Holochain dapat memberikan cara unik untuk menangani rantai pasokan, terlepas dari perusahaan, organisasi, atau lokasi geografis.

Setelah membaca artikel mengenai apa itu Holochain, kelebihan, dan penggunaannya, kamu dapat mengetahui tentang apa itu Holochain dan beberapa kelebihan lain yang ditawarkan teknologi ini. Semoga bacaan ini dapat menambah wawasan Anda mengenai ruang kripto.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments