Apa itu DAO (Decentralized Autonomous Organization) dan Begini Cara Kerjanya

Apa itu DAO

Share :

Kanalcoin.com – DAO merupakan organisasi baru dengan sistem yang unik dimana organisasi ini tidak memiliki kepemimpinan yang terpusat. Jadi, apakah kamu masih bingung tentang apa itu Decentralized Autonomous Organization (DAO)? Jika ya, maka kamu bisa simak penjelasan lengkap terkait Apa itu DAO dibawah ini termasuk cara kerjanya.

Pengertian DAO

Apa itu DAO? Kepanjangan DAO adalah Decentralized Autonomous Organization. DAO crypto adalah organisasi tepat bagi kamu yang ingin bekerja dengan orang lain dari seluruh dunia melalui internet secara efektif dan tentu saja secara aman. DAO bisa digunakan sebagai wadah bisnis di internet yang dikelola langsung oleh seluruh anggotanya.

Semua yang dilakukan di DAO dilakukan secara kelompok, pembendaharaan pun akan dilakukan ketika grup sudah menyetujuinya. Persetujuan grup diambil dari proposal yang dibuat dan pemungutan suara dari seluruh anggota. Jadi, semua pengelolaan di DAO dilakukan secara terbuka, tidak akan terjadi manipulasi atau penggelapan.

Sejarah DAO

DAO termasuk salah satu konsep yang berhasil diimplementasikan melalui teknologi blockchain. Tidak adanya otoritas terpusat bisa mengurangi biaya dan memberikan lebih banyak akses terhadap para investor atau anggota.

DAO lahir pada bulan Mei 2016 yang dibangun sebagai kontrak pintar di blockchain Ethereum. Kerangka kerja pengkodean dikembangkan oleh tim Slock.It. Pada masa-masa awal kelahirannya, DAO sukses mengumpulkan 12,7 juta Ether, membuat DAO menjadi crowdfund terbesar yang pernah ada.

Sayangnya, tanggal 17 Juni 2016, sebulan setelah kelahirannya, DAO mengalami masalah yang cukup besar. Seorang hacker menemukan celah untuk membobol dana dari The DAO. Pada serangan pertama, hacker berhasil mencuri 3,6 juta ETH. Pembobolan terjadi karena kode yang ditulis oleh DAO masih banyak kekurangan.

Tim Ethereum segera mengendalikan situasi agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar. Pihak Ethereum memberi konpensasi kepada pemilik asli token yaitu diberi nilai tukar 1 ETH sampai 100 token DAO. Ternyata DAO jatuh lebih dalam lagi, pada 5 September 2016, pertukaran crytocurrency poloniex menghapus token DAO , hal tersebut juga dilakukan oleh Kraken.

Kemudian, pada 25 Juli 2017 SEC menyebutkan bahwa DAO melanggar undang-undang sekuritas federal, bersama dengan semua investornya. Meski begitu, tim pengembangan blockchain melihat kasus DAO untuk panduan yang tidak boleh dilakukan dan mencari cara untuk membangkitkan DAO kembali.

Kenapa DAO Dibutuhkan?

Tapi apakah DAO begitu penting sehingga dibutuhkan oleh banyak orang? Tentu saja, DAO sangat penting. Kamu yang terbiasa mencari uang di internet dan ingin bekerja sama dengan orang lain di internet pasti selalu merasa was-was, berfikir apakah orang yang diajak kerja sama ini dapat dipercaya atau tidak.

Dengan memanfaatkan DAO, kamu bisa dengan bebas memulai organisasi atau kerja sama yang melibatkan dana dengan orang lain di internet. Karena melalui DAO kamu tidak perlu percaya orang lain, kamu hanya perlu yakin pada kode DAO yang transparan, itulah salah satu manfaat DAO.

Perbedaan DAO dan Organisasi Tradisional

Terlahir karena perkembangan teknologi, maka DAO memiliki cukup banyak perbedaan dengan organisasi pada umumnya. Berikut adalah perbedaan DAO dengan organisasi tradisional.

  • Sistem: Sistem yang diterapkan DAO sepenuhnya demokratis, sedangkan organisasi umumnya ada juga yang berbentuk hierarkis.
  • Pengambilan Keputusan: DAO mengambil segala keputusan dari kesepakatan anggota, sedangkan keputusan pada organisasi tradisional bergantung pada struktur organisasi.
  • Sistem Kerja: DAO bekerja secara otomatis tanpa memerlukan bagian khusus, sedangkan organisasi tradisional bekerja dengan memerlukan bantuan manusia yang membuatnya sering sekali terjadi manipulasi data.
  • Sifat: Sifat DAO transparan atau publik bisa tahu, sedangkan organisasi tradisional biasanya bersifat rahasia atau pribadi dan terbatas untuk umum.

Contoh DAO

Apakah kamu masih kebingungan terkait DAO? Untuk lebih memperjelasnya, kami akan memberikan beberapa contoh bagaimana DAO bisa digunakan. Berikut adalah beberapa contoh dari DAO:

  • Donasi untuk amal: DAO bisa digunakan untuk mengumpulkan orang yang ingin beramal dan ikut untuk menggalang dana juga. Ketika dana sudah terkumpul, maka alokasi dana akan ditentukan oleh kesepakatan seluruh anggota grup.
  • Usaha dan Hibah: kamu bisa menyediakan dana ventura untuk mengumpulkan modal invetasi dan bisa memberikan suara pada usaha sebagai bentuk dukungan. Dana yang telah terkumpul kembali bisa didistribusikan kembali kepada anggota DAO.
  • Jaringan freelancer: kamu bisa mengumpulkan atau menggaet para kontraktor yang mengumpulkan dana mereka untuk ruang kantor.

Keanggotaan DAO

Sebelum kamu daftar keanggotaan DAO, kamu harus tahu dulu bahwa ternyata terdapat 2 macam keanggotaan yaitu keanggotaan berbasis token dan keanggotaan berbasis berbagai. Berikut adalah penjelasan rincinya.

1. Token-based Membership

Jenis yang pertama yaitu Token-based membership atau keanggotaan berbasis token. Jenis ini sepenuhnya tanpa izin, namun tergantung token yang digunakan. Token yang ada bisa diperdagangkan tanpa izin di bursa yang terdesentralisasi.

Jika kamu memegang token maka kamu bisa mengakses dalam pemungutan suara di grup. Contoh jenis ini yaitu MakerDAO . Pada MakerDAO siapapun bisa berkesempatan untuk membeli token sehingga bisa memiliki hak suara di masa depan di dalam grup.

2. Share-based Membership

Kedua yaitu Share-based Membership bisa dikatakan lebih terbuka dibandingkan jenis yang pertama. Semua calon anggota grup bisa mengajukan proposal untuk bergabung di DAO. Saham akan mewakili hak suara dan kepemilikan. Anggota grup bisa keluar kapanpun dengan pembendaharaan yang proporsional.

Contohya ada pada MolochDAO. MolochDAO ini berfokus pada pendanaan proyek Ethereum. MolochDAO memerlukan proposal dari calon anggota, sehingga mereka bisa menilai apakah kamu memiliki kemampuan dan dana yang sesuai untuk membuat penilaian yang tepat terhadap calon penerima hibah.

Cara Kerja DAO

Cara kerja DAO yaitu berpusat pada kontrak pintar yang telah disetujui seluruh anggota. Di dalam kontrak tersebut tertera seluruh aturan dan pembendaharaan grup. Aturan dalam kontrak tidak bisa diubah oleh siapapun kecuali karena sudah kesepakatan anggota.

Siapapun anggota yang melakukan diluar aturan grup maka percobaan yang dia lakukan akan gagal, termasuk di dalam pembendaharaan. Semua anggota tidak bisa membelanjakan dana yang ada tanpa persetujuan anggota grup. Jadi, DAO bekerja tanpa otoritas pusat dan hanya akan menurut pada kesepakatan anggota grup.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments