Apa Itu Cloud Mining? Istilah Populer dalam Dunia Cryptocurrency

Apa itu Cloud mining

Share :

Kanalcoin.com – Apa itu cloud mining? Menjadi salah satu pertanyaan umum bagi seseorang yang baru masuk dalam dunia cryptocurrency. Kamu mungkin sudah tahu apa arti dari istilah tersebut, atau mungkin kamu masih tertukar antara cloud mining dengan solo mining. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Cloud Mining

Sebelum tahu arti cloud mining, kamu harus tahu dulu apa itu arti kata mining dalam dunia cryptocurrency. Jadi, arti singkat mining cyrptocurrency adalah menambang, sedangkan arti panjangnya, yaitu sebagai proses memverifikasi jual beli crypto yang kemudian akan ditambahkan ke blockchain.

Orang yang menambang diharuskan memecahkan masalah matematika dengan memanfaatkan peralatan penambang mereka. Mining cryptocurrency ini terbagi menjadi dua, yaitu solo mining, dimana penambang akan menambang menggunakan alat penambang mereka sendiri. Sementara cloud mining bitcoin atau dash/litcoin menambang dengan alat orang lain.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa cloud mining adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk menambang cryptocurrency tanpa memerlukan alat penambangnya sendiri. Biasanya, orang yang melakukan cloud mining ini akan menyewa pada pihak yang memberikan jasa cloud mining.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Mining

Sering menjadi opsi terbaik untuk menambang, cloud mining dipercaya memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan utama dari cloud mining, yaitu:

Hemat Ruang

Peralatan yang digunakan untuk menambang cryptocurrency cukup memerlukan tempat yang luas. Jika kamu tidak memiliki ruangan kosong, maka bisa menggunakan cloud mining untuk menambang sehingga hemat ruang.

Hemat Tenaga

Selain hemat ruang, kamu juga bisa hemat tenaga karena tidak perlu menambah beban pikiran untuk memikirkan bagaimana cara menambangnya, bagaimana jika peralatannya tidak berfungsi, dan lain halnya.

Tidak Terganggu

Peralatan untuk menambang cryptocurrency cukup bising dan mengganggu telinga sehingga tidak cocok bagi kamu yang tidak suka suasana berisik. Dengan menggunakan cloud mining, kamu tidak akan terganggu dengan suara alat penambangnya.

Hemat Biaya

Peralatan tambang cryptocurrency dikenal cukup menggunakan listrik yang banyak. Maka penghematan biaya bisa kamu gunakan dengan beralih dari solo mining ke cloud mining.

Dimana ada kelebihan, maka ada juga kekurangannya. Cloud mining btc atau litcoin atau dash atau lainnya juga memiliki kekurangan yang cukup berisiko, yaitu banyak beredar penyedia jasa cloud mining yang melakukan scamming atau tindak penipuan. Jadi, diharapkan agar kamu bisa memilih dengan baik jasa cloud mining yang terpercaya.

Cara Kerja Cloud Mining

Pasti kamu masih bingung bagaimana cara kerja cloud mining, sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi penggunanya. Berikut adalah alur dan cara kerja cloud mining secara rinci hingga didapatkan hasil yang memuaskan.

Cloud Mining Berbayar

Jika kamu memakai jasa perusahaan cloud mining Indonesia atau luar negeri berbayar, maka kamu akan diminta uang di muka pada awal bulan atau sesuai perjanjian kamu dengan penyedia jasa. Biasanya, pembayaran akan diminta tiap bulannya untuk dipakai sebagai biaya listrik dan uang jasa.

Ketika penyedia jasa tersebut sudah menghasilkan crypto, maka semua hasilnya akan diberikan pada kamu tanpa pemotongan sepeser pun. Jika kamu punya modal banyak untuk menambang, maka cocok untuk cloud mining berbayar.

Cloud Mining Gratis

Cloud mining gratis artinya kamu tidak dimintai biaya awal saat akan memakai jasa penambangan. Lalu, dari mana mereka menangani biaya listrik dari alat penambangan? Biaya listrik dan jasa penambangan akan diambil dari hasil crypto milikmu.

Jadi, ketika penyedia jasa penambangan itu berhasil menghasilkan crypto milikmu, maka kamu tidak akan mendapatkan crypto-mu seutuhnya karena penyedia jasa akan mengambil sebagian sesuai biaya listrik dan jasa yang telah dihabiskan. Kekurangan dari cloud mining free adalah banyak penipu.

Cloud Mining Terpercaya

Seiring cryptocurrency yang makin populer, membuat kepopuleran cloud mining juga meningkat. Semakin dikenal orang, maka akan ada juga orang yang mencari celah untuk menipu dengan memanfaatkan cloud mining.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan cloud mining, kamu harus tahu bagaimana mencari atau memilih penyedia jasa cloud mining yang terpercaya. Berikut adalah beberapa penyedia cloud mining terpercaya:

Hashing 24

Cara menggunakannya, yaitu kunjungi laman www.hashing24.com, kemudian membuat akun di situs tersebut. Pendaftaran akun hanya memerlukan waktu selama 2 menit. Jika sudah, selanjutnya kamu pilih tingkatan hashpower yang kamu inginkan. Semakin tinggi hashpower yang kamu pilih, maka koin yang akan kamu dapat juga semakin tinggi.

Langkah ketiga, yaitu kamu harus membayar untuk kontrak barumu dengan situs Hashing 24. Kemudian, pihak hashing24 akan mengirim pesananmu. Langkah kelima, proses penambangan dimulai dan kamu akan menerima hasil koinnya setiap hari.

Genesis Mining

Kamu bisa mengunjungi laman www.genesis-mining.com. Situs ini menyediakan penambangan untuk bitcoin, dash, ethereum, litecoin, dan lainnya. Setiap jenisnya dibatasi hanya bisa digunakan oleh beberapa pengguna saja.

Kamu bisa langsung daftar di situs tersebut, kemudian memilih paket yang kamu inginkan. Biasanya paket yang tersedia berjangka satu hingga dua tahun. Pembayaran yang diterima biasanya berbentuk bitcoin, dash, dan litcoin.

IQ Mining

Situsnya bisa kamu akses melalui www.iqmining.com. Yang menarik dari situs ini adalah ada pilihan paket pro, di mana kamu bisa mendapatkan bunga sebanyak dua puluh persen dan kamu juga bisa menginvestasikan kembali crypto dari hasil penambangan.

Kontrak yang bisa kamu pilih sangat banyak, yaitu dengan jangka 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, dan seumur hidup. Jika sudah memilih kontrak, maka kamu akan diminta untuk membayar biaya awal.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perusahaan cloud mining apa saja yang aman, kamu bisa mengaksesnya melalui situs Foxyrating.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal penting terkait Cloud Mining, mulai dari apa itu Cloud Mining? Kelebihan dan kekuranganya, cara kerjanya, hingga beberapa situs Cloud Mining terpercaya yang bisa kamu pakai untuk menambang cryptocurrency.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments