Apa Itu Axie Infinity? Game Fighting Berbasis Ethereum

Apa itu Axie Infinity

Share :

Kanalcoin.com – Kapan lagi kamu main game sekaligus menghasilkan uang. Sudah tahu belum apa itu Axie Infinity? Axie Infinity adalah game yang memanfaatkan blockchain Ethereum pada ekosistem non-fungible token (NFT).

Biasa pula disingkat dengan AXS. Gamenya sendiri berupa pertarungan antar monster bernama Axies. Para monster ini akan saling bertempur satu dengan lainnya. Bisa dibilang mirip gabungan permainan Pokemon dan Crypto Kitties.

Dalam sistem game ini juga memakai bantuan Ronin. Ronin sendiri adalah sidechain yang fungsinya meminimalkan biaya transaksi.

Item yang ada pada game ini memakai NFT atau sejenis token yang memiliki sifat kepemilikan pada pembelinya. Dalam menghasilkan uang bisa dengan memperdagangkan Axies & item yang dimiliki.

Sejarah AXS

Axie infinity game sebenarnya berasal dari Vietnam. Dibuat oleh startup bernama Sky Mavis. Pertama kali dirilis pada Oktober 2018 lalu. Permainan ini bisa diakses melalui Android dan Microsoft Windows.

Saat pertama kali dirilis Axie menerbitkan sistem pertarungan bernama Idle Battle. Sistem pertarungan ini inspirasi dari Idle Heroes dan Final Fantasy.

Permainan ini sendiri sudah memiliki 350.000 pengguna aktif. 40 % diantaranya berasal dari Filipina, Venezuela dan US yang sekaligus menjadi pasar terbesar. Object yang diperdagangkan dalam game ini disebut dengan small love potions atau SLPs.

Top player pada umumnya mampu menghasilkan SLP1.500 atau setara dengan US$435 per harinya dari Axies mereka. SLPs ini juga bisa diperdagangkan dalam Axies Infinity Marketplace. Pembeli bisa menggunakan bitcoin atau ethereum dalam bertransaksi.

Untuk bermain game ini player membutuhkan 3 Axies. Harganya sendiri rata-rata berkisar US$190 hingga US$350 tergantung levelnya. Ada pula yang lebih dari itu misalnya saja 2020 lalu terjual triple mystic bernama Angel seharga ETH 300.

Nilai ini setara dengan US$120.000.  Sementara pada Oktober 2020 saja sudah ada 15.000 unduhan pada platformnya.

Tak hanya itu property di game ini bahkan pernah terjual US$15 juta pada awal tahun 2021 lalu. Volume perdagangan untuk semua Axie Infinity NFTS mampu mencapai angka US$170 juta.

Kelebihan Axie Infinity

Kelebihan dari bermain game ini tentu saja mampu menghibur diri. Selain bisa sebagai sarana hiburan dapat pula dijadikan ajang investasi. Adapun kelebihan lainnya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Adanya Ronin mampu mengurangi kemacetan jaringan. Apalagi didesain sebagai rantai cadangan Ethereum. Validator Ronin sendiri adalah Binance, Ubisoft, Animoca Brands dan Sparq
  • NFT unik yang dapat digunakan untuk pertarungan dan diperjualbelikan pada marketplace Axie. Dalam satu bulan saja ada 750.000 Axie yang diperdagangkan
  • Memiliki pengguna aktif harian, mingguan dan bulanan yang paling tinggi
  • Sistem reward berdasarkan kontribusi pemain dalam ekosistem blockchain
  • Adanya program staking yakni klaim hadiah melalui voting dan permainan
  • Crypto game terbesar dengan kapitalisasi pasar yang tinggi
  • Pemain senior memiliki pengalaman dalam blockchain

Token AXS dapat dijadikan portofolio investasi selain itu pernah tercatat memiliki lonjakan nilai lebih dari 600%. Hal ini dicatat oleh coinmarketcap pada pertengahan Juni 2021 hingga pertengahan Juli 2021.

Cara Mendapatkan Uang dengan AXS

Pemain game ini bisa mendapatkan penghasilan dengan melakukan pertandingam PVP. kamu juga bisa menghasilkan aset dengan membiakkan Axies. Dari hasil pembiakan  bisa kamu jual di pasar. Selain itu jangan lupa  mengumpulkan Axies langka yang nilainya lebih tinggi ketimbang Axies biasa.

Kamu bisa membeli Axie di marketplace Axie. Ada 500 jenis Axie yang bisa dipilih dan dari yang berbentuk hewan hingga tumbuhan. Axie yang paling mahal saat ini dihargai 999.999.999.999 Ethereum dengan nomor #578874.

Cara Bermain Axie Infinity

Untuk bermain game ini tidaklah gratis karena harus memiliki minimal 3 Axie terlebih dahulu. Dalam bermain kamu perlu mengunjungi http://www.axieinfinity.com/ atau mengunduh axie infinity apk.

Klik halaman marketplace terlebih dahulu. Buatlah akun dompet kripto dengan membuka akun MetaMask dan Ronin Wallet. Dua akun dompet kripto ini wajib hukumnya untuk dibuat.

Setelah itu transfer ETH di MetaMask ke Ronin Wallet dengan deposit to Ronin. Langkah membelinya dimulai dengan masuk ke marketplace. Pilih Axie yang diinginkan dan setelah berhasil dibeli maka Axie akan langsung masuk dalam inventory.

Untuk mengunduh aplikasinya bisa dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi situs resminya yakni http://www.axieinfinity.com/
  2. Klik tombol play now dan tinggal pilih ingin bermain di perangkat apa. Permainan ini bisa dimainkan melalui PC, iOS, Android atau Mac
  3. Apabila sudah memilih perangkat tinggal download aplikasi kemudian lakukan instalasi
  4. Bagi pengguna PC atau Mac bisa memakai akun email untuk mengakses aplikasi. Untuk Android bisa menggunakan QR CODE
  5. Tekan menu Sync Axie lalu inventory market akan langsung dideteksi

Jadi bagaimana setelah mengetahui apa itu Axie Infinity ingin bermain game ini mulai dari sekarang?

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments