7 Software Alat Tambang Bitcoin, Bisa Dicoba!

Alat Tambang Bitcoin

Share :

Kanalcoin.com –  Ketika Anda telah memiliki alat tambang Bitcoin berupa perangkat keras (hardware) dan kebutuhan penting Bitcoin lainnya, hal lain yang Anda butuhkan adalah alat tambang Bitcoin berupa perangkat lunak (software). Alat tambang Bitcoin berupa perangkat lunak dapat membantu Anda untuk memantau sekaligus mengontrol penambangan kripto.

Perangkat lunak yang digunakan sebagai alat tambang Bitcoin menggunakan unit pemrosesan grafis atau graphics processing unit (GPU) komputer yang memfasilitasi penemuan blok.

Saat ini, ada sejumlah perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai alat tambang Bitcoin. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk memilih perangkat yang tepat untuk diri sendiri. Berangkat dari hal tersebut, kami akan membantu Anda untuk menemukan perangkat lunak penambang Bitcoin yang paling baik melalui daftar berikut.

1. MultiMiner

Perangkat lunak MultiMiner dikembangkan pada tahun 2013 oleh Nate Woolls. Perangkat lunak ini diketahui memiliki fitur GUI yang mudah untuk digunakan dan memiliki fitur penambangan yang cepat.

Selain itu, alat tambang Bitcoin ini diketahui cocok untuk pemula, karena pengguna dapat mulai menggunakan MultiMiner tanpa perlu memiliki keterampilan teknis. Software ini akan memandu pengguna melalui beberapa proses, mulai dari instalasi hingga memindai detail hardware.

MultiMiner dikembangkan untuk mesin Windows, jadi pengguna mesin Mac dan Linux perlu untuk menginstal perangkat lunak tambahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena MultiMiner telah menyediakan petunjuk sederhana untuk melakukannya.

2. CGMiner

CGMiner mulai dikembangkan pada tahun 2011 oleh Con Kolivas, ahli anestesi dan programmer Australia. Perangkat ini dikembangkan untuk menambang cryptocurrency, seperti Litecoin dan Bitcoin.

Meskipun berbasis Linux, alat tambang Bitcoin ini dapat berjalan di komputer Windows dan Mac. CGMiner juga open-source, sehingga memudahkan siapapun untuk memverifikasi kode perangkat lunak.

Keunggulan lain yang dimiliki CGMiner adalah dapat bekerja dengan berbagai hardware penambangan selain ASIC, termasuk FPGA, GPU, dan CPU.

Di samping segala keunggulannya, CGMiner mungkin akan sedikit menakutkan bagi beberapa pemula karena kurangnya grafis UI yang dimiliki oleh perangkat ini. Jadi, perangkat lunak ini akan lebih baik untuk digunakan pengguna yang sudah berada di tingkat lanjut.

CGMiner dapat Anda download (unduh) dan gunakan secara gratis. Perangkat ini tersedia di Github. Informasi lebih lanjut mengenai perangkat ini dapat Anda temukan di laman Github.

3. BFGMiner

Alat tambang Bitcoin ini dikembangkan oleh Luke Dashjr pada tahun 2012. Saat ini, BFGMiner dikenal sebagai salah satu software penambangan terpopuler setelah CGMiner.

Salah satu fitur yang paling terkenal pada BFGMiner adalah dukungannya untuk melakukan penambangan beberapa cryptocurrency secara bersamaan. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penambangan, perlindungan nilai, dan pendistribusian kembali risiko dengan beberapa mata uang kripto.

Alat tambang Bitcoin ini juga diketahui dapat digunakan untuk memantau suhu perangkat keras yang digunakan dalam penambangan, mendeteksi sekaligus memulai utas yang tidak digunakan, serta mengelola rig dari jarak jauh.

BFGMiner hanya kompatibel dengan ASIC dan FPGA karena perangkat lunak ini dibuat untuk menambahkan dukungan FPGA pada awal pengembangannya. Selain itu, beberapa pemula mungkin akan menemukan sedikit kesulitan karena kurangnya GUI pada perangkat ini.

BFGMiner dapat Anda unduh (download) dan Anda gunakan secara gratis melalui internet. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang BFGMiner Anda dapat mengunjungi situs mereka di bfgminer.org.

4. Awesome Miner

Awesome Miner merupakan program atau alat tambang Bitcoin yang dapat menampung beberapa jenis perangkat keras penambangan dalam waktu bersamaan. Perangkat lunak ini dapat memfasilitasi lebih dari 25 mesin penambangan dan terintegrasi dengan setiap algoritma penambangan terkemuka.

Awesome Miner dapat berfungsi pada semua perangkat ASIC dan menampilkan fungsionalitas GPU, seperti kecepatan kipas, kecepatan jam, suhu, dsb. Selain itu, Awesome Miner dapat menjadi pilihan perangkat lunak terbaik bagi Anda yang ingin mengelola semua aktivitas penambangan dari tempat yang sama.

5. Cudo Miner

Cudo Miner adalah penambang GPU dan CPU full-feature yang dapat mendukung beberapa algoritma. Cudo Miner adalah software penambangan cryptocurrency yang mudah diatur dan sangat menguntungkan pengguna.

Alat tambang Bitcoin ini diketahui menyediakan kendali jarak jauh dan kemampuan pelacakan tingkat lanjut. Hal ini memungkinkan pemegang akun untuk mengizinkan atau menonaktifkan tambang, menampilkan tingkat hash, statistik kondisi hardware, seperti suhu, pendapatan, rekomendasi, dan transaksi dari jauh.

Cudo Miner memiliki beberapa fitur, seperti tampilan antarmuka yang ramah pengguna, konsol web yang kuat, memiliki pilihan metode pembayaran, manajemen jarak jauh, dan kemampuan menyesuaikan algoritma guna meningkatkan profitabilitas.

6. EasyMiner

Perangkat lunak yang digunakan sebagai alat tambang Bitcoin ini sangat ideal untuk penambang yang ingin menambang Bitcoin dan Litecoin secara bersamaan.

Saat pertama kali diaktifkan, alat tambang Bitcoin ini akan langsung beralih ke mode “MoneyMaker” dan secara otomatis menghasilkan dompet Litecoin dan mulai menambang menggunakan mesin CPU Anda.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh EasyMiner adalah kemampuan untuk menambang Bitcoin dan Litcoin secara bersamaan, penambangan ASIC, sistem obrolan yang dapat membantu pengguna pemula untuk terhubung dengan penambang tingkat lanjut, dan mode “MoneyMaker”.

7. BTCMiner

BTCMiner merupakan alat tambang Bitcoin dalam bentuk perangkat lunak yang berbasis cloud. Perangkat ini memiliki lebih dari 140.000 pengguna dan dapat digunakan untuk menambang kripto oleh siapapun yang terhubung dengan jaringan internet dan memiliki peralatan penambangan FPGA, dompet, serta alamat Bitcoin.

Fitur yang dimiliki oleh BTCMiner adalah penskalaan frekuensi yang dinamis, bitstream yang siap pakai, memiliki mode hemat daya, dan dapat memantau suhu perangkat. Selain itu, BTCMiner akan melakukan shutdown otomatis apabila terjadi panas berlebih pada perangkat.

BTCMiner dapat menjadi pilihan alat tambang Bitcoin yang bagus bagi Anda apabila Anda mencari perangkat lunak yang dapat membantu Anda menambang kripto sekaligus membantu menemukan frekuensi dengan tingkat hash terbesar.

Perangkat ini melakukan proses tersebut secara otomatis untuk memudahkan Anda dalam proses penambangan. Jadi, sangat memungkinkan bagi Anda untuk duduk bersantai ketika perangkat lunak ini melakukan sebagian besar pekerjaan penambangan.

Demikian artikel seputar perangkat lunak yang dapat digunakan dalam menambang Bitcoin. Semoga informasi ini dapat mendatangkan manfaat untuk Anda.

(*)

Muhammad Zaki Fajrul Haq
Author: Muhammad Zaki Fajrul Haq

Follow me at @mzfajrulhaq (Instagram) or @ZakiFajrul (Twitter).

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments